Mari Megenal Sejarah Mesir Kuno Lewat Assassin’s Creed Origins

11 months ago
00-discovery-tour-d

Salah satu komplain orang tua tentang video game adalah isinya yang dipenuhi unsur kekerasan dan pornografi. Walaupun hal tersebut memang benar adanya, namun masih ada juga game yang memiliki unsur edukasi. Apakah di masa kini ada sebuah game yang memiliki aksi menegangkan dan unsur edukasi yang seimbang?

01-assassin's-creed-origins

Sumber: Twitter

Hal inilah yang nampaknya hendak ditantang oleh Ubisoft lewat game populer mereka, Assassin’s Creed Origins. Game aksi petualangan yang mengkombinasikan kisah sejarah dan konspirasi tingkat tinggi ini sudah sejak lama dikenal sebagai game yang mengandalkan elemen stealth. Bro sis berperan sebagai seorang assassin, yang membasmi tokoh-tokoh jahat dari balik layar.

Meskipun game-game Assassin’s Creed memiliki elemen sejarah yang kuat – mulai dari abad pertengahan, renaisans hingga revolusi Perancis, fokus utama gamenya tetaplah tentang membunuh. Kini di game terbarunya, Assassin’s Creed Origins yang bersetting di tahun 49 sebelum Masehi, bro sis bisa mempelajari berbagai sejarah yang berhubungan dengan Mesir Kuno dan sekitarnya. Fitur ini dinamakan Discovery Tour.

02-DISCOVERY-TOUR

Sumber: Steam

“Discovery Tour adalah mode khusus dari game Assassin’s Creed Origins yang membiarkan pemainnya menjelajah dunia Mesir Kuno untuk mempelajari sejarah dan kehidupan di era tersebut, lewat sebuah tur yang disusun oleh sejarawan dan ahli sejarah Mesir,” jelas tim developer Assassin’s Creed.

Discovery Mode dalam Assassin’s Creed Origins menampilkan 75 jenis tur mengitari Mesir Kuno. Setiap tur ini dibagi ke dalam lima tema utama. Tema Egypt mencakup sisi geografi, flora dan fauna Mesir Kuno. Tema Pyramid, seperti namanya akan menjelajah tentang monumen piramida yang sangat ikonik. Tema Alexandria akan menjelaskan berbagai pengaruh Yunani yang datang ke Mesir Kuno oleh Iskandar Agung. Tema Daily Life akan menpaparkan kehidupan sehari-hari masyarakat Mesir Kuno di tahun 49 SM. Tema terakhir, Romans, akan menjelaskan campur tangan bangsa Romawi di Mesir.

03-julius-caesar

Sumber: Steam

Setiap tur berdurasi mulai dari 5 sampai 25 menit. Selama tur berlangsung, bro sis dapat memainkan berbagai kakakter dari game Assassin’s Creed Origins sebagai sebuah avatar. Avatar yang bisa dimainkan beragam, mulai dari karakter utama assassin Bayek dan Aya, hingga sosok bersejarah seperti Cleopatra dan Julius Caesar.

Apa yang bisa bro sis lakukan di game utama Assassin’s Creed Origins, bisa juga dilakukan di dalam Discovery Tour. Avatar yang bro sis kendalikan dapat melakukan parkour, menunggang kuda atau unta, berlayar dengan perahu, berenang di sungai Nil, memanjat piramida, dan masih banyak lagi. Jika bro sis menemukan momen menarik selama menjelajah Mesir, bro sis juga bisa mengambil foto yang nantinya bisa di-share.

04-weave

Sumber: Steam

Dalam Discovery Tour, ada banyak tempat yang bisa bro sis kunjungi. Misalnya ada Alexandria dan perpustakaan agungnya, Sphinx, Piramida, dan lain-lain. Bro sis juga bisa mengunjungi ladang untuk mempelajari metode cocok tanam orang Mesir, hingga mengunjungi rumah warga Mesir untuk melihat seperti apa kehidupan rumah tangga di masa sebelum Masehi.

Discovery Tour dapat diakses secara gratis di dalam game game Assassin’s Creed Origins. Namun jika bro sis ingin memiliki Discovery Tour secara terpisah, bro sis bisa membelinya di Uplay atau Steam seharga 269 ribu Rupiah. Nah, bro sis tertarik menjelajah Mesir Kuno dan para penduduknya?

05-sphinx-riddle

Sumber: Steam

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Merayakan 30 Tahun Usia Mega Man Capcom Mengumumkan Mega Man 11

Tapi walaupun popularitas Mega Man tinggi dan terbukti menjual, perlakuan Capcom pada IP mereka yang satu itu di era mod.. more

Sumber gambar: taylorholmes.com

10 Film Tentang Time Traveling Ini Wajib Kamu Tonton. Yang ke 8 Dari Indonesia Loh!

Walau belum bisa melakukannya di dunia nyata, tapi film-film berikut ini mencoba menunjukkan bagaimana seandainya perjal.. more

00-d-uncharted-fan-film

Nathan Fillion Perankan Nathan Drake di Film Pendek Uncharted

Sutradara Allan Ungar dan aktor Nathan Fillion mempersembahkan fan film Uncharted, adaptasi dari game berjudul sama. Nat.. more

Sumber: variety.com

Game Ghostbusters World, Pengalaman Menangkap Hantu Secara Nyata

Berkali-kali “Ghostbusters” coba dibuat ulang, bahkan di tahun 2016 pun film satu ini coba di garap lagi. Skan tetap.. more

00-d-resident-evil-remake

Resident Evil 2 Remake Tampilkan Game Horor Klasik Dalam Kemasan Modern

Dalam E3 2018, Capcom memperkenalkan game Resident Evil 2 remake, versi modern dari game sama yang rilis di PS1 20 tahun.. more