Meme Sebagai Media Advertising Film Indonesia

3 months ago
(Sumber: Duniaku)

Ada hal yang tidak dipunyai generasi sebelumnya, namun dimiliki generasi ini; sebuah alat komunikasi sosial bernama “meme”.

Secara pengertian yang diartikan oleh pencetus katanya yaitu Richard Dawkins, di mana “meme” merupakan sebuah ‘penyebaran budaya’, mulai dari fashion, teknologi dan sebagainya, maka tentu saja generasi sebelumnya mempunyai hal ini. Dan sesuatu yang bernama “meme” pun sebenarnya bukan hanya gambar dengan kata-kata sebagaimana yang kita kenal, tetapi segala sesuatu yang viral di internet.

Tapi, mari kita berbicara meme disini dengan pengertian yang kita semua pahami dan dipakai dalam pembicaraan di masyarakat; gambar dengan kata-kata singkat.

Meme yang merupakan gambar dengan kata-kata singkat telah menjadi alat komunikasi sosial yang unik di masyarakat, apalagi dengan semakin maraknya penggunaan media sosial dan mudahnya mendapatkan akses internet.

Ambil contoh di Indonesia sendiri. Ada polwan merasa sedih, dijadikan meme. Ada rapper yang tatoan tapi gak pake narkoba, dijadikan meme. Ada susu sapi disensor, dijadikan meme.

Bahkan selama 3 tahun belakangan ini, film Indonesia yang populer bisa diukur dengan keberadaan meme dari film tersebut.

1. Ada Apa Dengan Cinta 2

(Sumber: Meme Generator)

Sumber: Meme Generator

“Apa yang saya lakukan ke kamu itu gak adil.”

“Rangga, apa yang kamu lakukan ke saya itu.. jahat.”

Sebuah adegan singkat dalam trailer Ada Apa Dengan Cinta 2, di mana Dian Sastro menampilkan akting yang tenang namun garang yang akan membuat laki-laki sejahat apapun akan merasa bersalah dan mengambil wudhu itu, akhirnya rame menjadi meme.

Kisah pertemuan Cinta dan Rangga yang sudah berpisah selama 14 tahun itupun akhirnya memperoleh kesuksesan yang sejalan dengan kepopuleran memenya. Total, Ada Apa Dengan Cinta 2 memperoleh 3.664.960 penonton, mengalahkan perolehan film pertamanya yang mendapatkan 2.700.000 penonton.

Film AADC 2 juga mampir ke festival-festival di beberapa negara seperti Belgia, Jerman, Swiss, dan menjadi pembuka di Fukuoka International Film Festival di Jepang pada tahun 2016.

2. Dilan 1990

Meme parodi kutipan Dilan. (Sumber: Instagram)

Meme parodi kutipan Dilan. (Sumber: Instagram)

“Milea, rindu itu berat, kamu tidak akan kuat. Biar aku saja.”

Jika film AADC 2 mempunyai Rangga yang jahat. Dilan 1990 mempunyai Dilan yang kuat. Kata-kata karakter yang banyak dicurigai para fans sebagai Pidi Baiq sendiri ini, menghasilkan banyak meme parodi seperti gambar yang ada diatas.

“Jangan maksiat. Dosanya berat. Kamu gak akan kuat. Aku juga”, begitulah modifikasi kutipan Dilan dalam meme yang digambar oleh komikus @si_bedil ini.

Sejalan dengan kepopuleran memenya, Dilan 1990 berhasil menoreh kesuksesan di bioskop. Tidak main-main, perolehan penontonnya lebih dari 6 juta! Dilan pun menjadi film Indonesia kedua terlaris sepanjang masa dibawah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.

Film Dilan pun sudah dipersiapkan kelanjutannya sebagaimana ditunjukkan dalam ending film yang menggantung, bahwa cerita akan dilanjutkan ke Dilan 1991.

Meme Sebagai Media Advertising Sebuah Film

Meme Dilan 1990 dan Ada Apa Dengan Cinta 2 merupakan meme yang lahir sebagai reaksi dari masyarakat sebagai sebuah audience. Tapi bagaimana jika produser atau sutradara menaruh perhatian serius terhadap meme sebagai sarana advertising film mereka? Artinya meme bisa mempunyai peran yang sama sebagaimana ketika menaruh poster film di billboard di jalan raya, bahkan mungkin lebih signifikan?

Hal itulah yang dilakukan Joko Anwar, berawal dari plesetan-plesetan poster Pengabdi Setan saat filmnya belum diputar di bioskop. Joko Anwar akhirnya menyeriusi meme sebagai sarana advertising-nya. Ia menyuruh para penggemarnya untuk membuat poster plesetan lain dengan janji tiket gala premiere film Pengabdi Setan. Selain itu juga menambahkan gambar-gambar dari film Pengabdi Setan yang menurutnya meme-able dan meminta penggemarnya untuk membuat meme dari gambar-gambar tersebut sebagai template.

(Sumber: Twitter) 

Sumber: Twitter

(Sumber: Twitter) 

Sumber: Twitter

Foto karakter Ibu di kasur yang disebarkan Joko Anwar di akun Twitter dan Instagramnya untuk dijadikan meme (sumber: Twitter) 

Foto karakter Ibu di kasur yang disebarkan Joko Anwar di akun Twitter dan Instagramnya untuk dijadikan meme (sumber: Twitter)

Salah satu meme parodi Pengabdi Setan. (Sumber: Twitter)

Salah satu meme parodi Pengabdi Setan. (Sumber: Twitter)

Salah satu meme parodi Pengabdi Setan dari gambar yang dikirimkan Joko Anwar di akunnya, (sumber: Brilio) 

Salah satu meme parodi Pengabdi Setan dari gambar yang dikirimkan Joko Anwar di akunnya, (sumber: Brilio)

***

Setelah Joko Anwar, rumah produksi Starvision dan Visinema Pictures ikut menyeriusi meme, di mana mereka melakukan kontes meme untuk film mereka masing-masing, yaitu Susah Sinyal dan Love For Sale.

sumber: Instagram

sumber: Instagram

sumber: Instagram

sumber: Instagram

Namun sayang, langkah Starvision dan Visinema Pictures menyeriusi meme ini mungkin kurang berhasil. Karena meme film Susah Sinyal dan Love For Sale pada akhirnya tidak berujung viral seperti meme-meme film Pengabdi Setan. Jumlah penonton Lover For Sale pun tidak begitu memuaskan karena ‘hanya’ mencapai kurang dari 200.000 (berbeda dengan Susah Sinyal yang masih beruntung mendapatkan dua juta lebih penonton karena tayang akhir tahun).

Mungkin sebagai evaluasi, ke depannya para sutradara dan produser perlu dengan cerdik mengambil sisi memeable dari film mereka, atau bahkan membuat dengan sengaja adegan yang memeable itu sendiri.

Karena meme bukan sekedar meme, atau jika kita kembali ke istilah aslinya–meme adalah sebuah tren, sebuah viral. Bagaimana menurut kalian?

About Author

Muhammad Al Fatih Hadi

Muhammad Al Fatih Hadi

Mempunyai dua nama panggung yaitu Nocturne dan Buluidung. Book nerd, movie freak. Sedang merantau ke Al-Ain, Uni Emirat Arab, entah sebagai pelajar atau sebagai TKI. Jika tertarik menghubunginya, bisa lewat akun instagramnya @Fatihnokturnal14. Jika tidak tertarik, ya sudah.

Comments

Most
Popular

Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Take on Me Tayang di Indonesia Tanggal 23 Mei!

Dalam Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Take on Me, Rikka akan pindah ke Italia! Karena Yuuta tak mau berpisah dengannya, t.. more

Asal Usul Seragam Sekolah Sailor Khas Jepang, Seifuku

Ingatkah kalian dengan seragam siswi sekolah Jepang yang dikenakan pada film animasi sailormoon dulu? Film ini banyak di.. more

Sekuel dari film klasik Robin Williams. Sumber gambar: wallpapermade.com

Jumanji: Welcome to the Jungle – Sekuel Jumanji Yang Tidak Diperlukan?

Apakah Jumanji: Welcome to the Jungle memang sebuah film yang bagus (atau malah lebih bagus dari versi original?) atau t.. more

(Youtube - “Thor: Ragnarok” Official Trailer)

Thor: Ragnarok, Kisah Superhero Dibalut Drama Keluarga

Thor: Ragnarok menawarkan rasa berbeda. Selain adegan penuh aksi, selipan komedi dan jokes ringan menjadi ornamen yang i.. more

00-d film dengan satu aktor

10 Film Ini Hanya Diperankan Satu Aktor Saja!

Film dengan satu aktor ini sukses memukau meski tanpa dihadiri berbagai karakter pendukung dan antagonis!.. more