MCU Phase 4 Tampilkan 10 Film dan Serial TV Baru

1 month ago
mcu phase 4

Dengan tayangnya Spider-Man: Far from Home, Marvel telah menyelesaikan lebih dari 10 tahun kiprahnya dalam dunia perfilman. Marvel Cinematic Universe yang dimulai dari Iron Man tahun 2008 lalu telah berkembang menjadi puluhan judul film yang saling bertautan, dan dipuncaki oleh Avengers: Endgame. Setelah tiga fase besar selesai dan Endgame mengalahkan Avatar sebagai film terlaris di dunia, apakah Marvel tengah memikirkan MCU Phase 4? Jawabannya adalah ya!

Di San Diego Comic Con 2019, Marvel membuka sesi panel untuk mengumumkan proyek film MCU terbaru mereka. Langsung dibawakan oleh Kevin Feige, dedengkot Marvel Studios ini secara resmi mengumumkan total 10 film dan serial TV yang akan hadir di bioskop dan layanan streaming Disney+. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia judul-judul film dan serial TV untuk MCU Phase 4.

Film Baru di MCU Phase 4

Black Widow (2020)

Black Widow. Sumber: Marvel
Black Widow. Sumber: Marvel

Meskipun (spoiler!) Black Widow berkorban demi mendapatkan Soul Stone, kisahnya tidak akan berakhir begitu saja. Agen rahasia Natasha Romanoff akan kembali bertualang dalam film solo yang akan menjembatani film Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War. Kesuksesan Captain Marvel sepertinya menambah kepercayaan Marvel untuk memproduksi lebih banyak film superhero perempuan.

Scarlett Johansson tak hanya bakal memainkan Black Widow, tapi juga memproduseri film ini. Ini adalah kali pertamanya pemain film MCU terlibat dalam produksi film sebagai produser. Pemain lain yang terlibat adalah Florence Pugh sebagai Yelena Belova, David Harbour sebagai Alexei Shostakof, Rachel Weisz sebagai Melina Vostokoff, serta O-T Fagbenle sebagai Mason. Ray Winstone juga terlibat sebagai aktor, dan sosok villain Taskmaster dipastikan akan hadir di film Black Widow.

The Eternals (2020)

The Eternals. Sumber: Marvel

Judul baru yang bakal diangkat Marvel menjadi film adalah Eternals, yang merupakan makhluk ciptaan para Celestials seperti Ego, ayahnya Peter Quill/Star-Lord. Masih banyak yang belum kita tahu tentang Eternals, utamanya adalah bagaimana film ini akan diintegrasikan ke dalam dunia MCU.

Pemain yang terlibat dalam film ini tidak main-main. Ada Angelina Jolie sebagai Thena, Richard Madden sebagai Ikaris, Kumail Nanjiani sebagai Kingo, Lauren Ridloff sebagai Makkari, Brian Tyree Henry sebagai Phastos, Salma Hayek sebagai Ajak, Lia McHugh sebagai Sprite, dan Ma Dong Seok (alias Don Lee) sebagai Gilgamesh. Selain itu, karakter Sersi dan James akan hadir meskipun pemerannya belum diumumkan.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Sumber: Marvel
Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Sumber: Marvel

Satu lagi karakter superhero baru yang mendapatkan film solonya adalah Shang-Chi. Shang-Chi merupakan karakter pesilat dengan kekuatan dan teknik yang sangat mumpuni. Nantinya dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, ia akan melawan organisasi The Ten Rings yang pertama kali muncul di film Iron Man.

Simu Liu berperan sebagai Shang-Chi, sementara Tony Leung akan menjadi antagonis Mandarin. Mandarin merupakan julukan dari dua karakter antagonis berbeda Iron Man 3, pertama dipakai oleh aktor Trevor Slattery yang diperankan Ben Kingsley, dan kedua dipakai oleh Aldrich Killian yang diperankan Guy Pearce. Selain dua aktor tersebut, Awkwafina juga akan tampil di film ini.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2021)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sumber: Marvel
Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sumber: Marvel

Jika film Doctor Strange terasa cukup unik dan aneh, maka bersiap-siap untuk film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang dipastikan akan jadi film MCU pertama bernuansa horor. Seperti namanya, film ini akan kembali mengeksplor ide tentang multiverse yang disinggung di Avengers: Endgame dan Spider-Man: Far from Home (yah walaupun disebutkan oleh Mysterio).

Para pemeran film Doctor Strange akan kembali dalam sekuelnya. Seperti Benedict Cumberbatch sebagai Dr. Stephen Strange, Rachel McAdams sebagai Dr. Christine Palmer, Benedict Wong sebagai Wong, dan Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mondo. Mereka akan ditemani oleh Elizabeth Olsen sebagai Wanda Maximoff/Scarlet Witch, serta aktor misterius yang memerankan sosok antagonis bernama Nightmare. Kenapa ada Scarlet Witch di film ini? Read along…

Thor: Love and Thunder (2021)

Thor: Love and Thunder. Sumber: Marvel
Thor: Love and Thunder. Sumber: Marvel

Film-film MCU sepertinya punya masalah layaknya game-game Valve. Jika game-game Valve tidak pernah mencapai hitungan angka 3 (tidak ada lanjutan Half Life 2, Half Life 2 Episode 2, Left 4 Dead 2, Portal 2, dsb), maka film-film solo MCU pun tidak pernah dibuat lanjutan keempatnya. Iron Man dan Captain America selesai di film solo ketiga masing-masing. Namun hal tersebut nampaknya akan berubah setelah Marvel mengumumkan film Thor keempat, Thor: Love and Thunder!

Seluruh lakon utama Thor kembali hadir seperti Chrish Hemsworth sebagai Thor Odinson, Tessa Thompson sebagai Brunhilde/Valkyrie, dan Natalie Portman sebagai Jane Foster. Uniknya, Jane Foster akan menjadi sosok Thor baru! Hal ini sangat selaras dengan perkembangan komik Thor, dimana Jane yang mengidap kanker mendapatkan kekuatan Thor dari palu Mjolnir. Film ini juga akan fokus pada perjuangan Brunhilde yang akan memimpin New Asgard setelah Thor berkelana di angkasa bersama Guardians of the Galaxy.

Serial TV Baru di MCU Phase 4

The Falcon and the Winter Soldier (2020)

The Falcon and the Winter Soldier. Sumber: Marvel
The Falcon and the Winter Soldier. Sumber: Marvel

Sebelum San Diego Comic Con, nama The Falcon and the Winter Soldier sudah sempat bocor saat pengumuman layanan Disney+. Namun di acara inilah serial TV tersebut diumumkan secara resmi. Setelah Captain America pensiun, kini Falcon dan Winter Soldier harus bekerja sama untuk melanjutkan perjuangannya.

Karakter sentral dari film Captain America kembali, seperti Anthony Mackie sebagai Sam Wilson/Falcon, Sebastian Stan sebagai Bucky Barnes/Winter Soldier, dan Emily VanCamp sebagai Sharon Carter. Daniel Bruhl juga hadir kembali sebagai antagonis Helmut Zemo. Setelah mencerai beraikan Avengers, rencana jahat apalagi yang akan ia siapkan?

WandaVision (2021)

WandaVision. Sumber: Marvel
WandaVision. Sumber: Marvel

Namanya memang kedengaran seperti merek TV jadul, tapi WandaVision akan jadi serial TV solo bagi sosok Scarlet Witch. Tak hanya menjadi sekuel bagi Avengers: Endgame, WandaVision juga akan menjadi prekuel untuk Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Ekspektasi? Serial TV yang sama unik dan anehnya dengan film si master penyihir ini.

Elizabeth Olsen tentu akan memerankan Wanda Maximoff/Scarlet Witch. Namun uniknya bakal ada penampilan Paul Bettany sebagai Vision yang sudah tewas di Infinity War. Lebih unik lagi adalah kemunculan Teyonah Parris yang memerankan Monica Rambeau, anak Maria Rambeau yang merupakan teman Carol Danvers/Captain Marvel.

Loki (2021)

Loki. Sumber: Marvel
Loki. Sumber: Marvel

Dewa keonaran akan mendapatkan serial TV nya sendiri dalam Loki. Loki yang seyogiyanya tewas di timeline utama MCU mendapatkan kesempatan kedua untuk tampil dan menjawab pertanyaan yang menggantung sejak akhir Endgame: Apa yang dilakukan Loki setelah kabur menggunakan Tesseract?

Tom Hiddleston kembali memerankan adik angkat Thor Odinson. Namun selain itu, belum diketahui siapa lawan main aktor flamboyan asal Inggris ini.

What If…? (2021)

What If…? Sumber: Marvel
What If…? Sumber: Marvel

What If…? akan menjadi produk MCU pertama dalam format animasi. Sejauh ini berbagai produk animasi Marvel tidak pernah bertautan dengan MCU, meskipun banyak mengambil inspirasi dari sana.

What If…? akan mereka ulang berbagai momen penting dalam sejarah MCU, namun dengan twistyang berbeda. Misalnya, apa jadinya jika Peggy Carter yang disuntik serum Super Soldier? Menariknya, para aktor MCU asli akan kembali memerankan karakter mereka. Beberapa seri yang dipastikan diulas di sini adalah Captain America, Black Panther, Thor, Ant-Man, Guardians of the Galaxy, bahkan Infinity War. Saya pribadi penasaran apa jadinya jika Avengers benar-benar melakukan rencana jahat War Machine untuk membunuh Thanos saat masih menjadi bayi.

Hawkeye (2021)

Hawkeye. Sumber: Marvel
Hawkeye. Sumber: Marvel

Satu serial TV MCU phase 4 terakhir yang diumumkan adalah Hawkeye. Jika melihat dari logonya, ada kemungkinan serial TV ini akan mengambil banyak inspirasi dari komik Hawkeye volume 4 yang terbit di tahun 2012. Pastinya bakal ada penyesuaian, dimana dalam lore MCU serial TV Hawkeye akan mengambil setting paska Endgame.

Di Hawekeye, Jeremmy Renner berperan sebagai Clint Barton/Hawkeye yang akan menjadi mentor bagi Kate Bishop, yang belum diketahui pemerannya.

Film & Serial TV Lain di MCU Phase 4

Blade (TBA)

Blade. Sumber: Marvel
Blade. Sumber: Marvel

Selain 10 film dan serial TV di atas, Marvel juga akan me-reboot film Blade. Di masa lalu, trilogi film Blade diperankan oleh Welsey Snipes dan menjadi semacam standar emas seperti apa film superhero harus dibuat.

Mahershala Ali akan memerankan Eric Brooks alias Blade, pemburu vampir yang dibekali kemampuan fisik dan supranatural mumpuni.

Fantastic Four, Black Panther 2, dan lainnya!

Kevin Feige bersama Mahershala Ali dan punggawa MCU lainnya di SDCC 2019. Sumber: Syfy
Kevin Feige bersama Mahershala Ali dan punggawa MCU lainnya di SDCC 2019. Sumber: Syfy

Produser Kevin Feige juga memastikan film-film MCU lainnya tengah digarap seperti Fantastic Four, Black Panther 2, Captain Marvel 2, dan Guardians of the Galaxy Volume 3. Fantastic Four jadi nama yang ditunggu-tunggu fans sejak Disney mengakuisisi 20th Century Fox dan secara praktis mendapatkan hak adaptasi film Marvel yang mereka pegang.

Selain itu, produksi judul film lainnya pun nampak belum berkembang banyak. James Gunn masih sibuk dengan Suicide Squad dan belum bakal memulai produksi Guardians Volume 3 sebelum tahun 2020. Apakah semuanya akan hadir di MCU phase 4 atau phase 5? Lebih baik kita nantikan saja sampai semuanya siap diumumkan.

Baca Juga: Disney Akuisisi Aset 20th Century Fox: Apa Untungnya?


Dari seluruh film dan serial TV MCU Phase 4 di atas, manakah yang paling kamu nantikan? Memang kita belum bisa menontonnya setidaknya sampai tahun depan, tapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kemunculan mereka, kan? Jangan ragu berkomentar di kolom komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: pinterest.com

Sepuluh Nama Keluarga Jepang Dengan Maknanya

Berikut sepuluh nama keluarga di Jepang dengan makna dibaliknya. .. more

Banner Indonesia Comic Con 2017. Sumber gambar: coroflot.com

Popcon Asia 2017 vs Indonesia Comic Con 2017: Siapa yang Lebih Menarik?

Sama-sama merupakan event pop culture dunia, dengan ragam perpaduan antara East Pop Culture dengan West Pop Culture, mak.. more

trailer avengers: endgame

Trailer Avengers: Endgame Terbaru Tandai 1 Bulan Jelang Event Terbesar MCU

"Whatever it takes." Trailer Avengers: Endgame terbaru tampilkan para superhero Marvel yang bangkit untuk melawan Thanos.. more

Sumber: variety.com

Game Ghostbusters World, Pengalaman Menangkap Hantu Secara Nyata

Berkali-kali “Ghostbusters” coba dibuat ulang, bahkan di tahun 2016 pun film satu ini coba di garap lagi. Skan tetap.. more

spider-man keluar dari mcu

Spider-Man Keluar Dari MCU? Kerja Sama Disney-Sony Terancam Gugur!

Mulai dari masalah bagi hasil hingga credit untuk Kevin Feige, kerja sama Disney-Sony terancam bubar sehingga Spider-Man.. more