Membangung Komunitas Itu Sulit, Untungnya ada Connectoon Yang Dapat Menjadi Pijakan

3 months ago

Sumber gambar fitur: @connectoon

Menciptakan satu komunitas itu tidak sulit, namun membangunnya sudah jelas masalah yang sepenuhnya berbeda. Katakan saja bikin komunitas pecinta film horor.

Kumpulin anggota? Tinggal cari di Facebook, gampang. Mau buat diskusi? Pasang bahan diskusi di grup, satu dua orang jawab rajin, kebanyakan jawab seniatnya aja, dan minggu depan gak ada lagi yang nongol pas diskusi. Mau kumpul bersama? Krik… krik… krik… dan karena sedikit yang bilang bisa, akhirnya pada mengundurkan diri semua. 

Ya, gak selalu se-extreme itu juga. Namun intinya, menjaga komunitas itu dapat menjadi tantangan tersendiri. Apalagi kalau kamu nggak punya basecamp dan aktivitas rutin untuk menjaga kelangsungan komunitas.

Membuat komunitas itu tidak mudah, tapi kalau kamu punya passion, apa kamu akan membiarkan hal itu menghentikanmu? Tentu tidak! Apalagi sekarang ini sudah ada Connectoon yang dapat kamu manfaatkan sebagai pusat kolaborasi pop culture.

Mari Kita Mundur Selangkah Untuk Menjawab Satu Pertanyaan. Connectoon? Apaan, tuh

Connectoon adalah suatu lokasi fisik di M Bloc Space yang dapat kamu kunjungi langsung. Terlebih dari itu, Connectoon merupakan pusat pop culture pertama di Indonesia. Di sana, para pelaku dan peminat budaya pop dapat saling terhubung untuk berkolaborasi, berkreasi, dan tumbuh bersama sebagai sebuah komunitas.

Bagi kamu yang ingin membangun atau mencari komunitas pop culture, hal itu tentunya dapat menjadi bantuan berharga. Sebuah pijakan yang dapat kamu gunakan kapanpun kamu membutuhkannya. 

Sebuah pijakan? Memang apa yang bisa disediakan oleh Connectoon?

Well, itu adalah pertanyaan yang amat valid.

Pertama, Connectoon memiliki store dimana kamu dapat menemukan komik-komik lokal dengan harga bersahabat. Ya, mungkin kurang spesial buat kamu yang ingin membangun komunitas. Tapi, tapi, tapi, kamu bisa menemukan berbagai inspirasi dari creator lokal dan kalau komunitasmu berhasil membuat produk, kamu juga punya kesempatan untuk menampilkannya di sini. 

Kedua, ada Connectoon Academy bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia perkomikan. Connectoon Academy ini mempertemukan langsung para calon creator dengan tutor yang sudah berpengalaman dalam industri webcomic. Hal itu cocok sekali bagi kamu yang ingin berkembang. Bayangkan kalau kamu punya komunitas ngomik, kamu dan teman-teman komunitas bisa ikut Connectoon Academy lalu saling support untuk level up bareng.

Ketiga dan mungkin yang terseru adalah Connectoon Talks, sebuah forum terbuka mengenai pop culture di setiap akhir pekan. Pada acara inilah komunitas pop culture serta perkomikan diundang untuk memanfaatkan ruang di Connectoon sebagai hub komunitas. 

Jadi, Apa Kamu Siap Untuk Maju Bersama Industri Kreatif?

Connectoon dapat menjadi pijakan bagi kamu yang ingin mewujudkan passion dan maju dalam kolaborasi komunitas. Dengan adanya ruang fisik untuk berkolaborasi kamu bisa berkarya bersama rekan-rekan yang dapat membantu dan diajak berdiskusi. Kalau sudah begitu, passion pribadi dapat menjadi sesuatu yang lebih wholesome dan memuaskan.

***

Perkembangan industri kreatif dan seluruh orang-orang yang memiliki aspirasi di dalamnya. Itulah yang mendorong CIAYO Comics sebagai salah satu pendiri Connectoon. Sejak awal, CIAYO Comics sudah mendorong kolaborasi antara komunitas. Hal itu ditandai oleh Comiconnect Tour yang sudah dimulai dari tahun 2018 dan terus berlanjut di tahun 2019.

Pada Comiconnect 2019, CIAYO Comics mencoba memperluas cakupan mereka. Tidak hanya mempertemukan komunitas-komunitas komik lokal dari berbagai penjuru Indonesia, CIAYO Comics juga melangkah lebih jauh lagi dengan mempertemukan para pelaku kreatif dan pelaku bisnis lokal. Dalam visi ini, Connectoon merupakan langkah selanjutnya untuk mendukung kamu-kamu dengan aspirasi kreatif!


Oleh karena itu, jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi Connectoon. Mengejar hobi sendirian dapat menjenuhkan, tapi kalau kamu berkolaborasi dalam komunitas, semua akan menjadi lebih seru dan inspiratif!

Kamu dapat mengunjungi Connectoon di M Bloc Space Jl. Panglima Polim no. 37D Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

About Author

Avatar

Maximilian Surjadi

Forever a writer. He’s almost able to write anything, from news piece to grooming tips. But, he especially have a deep interest in fiction, fantasy, history, and culture. Visit him at bearly-max.com and for tarnation sake, don’t feed him anything!

Comments

Most
Popular

00-d-pubg-fortnite

PUBG Tuntut Fortnite di Pengadilan!

PUBG, Fortnite, keduanya adalah game battle royale yang populer. Namun, PUBG tak suka jika Fortnite populer karena menca.. more

00 arnold desktop

Hey Arnold: The Jungle Movie – Ending Bahagia Si Kepala Lonjong

Hey Arnold: The Jungle Movie nggak cuma sekedar kelanjutan dari kartun yang tamat 13 tahun lalu, namun juga memberikan s.. more

(Sumber: Youtube)

Wawancara Eksklusif CIAYO Blog Dengan Demian Aditya Sang Illusionist

Bro sis masih inget dong sama Demian? Pesulap yang sekarang lebih terkenal sebagai Illusionist Indonesia ini, sempat ram.. more

Game “Detroit: Become Human”, Gambaran Memikat Lewat Demo Yang Lumayan Panjang

Detroit: Become Human adalah game Action-adventure terbaru yang dikembangkan oleh developer Quantic Dream. Jika kalian m.. more

KOF_Banner

Nikmati Keseruan Tanpa Batas dengan The King of Fighters ALLSTAR

Tanggal 22 Oktober 2019 kemarin, Netmarble Games telah resmi merilis The King of Fighters ALLSTAR di 175 negara secara s.. more