Makna Makanan Dalam Film Animasi Studio Ghibli

2 months ago
Sumber: womanwritescomics

Studio Ghibli memang identik selalu menampilkan animasi-animasi yang memorable, menyentuh dan sulit buat dilupakan. Bahkan quotes yang ada dalam anime masih banyak ditemuin di tumblr atau Instagram sebagai caption. Film-film Ghibli seperti My Neighbor Totoro dan Spirited Away juga amsih sangat populer hingga sekarang.

Miyazaki mengaku, saat ia mengambil peran dalam membuat suatu animasi, makanan merupakan hal yang wajib untuk ditampilkan. Hal ini pun memperkuat rumor, kalau Miyazaki adalah seorang animator yang foodie atau pecinta makanan. Dan uda bukan rahasia lagi, kalau ia juga suka memasak di sela-sela pekerjaannya sebagai animator.

Source: pinterest.com

Source: pinterest.com

Ingat adegan No-Face yang makannya lahap banget ketika ia datang ke bathhouse di  Spirited Away? Menurut Miyazaki, ketika seseorang menonton sebuah film, emosi yang terlihat dari tokoh akan tersalurkan kepada penonton. Begitu juga ketika penonton melihat makanan dalam animasi. Entah bagaimana caranya, saat kita melihat sebuah karakter sedang makan dalam animasi, kita juga merasa terpuaskan.

Dan yang terpenting, animasi harus menampilkan unsur realitas. Adegan makanan dalam animasi Studio Ghibli juga membawa arti khusus loh! Yaitu kecintaan dan kebanggaan mereka akan tradisi makanan Jepang. Dan ini gak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Hal ini disebut sebagai washoku atau makanan asli khas negeri Jepang tanpa dicampur dengan budaya lain.

Source: dazeddigital.com

Source: dazeddigital.com

Salah satu adegan yang paling mengena ketika membicarakan hal tentang washoku adalah dalam anime Spirited Away. Chihiro saat itu diingatkan oleh Haku kalau ia harus makan makanan yang ada dalam negeri arwah. Kalau tidak, Chihiro bisa menghilang.

Ada juga kebiasaan dari keluarga Satsuki dan Mei dalam animasi My Neighbor Totoro yaitu membawa bekal yang disusun cantik sebelum berangkat sekolah. Ada juga Okayu atau bubur nasi yang hadir dalam animasi Princess Mononoke sebagai gambaran dari makanan tradisi Asia.

Uniknya, dalam animasi karya buatan Miyazaki, selalu ada adegan yang menampilkan proses pembuatan makanan washoku. Semua scene pembuatan makanan yang ditampilkan, bertujuan untuk memberi arti kalau makanan Jepang selalu dibuat dengan tangan, old-fashioned, gak instan.

Source: tofugu.com

Source: tofugu.com

Source: pinterest.com

Source: pinterest.com

Penggemar Studio Ghibli pun menjadikan hal ini sebagai inspirasi mereka ketika membuat makanan. Terutama saat membuat bento. Oh iya, tahukah bro sis, kalau makanan mempunyai pengaruh penting untuk masyarakat Jepang sejak dulu ketika perang. Hal ini pun diaplikasikan pada film Ghibli. Contohnya, ketika orang tua Chihiro yang menjadi babi karena makan terlalu banyak, makanan yang seharusnya khusus disajikan untuk arwah dewa.

Ghibli menjelaskan, adegan ini dibuat sebagai pengingat kala Jepang mengalami korupsi sekitar tahun 1980an. Koruptor yang mengambil uang rakyat dan menyebabkan krisis ekonomi bagi negara memang pantas untuk dihukum. Karenanya, menampilkan makanan dalam sebuah animasi maupun film memiliki makna khusus terutama bagi Miyazaki.

Di Jepang bahkan sempat diadakan sebuah pameran yang menyajikan makanan yang muncul dalam berbagai animasi Studio Ghibli. Gak hanya figura makanannya aja, set dapurnya juga dibuat persis seperti dalam animasi. Unik banget ya?

Source: kotaku.com

Source: kotaku.com

Source: kotaku.com

Source: kotaku.com6

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Ngomik Berbagi Kebaikan untuk #PejuangExtraordinary

Ngomik Untuk Berbagi Kebaikan Dengan #PejuangExtraordinary

Kebaikan dapat disalurkan melalui media apa saja. Asalkan ada niat baik yang ikhlas, pasti ada jalannya. Misalnya nih, a.. more

Sumber: Eze Nkiri

Uwe Boll, Tersangka Utama Gagalnya Adaptasi Film Video Game

Kenapa ada anggapan kalau film adaptasi dari video game selalu jelek? Mungkin alasannya bisa ditanyakan ke sutradara yan.. more

Urban Legends Vietnam (Sumber: saigoneer)

Jangan Baca Kisah Urban Legend Vietnam ini Sendirian!

Namun taukah kamu kalo ternyata Vietnam menyimpan segudang kisah horror yang ga kalah sama Thailand? Penasaran? Pastiny.. more

Playstation 4 vs Nintendo Switch

Mendingan Beli Nintendo Switch atau PS4?

Di bulan puasa ini emang kadang suka bikin lemes dan rasanya pengen tidur aja. Mau ngapa-ngapain rasanya jenuh banget. T.. more