Mengenal Maya Putri, Virtual Youtuber Indonesia

1 year ago
00-d-maya-putri

Kamu tahu virtual Youtuber nggak? Seperti Youtuber pada umumnya, tapi sosoknya adalah karakter animasi. Dengan berkembangnya teknologi virtual reality dan motion capture, animasi 2D dan 3D dapat diproduksi dengan lebih cepat dengan bantuan gerakan tubuh manusia.

Ada banyak sekali virtual Youtuber di dunia, tapi kebanyakan berasal dari Jepang. Kamu mungkin kenal Kizuna Ai, karakter yang mempopulerkan tren virtual Youtuber. Kemudian ada lagi virtual Youtuber lainnya seperti Kaguya Luna, Mirai Akari, dan Shiro. Bahkan anggota idol 22/7 Amaki Sally pun menjadi seorang virtual Youtuber dengan memerankan karakternya, Fujima Sakura.

virtual youtuber

Sumber: Funnyjunk

Perlahan-lahan, tren virtual Youtuber pun menyebar ke seluruh dunia. Bagaimana dengan Indonesia sendiri? Di Indonesia juga ada sosok Tessa yang juga cocok disematkan label virtual Youtuber. Dalam videonya Tessa berbagi banyak macam hal selayaknya gadis SMA seumurannya.

Sejak kemunculan Tessa, makin banyak virtual Youtuber asal Indonesia yang debut. Di bulan Agustus ini saja muncul dua virtual Youtuber lokal yang debut di waktu berdekatan. Pertama ada Ipo-chan, yang beberapa tahun lalu sempat menarik perhatian netizen. Ipo-chan merupakan personifikasi dari sistem Internet Posif milik pemerintah, yang bertingkah judes namun perhatian akan konten-konten sehat di internet.

Baca Juga: Virtual Youtuber, Akankah Menjadi Trend di Masa Depan?

maya putri

Sumber: Asahikawa Biyori

Kemudian ada Maya Putri. Diantara virtual Youtuber Indonesia lainnya, Maya Putri bisa jadi merupakan virtual Youtuber lokal yang lebih cepat viral dibanding yang lain. Bagaimana nggak, karena Maya Putri tak hanya mencoba untuk menggaet perhatian fans Indonesia, namun juga Jepang di waktu bersamaan.

Sosok Maya Putri menampilkan perpaduan antara desain karakter Jepang dengan estetika khas Indonesia. Penampilan Maya mirip dengan karakter anime, namun memiliki rambut hitam nan halus, kulit sawo matang, serta pakaian yang berhias motif batik. Karakter Maya Putri didesain oleh Asahikawa Biyori yang membuat ilustrasi beberapa video game, card game, dan light novel di Jepang.

Maya Putri Jembatani Fans Indonesia dan Jepang

Dikutip dari situs berita virtual reality Panora, Maya Putri akan fokus menyajikan konten yang berhubungan dengan tema Indonesia dan Jepang, misalnya cover lagu-lagu Indonesia dan Jepang serta kolaborasi dengan DJ dan produser musik lokal. Ke depannya, Maya juga bakal merilis lagu original, stiker LINE, dan berbagai merchandise lain.

Maya Putri diciptakan oleh ShintaVR, sebuah perusahaan IT Indonesia-Jepang yang bergerak di bidang teknologi virtual dan augmented reality. Menurut ShintaVR, ini pertama kalinya perusahaan besar di Indonesia mencoba peruntungannya di sektor virtual Youtuber (mengingat virtual Youtuber di Indonesia yang lebih dulu ada dibuat secara indie). Lewat Maya Putri, ShintaVR berkeinginan untuk mengenalkan virtual Youtuber kepada berbagai perusahaan di Indonesia, sekaligus memberikan masukan dalam proses produksinya.

Sumber: Dailysocial

Sumber: Dailysocial

Seperti disebutkan sebelumnya, Maya Putri akan melebarkan sayap di Indonesia serta Jepang. Di Jepang sendiri, saat ini Maya menjadi salah satu virtual Youtuber paling viral dalam beberapa hari terakhir sejak debutnya. Nampaknya sambutan di Jepang cukup hangat karena kultur virtual Youtuber di sana sudah sangat kuat.

Bagaimana dengan di Indonesia? Maya Putri juga mendapatkan sambutan positif dari netizen Indonesia. Bahkan Tessa pun memberikan salamnya kepada Maya. Akankah keduanya berkolaborasi? Doakan saja bisa terjadi ya, hehe.

Sumber: Anime Festival Asia

Sumber: Anime Festival Asia

Maya juga direncanakan tampil sebagai bintang tamu di C3AFA Indonesia 2018 pada tanggal 31 Agustus – 2 September 2018 di ICE BSD Tangerang. Tak tanggung-tanggung, Maya akan tampil bersama Kizuna Ai serta Shiro dalam sebuah show yang dibawakan sepenuhnya oleh virtual Youtuber!

Penasaran dengan sosok Maya Putri? Kamu bisa temui dia di Youtube serta Twitter.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Game Nintendo di smartphone itu nyata. Sumber gambar: techcrunch.com

Saat Nintendo Menyerah Pada Popularitas Smartphone

Jangan harap memainkan game Mario di PlayStation secara resmi, misalnya. Tidak akan terjadi... more

Sumber: megaxus.com

Megaxus Resmi Mengeluarkan Ayo Dance Versi Mobile! Siapa yang Kangen dengan Game Ini?

Tahun 2000-an, game PC online berhasil membuat gamers rela nongkrong di warnet untuk memainkan game kesayangannya, sepe.. more

BEKRAF Game Prime Dari Tahun Ke Tahun

Pagelaran Game Prime untuk ketiga kalinya hadir di Indonesia. Setelah sukses di tahun 2016 dan 2017, acara BEKRAF Game P.. more

Teriakan Berdarah – File 003 Dia Kembali

Apakah ingatan masa lalu akan membuatmu lega? Setelah sekian lama sibuk dengan keseharianku, dia kembali... more

Comic Frontier 13 kembali hadir di Balai Kartini tanggal 7-8 September 2019. Comifuro 13 masih jadi pilihan kreator untuk menjual karyanya.

Suasana Meriah Comifuro 13, Tempat Kumpul Para Kreator Muda

Comic Frontier 13 kembali hadir di Balai Kartini tanggal 7-8 September 2019. Comifuro 13 masih jadi pilihan kreator untu.. more