Manga Koi wa Ameagari no You ni Siap Dinikmati dalam Bentuk Serial dan Film Live-Action

2 months ago

Bagi kalian yang sudah menikah, sudah memiliki pasangan, ataupun yang baru berangan-angan memiliki pendamping hidup, ada gak sih jarak usia yang kalian tetapkan untuk pasangan? Selang 1 tahun? 5 tahun? Atau bahkan 15 tahun? Bagi pasangan yang saling mencintai, jarak usia seharusnya tidak menjadi kendala. Meski begitu, dukungan dari orang-orang terdekat juga amat dibutuhkan. Begitu pula pesan tersirat yang ingin ditunjukkan dalam film Koi wa Ameagari no You ni.

Koi Ame versi manga (Sumber: natalie.mu)

Film bernama lain After the Rain ini diadaptasi dari manga berjudul sama karya Jun Mayuzuki, pertama dirilis pada 27 Juni 2014 di majalah manga bulanan Big Comic Spirits, lalu ditransfer ke majalah manga mingguan Big Comic Spirits pada awal 2016 dan berhasil rilis mingguan hingga tamat pada 19 Maret 2016. Shogakukan menerbitkan versi terpisah hingga 10 volume pada tahun yang sama dan berhasil mencetak 2 juta kopi. Kesuksesan manga ini berlanjut hingga masuk nominasi penghargaan Manga Taisho edisi ke-9 tak berapa lama kemudian.

Poster film Live-Action Koi Ame (Sumber: natalie.mu)

Ingin mengikuti kesuksesan manganya, adaptasi berupa anime dan Live-Action diproduksi pada 2017. Versi animenya sebanyak 12 episode diproduksi oleh Noitamina dan terlebih dulu tayang di Fuji TV pada musim dingin 2018. After the Rain versi anime berhasil mendapatkan rating yang cukup memuaskan, 7.8 dari penggemar anime yang tergabung di myanimelist.net.

Masami Kondo, sopan terhadap pelanggan (Sumber: youtube.com)

Versi Live-Action dari Koi wa Ameagari no You ni dirilis dalam dua tipe: serial dan film. Berkisah tentang siswi SMA berusia 17 tahun bernama Akira Tachibana yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atletik di sekolahnya dan dianggap sebagai seorang pelari yang memiliki masa depan cerah, Akira mengalami cedera parah yang mengakibatkan dirinya tidak bisa lagi mengikuti perlombaan atletik. Suatu hari, ketika dia pergi ke restoran keluarga, dia bertemu manajer restoran itu, bernama Masami Kondo. Karena kebaikan dan sikap ramah Kondo, Akira memutuskan untuk bekerja sambilan di restoran itu. Usia 45 tahun dan latar belakangnya sebagai seorang duda satu anak tak menghalangi Akira untuk perlahan jatuh cinta padanya.

Kondo memayungi Akira yang berhujan-hujanan (Sumber: youtube.com)

Jika dilihat dari rentang usia mereka, antara 17 dan 45 tahun cukuplah jauh dan akan menimbulkan banyak permasalahan ke depannya. Namun, cinta sejati tidak pernah melihat usia. Kematangan berpikir seseorang pun berbeda-beda. Oleh karena itu, produser memilih para aktor dan aktris yang membintangi film ini dan dianggap merepresentasikan karakternya.

Akira nyaris menyerah menghadapi takdirnya (Sumber: youtube.com)

Nana Komatsu, aktris muda berwajah teduh yang pernah membintangi Live-Action Bakuman dan Kinkyori Renai, terpilih menjadi Akira Tachibana. Sedangkan yang menjadi lawan mainnya adalah aktor senior yang pernah berperan di beberapa film Live-Action seperti Gegege no Kitaro, I am Hero, Tokyo Ghoul, dan Fullmetal Alchemist dan juga sebagai pengisi suara di beberapa anime buatan studio Ghibli, Yo Oizumi. Dia akan menjadi Masami Kondo, pemilik restoran yang ramah kepada semua karyawannya.

Nana Komatsu berperan sebagai Akira Tachibana (Sumber: youtube.com)

Dari pemeran pendukung, ada Nana Seino sebagai Haruka Kiyan, Hayato Isomura sebagai Ryosuke Kase, Shono Hayama sebagai Takashi Yoshizawa, Honoka Matsumoto sebagai Yui Nishida, dan Maika Yamamoto sebagai Mizuki Kurata. Mereka semua berpengalaman menjadi pemeran pendukung di film sebelumnya.

Para Pemeran Pendukung film Koi Ame (Sumber: natalie.mu)

Dari barisan staf, Akira Nagai, yang pernah menyutradarai If Cats Dissapeared from the World, menduduki posisi sutradara. Sementara itu, Jun Mayuzuki akan menulis scenario dibantu oleh Riko Sakaguchi, yang pernah menggarap scenario untuk The Tale of the Princess Kaguya dan Mary and the Witch’s Flower. Dari segi audio, lagu utama yang menjadi pengiring dalam film akan diisi oleh penyanyi Emiko Suzuki dan Seiji Kameda yang membawakan lagu Front Memory, seperti dalam trailernya berikut ini:

Ingin menikmati serial Koi Ame? Situs layanan streaming film di Jepang, GyaO! sudah merilis serialnya dri 2 Mei kemarin dan diputarkan tiap minggu sebanyak 4 episode. Kalau ingin menontonnya, kalian harus fasih berbahasa Jepang karena tidak disediakan subtitle Indonesia.

Filmnya sendiri sudah diputarkan sejak 25 Mei lalu, bersamaan dengan berakhirnya episode 4 yang ditayangkan. Kalau kalian ingin menunggu, barangkali tak lama lagi bisa dinikmati di situs layanan streaming video favorit kalian. Sembari menunggu, tonton versi animenya dulu ya. Atau bisa juga sambil membaca komik-komik yang ada di ciayo.com, barangkali nanti ada yang diadaptasi ke dalam bentuk animasi ataupun Live-Action.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Mangafest Mythophobia, Festival Budaya Populer Jepang Besutan HIMAJE UGM

Mangafest UGM adalah festival budaya populer Jepang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) UGM. Ta.. more

James & Martha (CIAYO Comics)

Kemunculan Roti Sobek di Komik Romantis

Buat bro sis yang suka baca komik romantis, jalan cerita yang bikin perasaan melambung, deg-degan, dan ceria seketika, u.. more

Komik Strip Paling Viral Sepanjang Tahun 2016 Hingga Awal 2017 Versi CIAYO Comics

Komik strip yang sering seliweran di timeline sosmed kita, sering bikin ngakak, ketawa geli, bahkan nyengir nggak berhen.. more

Mengenal Shazam: Superhero DC Comics yang Filmnya Segera Rilis

Shazam, karakter ini pertama muncul di penerbitan Fawcett Comics mulai tahun 1939 sampai dengan 1953. Tepatnya di komik .. more

00-d-noyer-van-java

Jelajahi Bandung Post Apocalypse Dalam Noyer Van Java

Penasaran gimana jadinya kalau kota kembang Bandung bertahan dari musibah global? Jelajahi kota Bandung di masa post apo.. more