Mau Bikin Game Sekaliber CHIPS: Monster Tap? Nih Tips dari Tim CIAYO Games!

1 year ago
Tim CIAYO Games (CIAYO Pictures)

Tidak terasa sudah lebih dari seminggu game CHIPS: Monster Tap dirilis. Semenjak itu, sudah banyak orang yang download dan main game besutan CIAYO Games ini. Nah, hari ini gua mau cerita kisah-kasih tim CIAYO Games dalam membuat game mobile ini. Ternyata, menurut Victorio Primadi (CTO CIAYO Games) dan Gunawan Wibisono (Project Manager CIAYO Games), bikin game mobile nggak segampang itu lho.

CHIPS: Monster Tap di Tablet Android (CIAYO Pictures)

CHIPS: Monster Tap di Tablet Android (CIAYO Pictures)

Menurut mereka, untuk membuat sebuah game, harus didasari oleh passion yang besar. Hal ini diperlukan agar kita nggak mudah nyerah saat menghadapi hal-hal yang berat dalam development sebuah game. Apa sih hal yang paling berat dalam pembuatan game?

Ternyata, hal yang paling berat dan menyita waktu adalah perumusan konsep game. Setiap hari, tim game harus meeting bersama untuk berdiskusi tentang tema, cerita, UI/UX, dan faktor-faktor lainnya agar game ini bisa disukai oleh semua orang. Pada akhirnya, meeting-meeting itu membuahkan 2 keputusan besar.

Meeting Tim CIAYO Games (CIAYO Pictures)

Meeting Tim CIAYO Games (CIAYO Pictures)

Keputusan pertama yang mereka ambil adalah untuk menggunakan Chammyland sebagai inspirasi game ini. “Chammyland, terutama Chips, Coco, dan Crocket, adalah maskot dari CIAYO, dan sudah menjadi impian kami untuk bisa bikin game tentang mereka”, kata Victorio Pramadi. Keputusan keduanya adalah tipe dari game mobile yang dibuat, yaitu idle-clicker. “Idle-clicker dipilih karena tipe game ini sedang populer di seluruh dunia dan dapat di develop oleh tim CIAYO Games dalam waktu yang relatif singkat”, kata Gunawan Wibisono.

 

Setelah memutuskan tema dan tipe game, semua developer dikumpulkan untuk brainstorming ide game. Lalu tim CIAYO Games dibagi menjadi 2 tim. Masing-masing tim harus merumuskan konsep game tersebut. Akhirnya, konsep ke-2 tim ini diadu dan ide dari tim yang menang akan dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap prototyping.

Tim CIAYO Games Mengerjakan Job Desknya (CIAYO Pictures)

Tim CIAYO Games Mengerjakan Job Desknya (CIAYO Pictures)

Di tahap ini, tiap divisi mulai bekerja sesuai porsinya. Divisi art mulai membuat konsep art, divisi UI/UX juga mulai membuat desain layout game, begitu pula divisi lainnya. Akhirnya, pekerjaan tiap divisi itu disatukan oleh Divisi Unity sehingga menjadi sebuah game yang utuh. Setelah game CHIPS: Monster Tap terbentuk, barulah semua developer membasmi bug-bug yang ditemukan agar game final dapat dimainkan dengan lancar.

Setelah 5 bulan menjalani proses yang melelahkan ini. Lahirlah game CHIPS: Monster Tap!

CHIPS: Monster Tap (CIAYO Games)

CHIPS: Monster Tap (CIAYO Games)

Victorio Primadi mengatakan bahwa hal ini tidak mungkin bisa dicapai tanpa tim yang solid. Walaupun tim CIAYO Games masih kecil, namun kita semua solid dan punya chemistry yang baik. Setiap anggota tim bekerja sesuai job desknya sebaik-baiknya, dan juga membantu anggota tim lain bila ada yang kesusahan. Ohya, mereka juga sering ngumpul bareng buat kongkow dan makan bareng. Hal ini adalah resep utama untuk membangun kekompakan sebuah tim.

Tim CIAYO Games Makan Bersama (CIAYO Pictures)

Tim CIAYO Games Makan Bersama (CIAYO Pictures)

Setelah kesuksesan game perdana CIAYO Games, apa rencana selanjutnya? “Kami sudah merencanakan untuk development game berikutnya, nantikan saja kejutan kami dalam waktu dekat”, ungkap Gunawan Wibisono.

Bagi yang belum tahu apa sih CHIPS: Monster Tap ini, langsung cek aja perkenalannya di sini. CHIPS: Monster Tap juga bisa di download di Android dan iOS!

 

About Author

Andreas

Andreas

A guy from Surabaya who dislike travel but ironically been to a lot of places. dead-serious about movies, games and comics but lackadaisical to heavy-duty matters. Non-picky eater but exceptionally hated cucumbers. The writer of The Flying Cow comics.

Comments

Most
Popular

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more

Anime Dragon Ball yang Terbaru: Membawa Son Goku ke Level Berikutnya

Bro Sis ada yang tahu gak, kalo sampai sekarang Goku dan kawan-kawan masih berpetualang dalam seri Dragon Ball terbaru .. more

(Sumber: youtube)

Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Video game dulu berfungsi sebagai permainan hiburan di pusat perbelanjaan / keramaian. Yang sukses besar pada masanya ad.. more

Canti Clarinta. Sumber: Canti Clarinta

Canti Clarita, Illustrator Fan art Kpop Dengan Kearifan Budaya Lokal

Pernah melihat fan art buatan fans kpop? Mungkin kamu sudah biasa. Nah, gimana kalau melihat fan art kpop dengan kearifa.. more