Mari Bernostalgia dengan 7 Lagu Hit dari The Cranberries

8 months ago
cranberries-banner-desktop

Dunia musik kembali berduka. Dolores O’Riordan, vokalis dari band The Cranberries dilaporkan meninggal dunia di usia 46 tahun. Pentolan band bergenre alternative rock yang juga bisa memainkan keyboard dan gitar ini wafat di sebuah hotel di London, Inggris, pada hari Senin, 15 Januari lalu. Dolores menetap di London untuk menjalani sesi rekaman.

the cranberries dolores

Vokalis The Cranberries ditemukan telah meninggal di kamar hotelnya di London. (Sumber: Echo)

Berita tersebut dibenarkan oleh juru bicara band The Cranberries melalui rilis pers. Pihak keluarga Dolores mengaku sangat terpukul akan kejadian ini, dan meminta waktu untuk berkabung.

cranberries 1993

The Cranberries di era 90-an. (Sumber: B-side)

Bagi bro sis yang belum tahu, The Cranberries merupakan band alternative rock asal Irlandia yang populer di tahun 90-an. Band beranggotakan Dolores O’Riordan (vokal, gitar, keyboard), Noel Hogan (gitar, vokal), Mike Hogan (bass, vokal), serta Fergal Lawler (drum, perkusi) ini dibentuk tahun 1989 dan mulai dikenal sejak merilis lagu balada Linger di tahun 1993.

Karakter musik The Cranberries tergolong unik loh bro sis. Musik mereka mencampurkan elemen gitar jangly khas The Smiths dengan tekstur khas musik dream pop akhir 80-an. Ditambahkan pengaruh dan aura musik Celtic yang menggetarkan hati serta warna suara Dolores yang berkarakter, menjadikan musik The Cranberries mudah dikenal.

cranberries 2017

Selama tahun 2017, The Cranberries mengadakan tur. (Sumber: WQLZ)

Untuk mengenang sumbangsih Dolores dan The Cranberries bagi dunia musik, CIAYO Blog sudah mengumpulkan daftar 7 lagu hits mereka. Sekarang adalah momen yang tepat bagi bro sis untuk mencari tahu kenapa musik The Cranberries digandrungi fans pada masanya, atau bagi yang sudah mengenalnya bisa menjadikan momen ini untuk bernostalgia.

***

7. Animal Instinct

Album: Bury The Hatchet
Animal Instinct merupakan lagu balada yang mengandalkan melodi gitar yang jangly dan beritme cukup kencang. Lagu ini diambil dari Bury The Hatchet, album The Cranberries paska hiatus pertama mereka sejak tahun 1996. Selama hiatus, Dolores menjalani masa penyembuhan dari sakitnya, serta kelahiran anak pertamanya, Taylor. Pengalaman tersebut dituangkan ke dalam beberapa lagu dalam Bury the Hatchet, salah satunya adalah lagu Animal Instinct ini.

6. When You’re Gone

Album: To The Faithful Departed
When You’re Gone diambil dari album To The Faithful Departed yang rilis tahun 1996. Lagu ini merupakan sebuah lagu rock balada dengan ketukan pelan yang ritmis. Video klipnya yang direkam dalam hitam putih, menampilkan sebuah ruangan kuning dari sampul album To The Faithful Departed, mengambang di tengah danau sembari terbakar.

5. Just My Imaginations

Album: Bury The Hatchet
Sedikit kontras dengan Animal Instinct dari album yang sama, Just My Imaginations memiliki nuansa yang lebih cerah dan punya irama yang nge-pop. Musiknya yang ringan, berpadu dengan suara Dolores yang lembut dan hangat. Nampaknya The Cranberries ingin mencoba warna-warna khas The Cardigans atau Sixpence None The Richer di sini.

4. Dreams

Album: Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We?
Dreams merupakan single debut dari The Cranberries yang muncul di album pertama mereka, Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We?. Fokus utama dalam lagu ini ada pada ketukan drum yang tegas. Cara drummer Fergal Lawler membangun suasana lagu di sini patut diapresiasi karena mampu menularkan rasa percaya diri bagi pendengarnya. Dreams pun terbukti menjadi salah satu lagu Cranberries yang paling berpengaruh setelah dicover beberapa artis seperti Dario G dan Passion Pit. Di Tiongkok dan Jepang pun dirilis cover Dreams yang dibawakan Faye Wong, Ohashi Trio, dan Kawada Mami.

3. Ode To My Family

Album: No Need To Argue
Ode To My Family menjadi sebuah pengandai-andaian dari Dolores. Dalam lagu balada easy listening dari album No Need To Argue ini, Dolores berharap dapat kembali lagi ke kehidupannya di masa kecil yang sangat sederhana. Dengan irama santai dan mengalun lembut, Ode To My Family dengan cepat menjadi lagu favorit fans.

2. Linger

Album: Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We?
Inilah lagu yang melontarkan The Cranberries menuju kesuksesan di Inggris dan Amerika. Linger yang juga diambil dari album debut mereka merupakan lagu alt rock balada yang ringan seperti Just My Imagination di atas, namun ia tidak terdengar begitu kekanakan. After all, liriknya mengisahkan tentang penyesalan yang disadur dari pengalaman Dolores saat jatuh cinta dengan seorang tentara. Pada akhirnya, Linger menjadi salah satu nomor The Cranberries populer yang mengangkat warna-warna pop.

1. Zombie

Album: No Need To Argue
Dari seluruh lagu milik The Cranberries, mungkin tak ada lagu lain yang lebih berkesan dibanding Zombie. Mengalihkan warna musik mereka ke arah post grunge, The Cranberries tampil garang dan lebih kasar dibanding sebelumnya. Diambil dari album kedua, Zombie didedikasikan untuk Jonathan Ball and Tim Parry, dua anak yang tewas dalam serangan bom di Warrington, Inggris tahun 1993. Zombie menjadi lagu yang membawa pesan anti perang, dan secara spesifik mengkritik konflik Irlandia Utara antara tentara Inggris dan kelompok separatis IRA. Lewat Zombie, The Cranberries menyatakan dengan keras bahwa perang hanya akan membawa penderitaan.

***

Nah, dari daftar lagu Cranberries di atas, manakah yang jadi favorit bro sis? Apakah ada lagu yang tidak masuk daftar ini? Beri tahu di kolom komentar ya.

cranberries 2012

The Cranberries saat tampil di tahun 2012. (Sumber: Denver Post)

Namun yang pasti, 7 lagu di atas hanya sebagian kecil dari bukti yang berhasil ditorehkan oleh The Cranberries. Lewat karya-kerya tersebut, The Cranberries telah menginspirasi banyak orang serta musisi generasi selanjutnya. Selamat jalan, Dolores.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

00-d-black-panther

Black Panther: Kemegahan Superhero Modern Afrika

Setelah debut di Civil War, Black Panther pulang kembali ke kampung halamannya, Wakanda. Kini menjadi raja, T'Challa har.. more

Ryan Reynolds as Pikachu. Sumber: gizmodo

Ryan Reynolds Resmi Menjadi Pemeran Pikachu di Film Live Action Pokemon!

Terpilihnya Ryan Reynolds sebagai pengisi suara Pikachu tentu tidak sepenuhnya merupakan kabar positif bagi sebagian fan.. more

5 Video Game Yang Dicekal Karena Alasan Konyol

Game dicekal karena konten kekerasan dan seksual sudah biasa. Tapi gimana kalau ada game yang dicekal karena menampilkan.. more

Tim CIAYO Comics berkunjung ke Basecamp Generasi 90an dan ketemu Marchella FP

Bernostalgia Lewat Generasi 90an

Kebahagiaan itu sederhana. Bernostalgia salah satunya. Begitulah kata Marchella Febritrisia Putri... more

(Sumber: Google)

Rekomendasi Komik Korea yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Korea Selatan memang saat ini sedang menunjukkan taringnya di bidang perkomikan. Industri komik di Korea Selatan ini mem.. more