Marvel Studios Tak Menggelar Panel di SDCC 2018 – Kenapa?

4 months ago
00-d-marvel-studios

Pertengahan April 2018 lalu, kita-kita yang Marvel fanboy, dikejutkan dengan berita yang sangat mencengangkan innergeekdom di dalam diri. Dan berita yang dimaksud adalah Marvel Studios, tidak akan menggelar panel promosi Hall H tahunan di perhelatan San Diego-Comic Con International (SDCC) 2018 yang sedianya akan diadakan pada tanggal 19-22 Juli 2018 mendatang.

Ya bagaimana tidak kaget bro sis? Pasalnya, selain sudah menjadi “tradisi”, juga  dengan tidak hadirnya studio yang dinaungi oleh Kevin Feige, ini artinya tahun ini, kita tidak akan mendapatkan update apapun terkait proyek-proyek film Marvel Cinematic Universe (MCU) terbaru yang akan dirilis menjelang akhir tahun ini atau 1-2 tahun mendatang.

Parahnya lagi, ketika ditanyakan alasannya, Feige hanya diam seribu bahasa. Tak pelak, hal inipun membuat kita menjadi makin penasaran saja. Ada apa gerangan?

marvel studios

Sumber: MovieWeb

Memang, alasan pastinya sekali lagi belum jelas diketahui. Tapi kalau menurut sebagian besar fans, langkah yang dilakukan ini, ada kaitannya dengan spoiler atau surprise yang nantinya akan diperlihatkan di film Avengers 4 atau yang menurut rumor berjudul, Avengers: Fallen Heroes.

Spesifiknya, kejutan ini terkait akan ditampilkannya karakter superhero Marvel yang selama ini ditunggu-tunggu X-Men atau Fantastic 4.Kalau memang demikian, maka sekali lagi, wajar banget-banget, apabila Marvel Studios memutuskan untuk tidak hadir di SDCC tahun ini.

“Hmmm, bukannya deal antara FOX & Marvel belum tercapai ya?” Well, memang. Sejauh tulisan ini diturunkan, Disney yang juga menaungi Marvel Studios, telah sukses membeli aset-aset FOX. Tetapi untuk yang bagian membeli balik karakter Marvel seperti: X-Men, Fantastic 4, Deadpool, masih terus “diperjuangkan”.

Tapi ya anggap saja, sebentar lagi seluruh karakter Marvel yang dipegang oleh FOX kembali “pulang”. Tentunya kalau memang demikian, maka wajar banget apabila Marvel Studios lebih memilih untuk menahan kejutan tersebut dan akan memberitahukannya di waktu yang sangat tepat (baca: D-23 Expo 2018).

Sumber: ComicBook

Sumber: ComicBook

Namun, bisa juga absennya panel Marvel Studios di SDCC tahun ini, difaktori oleh seri TV dan seri Netflix mereka. Spesifiknya, Marvel Studios ingin memberikan spot panel SDCC mereka tahun ini ke kedua divisi mereka tersebut.

Pernyataan ini semakin dikuatkan oleh laporan dari situs Deadline baru-baru ini yang melaporkan bahwa kemungkinan besar, panel Hall H Marvel tahun ini, akan diisi dengan panel seri Iron First, The Punisher dan mungkin Agents of S.H.I.E.L.D yang akan mempromosikan musim terbaru yang akan ditayangkan tahun ini dan 2019 mendatang.

Kalau memang demikian, tentunya langkah yang diambil ini sangatlah “mulia” dan bijak sekali. Pasalnya, seperti kita tahu, terlepas memang di tahun-tahun sebelumnya seri TV dan seri Netflix MCU, juga menampilkan panel mereka yang tidak kalah hebohnya dengan panel film layar lebarnya, tapi let’s face it bro sis.

Kenyatannya, panel kedua anak divisi ini kerap terbayang (overshadowed) oleh panel film layar lebarnya yang notabene memang lebih ditunggu oleh seluruh fanboy. Dan dengan absennya departemen film layar lebarnya ini, tentunya sekali lagi, ini akan menjadi kesempatan super emas bagi divisi ini.

Sumber: Trusted Reviews

Sumber: Trusted Reviews

Kemungkinan ketiga dan bisa dikatakan “gokil” banget kalau memang spekulasi ini memang sedang dikembangkan atau nantinya kejadian, bisa jadi nih, alasan absen Marvel Studios adalah dikarenakan mereka sedang berencana untuk memberikan surprise di Avengers 4  mendatang, dengan menampilkan seluruh (I mean literally THE WHOLE) superhero MCU dalam satu layar.

Ini artinya, seluruh karakter pahlwan di departemen seri MCU seperti: AOS, The Runaways, Inhumans, Cloak & Daggers dan bahkan tim The Defenders, bakalan ditampilkan di dalam filmnya. “Wah gak keramean tuh nanti?”

Memang. Bahkan Feige & sutradara Avengers: Infinity War, Russo bersaudara, sering mengatakan bahwa salah satu alasan mengapa tidak mungkin bagi mereka untuk menyertakan seluruh karakter di MCU adalah mereka khawatir kalau-kalau nantinya mereka keteteran menangani karakter yang super banyak itu. Tapi hey, never say never right?

Sumber: Den of Geek

Sumber: Den of Geek

Dan yap bro sis, harapan saya pribadi memang dari dulu ingin melihat seluruh karakter di seri TV-nya juga bergabung dengan karakter-karakter di layar lebarnya. Selain karena akan terasa lebih seru dan keren adegan dan interaksinya, juga untuk kesekian kalinya, mereka 1 UNIVERSE.

Keramean? Keteteran? Oke saya mengerti. Tapi ingat loh. Avengers 4, bisa dikatakan akan menjadi film “terakhir” bagi beberapa cast veteran. Dan menurut kabar, pasca Avengers 4, susunan anggota Earth’s Mightiest Heroes akan berubah total. Serta yang paling penting, dengar-dengar kabar juga, akan melibatkan time-travel.

Jadi dengan seluruh alasan tersebut, rasanya tidak ada salahnya apabila film ini untuk pertama kalinya menampilkan seluruh heroes di seluruh media penayangannya. Ya hitung-hitung sebagai pesta perpisahan jugalah. Lagipula, apakah kita gak bosan menggaruki kepala kita sendiri melihat cara Marvel melakukan partner televisinya.

Mereka satu universe, tapi tidak terasa seperti satu universe. Analoginya, sudah menjadi mantan pacar tapi kita masih mengganggapnya sebagai pacar. Weirdo banget gak tuh bro sis?

Sumber: Screen Geek

Sumber: Screen Geek

Tapi pada akhirnya, spekulasi-spekulasi ini hanyalah sebuah spekulasi. Tentunya hanya Feige cs yang mengetahui alasan sesungguhnya di balik keputusan mereka untuk tidak menggelar panel di SDCC tahun ini.

Pokoknya, terlepas apapun alasan atau surprise yang disembunyikan, semoga saja pengorbanan mereka ini nantinya akan benar-benar terbayarkan. Dengan kata lain, fanboy akan super puas dengan rencana / kejutan yang diberikan. Yap semoga saja bro sis.

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

00-d-stuber

Iko Uwais Melawan Dave Bautista di Film Stuber!

Aktor laga Iko Uwais dan Dave Bautista akan saling beradu peran dalam Stuber, film aksi komedi yang tengah diproduksi... more

Sumber gambar: wall.alphacoders.com

Kini Lucifer Sudah Punya TV Series Loh, Iblis Berada Dekat dengan Manusia!

Serial ini memang secara eksplisit menggambarkan karakter-karakter yang ada di ajaran Teologi... more

(Sumber gambar: NBCNews)

Steven Spielberg Buktikan Dirinya Masih Raja Box Office dengan “Ready Player One”

Steven Spielberg sang pembuat film Box Office. Apakah Ready Player One akan bernasib sama?.. more

00-d-one-piece-tamat

Pemuda Ini Tinggalkan Narkoba Demi Melihat One Piece Tamat!

Menjadi seorang pecandu sejak belia, Iman meninggalkan dunia narkoba. Kini ia terus hidup untuk melihat manga favoritnya.. more

Tahun 2017 Waktunya Berkolaborasi Dengan CIAYO Comics

Yes guys! Tahun ini adalah awal yang tepat untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics!.. more