Melirik Manga Baru Hiro Mashima “Eden’s Zero”

3 months ago

Untuk penggemar shonen manga alias komik Jepang untuk anak laki-laki nama mangaka Hiro Mashima seharusnya bukan lagi sebuah nama yang asing. Walau memang sulit untuk mengatakan kalau Mashima-sensei berada di jajaran paling atas mangaka shonen (karena posisi itu masih dikuasai mangaka “Dragon Ball” Akira Toriyama dan “One Piece” Eiichiro Oda) tapi Hiro Mashima bukan pula mangaka ecek-ecek yang berdesak-desakan dengan mangaka shonen manga lain di industri terkemuka Jepang ini. Bersama mangaka seperti Tite Kubo dan Masashi Kishimoto, Hiro Mashima memiliki reputasi tinggi sebagai mangaka dengan karya fenomenal serta penjualan manga yang tinggi.

Hiro Mashima di event Japan Expo 2016. (Sumber: YouTube)

Lihat saja manga Mashima-sensei yang berjudul “RAVE” (atau “Rave Master / The Groove Adventure Rave” saat dipasarkan di luar Jepang). Manga yang dimuat bersambung secara serial di majalah shonen manga terkemuka “Weekly Shonen Magazine” mulai Juli 1999 hingga Juli 2005 sukses mengangkat nama Mashima-sensei ke level ‘stardom mangaka’.

Mencapai jumlah tankobon atau buku sebanyak 35 volume plus TV anime (yang sayangnya mengalami peng-editan gila-gilaan saat ditayangkan di Amerika Serikat dan mengakibatkan penurunan kualitas seperti di musik latar belakang maupun konten humor yang ada), RAVE bisa dibilang sebagai fondasi awal karya-karya Hiro Mashima selanjutnya. Karena karya-karya Hiro Mashima selepas RAVE sedikit-banyak mengambil elemen dari manga pendahulunya.

Karya monumental Hiro Mashima. (Sumber: AminoApps)

Ambil contoh adanya karakter Plue di manga Hiro Mashima berjudul “Fairy Tail”. Sosok ini sebelumnya ada di manga RAVE. Jadi seakan-akan Hiro Mashima menciptakan sebuah ‘universe’ buatan sendiri untuk karakter-karakter ciptaannya yang berasal dari judul berbeda agar dapat saling bertemu dan berinteraksi. Atau dalam kasus tertentu bahkan saling berbagi plot cerita.

Plue di Fairy Tail (atas) dan RAVE (bawah). (Sumber: AminoApps)

Menurut saya desain dunia manga seperti ini keren banget. Karena menciptakan sebuah dimensi yang memiliki banyak sekali kemungkinan-kemungkinan serta cross-over antar karakter dalam dunia yang sama namun berbeda plot.

Karakter di RAVE dan Fairy Tail bahkan sempat melakukan cross-over dalam format OVA yang seru. Ini semakin menguatkan fakta kalau dunia yang diciptakan oleh Hiro Mashima di manga-manga ciptaannya berada dalam satu universe yang sama dengan timeline yang sama pula.

Lucy, Plue, Elie & Happy. (Sumber: YouTube)

Natsu & Haru. (Sumber: YouTube)

Maka tak heran saat Mashima-sensei mengumumkan judul baru pasca berakhirnya Fairy Tail, penggemar kembali berspekulasi kalau manga ini juga memiliki elemen-elemen yang ada sebelumnya di manga Hiro Mashima. Dan jika dilihat sekilas, hal ini terasa sangat kuat.

Manga yang diberi judul “Eden’s Zero” itu bahkan memiliki karakter utama yang terasa sangat-sangat familiar buat fans Hiro Mashima.

Artwork resmi “Eden’s Zero” dari Hiro Mashima. (Sumber: GeekTyrant)

Karakter yang namanya belum diperkenalkan itu sudah mencuri perhatian sedari awal. Diantara fans muncul spekulasi kalau namanya akan berhubungan dengan nama Jepang untuk “musim” karena berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Karakter di manga RAVE bernama Haru Glory. Dalam bahasa Jepang, “Haru” berarti musim semi. Karakter utama di manga Fairy Tail adalah Natsu Dragneel. “Natsu” sendiri artinya adalah musim panas. Di manga buatan Hiro Mashima lain yang berjudul “Monster Soul”, nama tokohnya adalah Aki; yang berarti musim gugur dalam bahasa Jepang. Dan di manga “Monster Hunter Orage”, karakter utama diberi nama “Shiki”, yang berarti musim.

Shiki & Irie dari Monster Hunter Orage. (Sumber: PiratenKingDeviantart)

Apakah karakter utama Eden’s Zero itu akan bernama Fuyu alias musim dingin? Mungkin, ya. Mungkin juga tidak. Tapi lupakan dulu soal nama dan lihatlah desain karakter terbaru ini. Tidak hanya saya tapi banyak fans yang berpendapat kalau Hiro Mashima “memasukkan Gray Fullbuster dan Natsu Dragneel ke dalam blender dan menekan tombol max speed” saat menciptakan karakter ini. Karena ‘kan nggak mungkin juga Gray dan Natsu make love dan kemudian lahir karakter baru ini toh? Itu cuma ada di dojin-dojin ero fanmade.

Intinya desain karakter utama cowok di Eden’s Zero terlihat sangat familiar dengan karakter di Fairy Tail sebelumnya.

Cannot unsee! (Sumber: Facebook)

Hal ini juga dikuatkan dengan kemunculan “Plue” & “Happy”. Dua maskot yang sebelumnya ada di RAVE maupun Fairy Tail. Apakah mereka berdua Plue dan Happy, atau hanya mirip saja? Masih belum jelas. Sama belum jelasnya dengan karakter cewek baru yang ada di artwork Eden’s Zero yang beredar di internet saat ini.

Karakter cewek ini tidak bisa dibilang mirip dengan Elie (RAVE) maupun Lucy Heartfilia (Fairy Tail). Untuk karakter ini Mashima boleh dibilang berhasil menciptakan karakter yang ‘brand-new’ walau kalau mau dipaksa-paksa dicari kemiripannya sih, potongan cewek itu lumayan mirip mendekati Lucy. Rambut panjang. Berwajah cantik. Nice body.

Mirip Lucy Heartfilia? (Sumber: YouTube)

Manga Eden’s Zero akan mulai terbit seri perdananya di majalah Weekly Shonen Magazine edisi 30 tanggal 26 Juni 2018. Sebagai salah satu fans berat karya-karya Hiro Mashima saya ikut menantikan Eden’s Zero ini. Bagaimana dengan kamu?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(Instagram @pengabdisetanofficial)

Pengabdi Setan Jadi Film Horor Terseram di Indonesia?

Buat bro sis yang suka kisah-kisah ngeri, cerita seram, atau film horor, belum cukup nyali kalo belum nonton Pengabdi Se.. more

00-d-dc-universe

Bisakah DC Universe Streaming Service Menyelamatkan DCEU?

DC Comics luncurkan DC Universe, layanan streaming film dan kartun superhero DC Comics. Apakah akan berdampak pada DCEU?.. more

Sumber: Beyond The Cartoon

17 Fakta Unik Tentang Film Spirited Away yang Harus Kamu Tau!

Mau tahu lebih banyak tentang Film Spirited Away? Ini 17 Fakta Uniknya!.. more

Sumber gambar: steemit.com

Tak Hanya PUBG dan Fortnite – Game Berikut Juga Cocok untuk Mode Battle Royale Death Match

Saat ini di kalangan PC gamers sedang trending game berbasis “Battle Royale Death Match”. Battle Royale? Seperti apa.. more

Sumber: yo-kai.nintendo.com

Yo-Kai Watch : Dunia Arwah Jepang Jadi Unyu Dan Gemesin

Kita tahu kalau setiap kebudayaan punya kepercayaan dan hal-hal mistikal, dan walaupun terkenal sebagai negara super maj.. more