Memories, Permainan Visual Novel Interaktif untuk Ranah Nusantara

1 month ago
press conference memories CIAYO x agate games

Hiburan dalam bentuk visual novel atau web novel memang digemari dan cukup umum di ranah nusantara. Tapi, bagaimana dengan hiburan cerita interaktif? 

Cerita interaktif membawakan dimensi baru dalam alur permainan. Dalam cerita interaktif, pemain ikut berkolaborasi dengan memberikan pilihannya dan menentukan arah narasi. Di luar, permainan seperti Stranger Things atau Detroit; Become Human sudah berhasil memasarkan racikan cerita interaktif mereka dengan sukses. Melihat keberhasilan dan nilai hiburan dalam cerita interaktif, tidak heran bila developer lokal juga tergerak untuk menghasilkan karya mereka sendiri. 

Pada bulan Januari ini, CIAYO dan Agate mengumumkan hasil kolaborasi mereka, Memories—sebuah aplikasi game visual novel yang berisi gabungan cerita interaksi fiksi. Dalam Memories, pembaca dapat menentukan sendiri alur cerita yang sedang dimainkan. Dengan begitu, pembaca dapat merasakan pengalaman imersif dengan kejadian atau adegan di dalamnya. 

Memories menawarkan beberapa genre cerita, antara lain romansa, horor, dan misteri dengan bentuk visual novel dan chat story. Beberapa cerita juga merupakan edisi khusus, seperti edisi Dilan 1990 dan Dilan 1991 yang diinspirasi oleh novel berjudul sama karya Pidi Baiq, juga cerita CoLoN yang terinspirasi dari boyband Jepang bernama sama. 

Cerita Dilan di Memories adalah satu-satunya aplikasi visual novel resmi dengan IP Dilan di Indonesia. Edisi khusus Dilan ini diangkat langsung dari seri novel populer Dia Adalah Dilanku yang juga diangkat oleh CIAYO Comics menjadi serial webtoon. Tentunya, berbeda dengan novel ataupun komiknya, pengguna Memories dapat memilih sendiri alur ceritanya. Itu jadi sesuatu yang benar-benar baru untuk IP Dilan.

Salah satu interaksi yang patut disorot di dalam game ini adalah emotion highlight yang memperbolehkan pembaca untuk menentukan emosi yang ingin dibangun di dalam cerita, dengan dihadapkan pada beberapa pilihan. 

Pada Memories, user juga mendapatkan misi harian untuk mengumpulkan reward berupa diamond. Diamond ini bisa digunakan untuk membuka lebih banyak alur cerita alternatif. Dari setiap cerita yang diselesaikan, user juga mendapatkan reward berupa key yang bisa digunakan untuk membuka cerita yang baru. Ketiga hal di atas: reward, key, dan diamond juga disediakan dalam bentuk in-game purchases. Mulai dari Rp9.000, pemain bisa memiliki key dan diamond secara instan.

Memories mewakili harapan dari CIAYO dan Agate untuk membangun ekosistem penulis dan meningkatkan daya saing Indonesia dalam pasar global.

“Besar harapan kami agar Memories tidak hanya menjadi platform untuk membaca cerita interaktif saja, tapi juga menjadi platform kreatif bagi para penulis cerita untuk bisa memasarkan cerita interaktifnya, menemukan pembaca setia dan bisa mendapatkan penghasilan dari platform Memories, sehingga membantu membantu industri kreatif Indonesia”, tutur Arief Widhiyasa, CEO Agate. 

Pemain juga dapat mendaftarkan diri untuk mempermudah akses untuk pindah perangkat. Cara untuk mendaftarkan diri sangat mudah, pemain hanya perlu mendaftarkan e-mail atau Facebook untuk mengamankan segala data dan progres permainan. Pemain juga dapat mengikuti segala update terbaru dan mendapatkan promo-promo khusus melalui akun Instagram @memories.interactive serta akun Facebook Memories.Interactive. Saat ini, Memories sudah dapat diunduh secara gratis di Google Play untuk Android dan segera hadir di App Store untuk iOS.

About Author

Avatar

Maximilian Surjadi

Forever a writer. He’s almost able to write anything, from news piece to grooming tips. But, he especially have a deep interest in fiction, fantasy, history, and culture. Visit him at bearly-max.com and for tarnation sake, don’t feed him anything!

Comments

Most
Popular

viva

VIVA! – Zine Musik City Pop Persembahan Rimawarna

Rimawarna akan merilis zine bertema musik city pop, yaitu VIVA. Zine ini bisa dibeli di Comic Frontier 13 seharga 50 rib.. more

Sumber gambar: playground.ru

Game Tembak Klasik The House of the Dead Kembali dengan ‘Scarlet Dawn’

Bro sis penggemar video game yang sempat merasakan kejayaan era arcade/dingdong tahun 90an hampir pasti pernah melihat d.. more

Kemenkominfo dan AVGI mempersembahkan penghargaan gamer dan tim esports berprestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kompetisi dunia.

Menteri Rudiantara Serahkan Penghargaan Gamer dan Tim Esports Berprestasi

Kemenkominfo dan AVGI mempersembahkan penghargaan gamer dan tim esports berprestasi yang mengharumkan nama Indonesia di .. more

Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Inktober, Berkarya Lewat Gambar

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Nah, di me.. more

(sumber: beobachter.ch)

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Video Game Nyatanya Memiliki Manfaat yang Menyehatkan, Loh!

Suka main game? Ternyata hobi yang satu itu juga punya manfaat yang bagus, loh. .. more