Maraknya Tren Film dan Drama Korea yang Diadaptasi dari Komik Webtoon

2 years ago
Sumber: m.korea.net

Setelah melihat banyaknya kesuksesan drama tv maupun film di Korea Selatan yang mengadaptasi cerita dari  komik digital, muncul sebuah pertanyaan; kenapa harus dari komik webtoon?

Kalau kamu suka menonton drama Korea, kamu juga mungkin sudah tau, ada berapa banyak drama yang dibuat berdasarkan cerita dari komik webtoon.  Cerita dari komik digital yang diadaptasi ini juga yang pasti bukan sembarangan asal dibuat aja, tapi juga memperhatikan rating dari pembacanya. Kalau ada komik yang mendapatkan perhatian publik, bisa diprediksi sebentar lagi komik tersebut bakalan dibuat drama atau filmnya. Atau lebih familiar dengan kalimat “dibuatkan versi live actionnya.”

Menurut Korea Creative Content Agency, pendapatan dari pasar komik webtoon mencapai $152.2 juta di tahun 2014 dan meningkat ke angka $256,6 juta setahun kemudian. Itu baru tahun 2014 dan 2015, bisa dibayangkan di tahun ini sudah meningkat berapa banyak?

Sumber: soompi.com

Sumber: soompi.com

Di Korea Selatan, membaca komik digital sudah sama seperti membaca buku, main games, atau nonton Youtube saat sedang bosan. Bisa dibilang, membaca komik digital sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Korea Selatan. Bahkan, meskipun ada beberapa orang yang gak suka membaca komik digital, pasti mereka pernah mendengar beberapa judul komik yang sedang populer saat itu. Terutama di kalangan remaja. Sudah ada lebih dari 100 cerita yang dibuatkan live-actionnya di film layar lebar dan drama. Dan jumlahnya akan terus meningkat sampai sekarang. Hal ini tentu memberi efek nyata ke industri perfilman Korea Selatan. Industri perfilman yang dulu selalu disaingi oleh Hollywood, sekarang makin berkembang bahkan mampu untuk menyeimbangi.

Salah satu drama korea yang sangat populer yag diadaptasi dari cerita komik. Misaeng. Sumber: koreanlii.or.kr

Salah satu drama korea yang sangat populer yag diadaptasi dari cerita komik. Misaeng. Sumber: koreanlii.or.kr

Ketika sebuah cerita komik diadaptasi menjadi drama atau film, film tersebut pasti sudah punya penggemar sendiri. Apalagi kalau pemain dari drama itu adalah idol atau selebriti populer Korea. Kemungkinan besar bakalan jadi drama dengan rating tinggi. Karena itulah production house gak akan ragu untuk membuat live action dari komik digital populer. Di sisi lain, creator komik yang membuat cerita juga akan semakin dikenal oleh masyarakat Korea. di Korea, animator atau komikus juga bisa menjadi sangat populer dan hampir setara seperti selebriti loh, termasuk pendapatannya pula.

Sumber: pinterest.com

Versi live action dan versi komik. Scholar Who Walks the Night. Sumber: pinterest.com

Meskipun pembuatan film dengan mengadaptasi cerita dari komik digital bisa meraih keuntungan besar, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh production house. Yaitu apakah film yang dibuat bisa menyampaikan pesan yang sama seperti di komik atau malah jadi gagal. Terutama kalau memilih komik action, blockbuster, ataupun fantasy. Karena kalau gagal, bisa sangat riskan dan terus dibandingkan dengan film action negara lain. Menggunakan cerita komik untuk dijadikan film dan drama dinilai positif bagi banyak sutradara dan kritikus film di Korea. Selain membesarkan nama industri film Korea, generasi muda jadi bisa terus mengembangkan kreatifitas mereka dalam membuat komik dan juga percaya akan potensi besar atas karya yang mereka kerjakan.

Sumber: dreamwiz.com

Ternyata film populer box office Along with the Gods juga diadaptasi dari webtoon loh! Sumber: dreamwiz.com

Kalau menurut bro sis, kira-kira judul komik di CIAYO Comics yang mana yang ingin dilihat versi live-actionnya? Berikan jawaban di kolom komentar ya.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Komik Lieur-Bolon

Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

Kalau di suruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama a.. more

Sumber: www.bandainamcoent.com

Review Game Dragon Ball FighterZ: Saatnya Melakukan Combo Yang Super Dahsyat

Baru-baru ini pihak developer asal Jepang, Arc Sistem Works baru saja merilis game pertarungan terbaru dari Dragon Ball .. more

Game Dari Indonesia Ini Di-review Sebagai Game Casual Terbaik Di Russia

Indonesia patut berbangga, karena dewasa ini, game-game buatan anak bangsa mulai dilirik pasar Internasional. Industri y.. more

Sumber: Eze Nkiri

Uwe Boll, Tersangka Utama Gagalnya Adaptasi Film Video Game

Kenapa ada anggapan kalau film adaptasi dari video game selalu jelek? Mungkin alasannya bisa ditanyakan ke sutradara yan.. more

Sumber gambar: nickelodeonafrica.com

Film Live Action Resmi ‘Dora the Explorer’ Beneran Dibuat – Segera Rilis di Musim Panas 2018

Jadi bagaimana jika kartun berkonsep edutainment seperti Dora The Explorer di-adaptasi ke film live action Hollywood?.. more