Menanti Deretan Video Games Terbaik Yang Rilis 2017-2018

5 months ago

Bisnis video game selalu ramai dan bergairah. Game-game baru dan sekuel silih berganti datang menyapa gamers di seluruh dunia. Sudah masuk kuarter ketiga dari tahun 2017 saat tulisan ini dibuat, dan beberapa dari video game yang akan saya tulis di bawah sudah ada yang rilis di pasaran, dan beberapa lainnya akan segera rilis tidak lama lagi.

Oh ya! Game-game yang ada dalam list ini tidak dalam urutan spesifik ya. Random saja. Bukan berdasarkan peringkat paling keren atau apalah.

So without further adeu… Let’s talk about these video games!

For Honor

Developer: Ubisoft Montreal. Publisher: Ubisoft. Platform: Multiplatform (PC, PS4, Xbox One)

Adegan game For Honor. (Sumber gambar: forhonor.ubisoft.com)

Adegan game For Honor. (Sumber gambar: forhonor.ubisoft.com)

Game ini ber-genre “hack and slash” alias “hajar dan bacok” dengan setting dunia fantasy medieval atau Abad Pertengahan. Pada dasarnya ini adalah sebuah game action, di game ini pemainnya dapat memilih menjadi bagian dari tiga faksi: The Legion (job Knights), The Chosen (job Samurai) atau The Warborn (job Vikings).

Semua faksi memiliki empat kelas yang dapat dipilih: Vanguard (kelas yang seimbang antara pertahanan dan serangan), Assassins (cepat dan efisien, tapi pertahanan lemah), Heavies (sesuai namanya; berat kuat tangguh di pertahanan tapi lambat dalam pergerakan), dan kelas terakhir Hybrids (kelas khusus kombinasi dari dua kelas yang sudah ada).

For Honor, seperti game modern lainnya, juga memiliki mode multiplayer online selain single player campaign. Dengan memanfaatkan jaringan internet, gamer dapat beradu skill secara online dari tempatnya masing-masing dengan gamers lain di seluruh dunia.

For Honor sudah rilis di seluruh dunia tanggal 14 February 2017 dan untuk seluruh platform current gen video games yang ada: PC, PS4 dan Xbox One

 

Detroit: Become Human

Developer: Quantic Dream. Publisher: Sony Interactive Entertainment. Platform: Exclusive (PS4)

Adegan game Detroit: Become Human. (Sumber gambar: apptrigger.com)

Adegan game Detroit: Become Human. (Sumber gambar: apptrigger.com)

Jika pernah bermain game PS3 berjudul “Heavy Rain” maka gamers akan dapat langsung menebak seperti apa genre game yang disutradarai David Cage ini. Detroit adalah sebuah game aksi petualangan dengan elemen “pilih sendiri petualanganmu”.

Ya, game ini (seperti halnya game pendahulunya. Heavy Rain) memiliki ‘multiple choices’ dalam menjalani misi yang ada. Pemain akan dihadapkan pada pilihan-pilihan pengambilan keputusan dan aksi yang cepat agar cerita di dalamnya semakin terungkap. Satu pilihan dari beberapa pilihan akan membuka jalan cerita yang berbeda.

Misalnya jika kita memilih rute “kiri”, jalan ceritanya akan berbeda bila kita memilih rute “kanan” atau “jalan terus”. Hal demikian akan membuat game semakin menarik dan menantang.

Detroit: Become Human direncanakan rilis ke seluruh dunia awal 2018, ekslusif hanya untuk platform PS4

Marvel’s Spider-Man

Developer: Insomniac Games. Publisher: Sony Interactive Entertainment. Platform: Exclusive (PS4)

Adegan game Spider-Man. (Sumber gambar: usgamer.net)

Adegan game Spider-Man. (Sumber gambar: usgamer.net)

Game Spider-Man kali ini akan sedikit berbeda dari game-game Spider-Man sebelumnya beredar. Selain merupakan game ekslusif platform PS4, game ini juga menceritakan Spider-Man/Peter Parker yang sudah berpengalaman delapan tahun beraksi menjadi pelindung kota New York sebagai superhero.

Dari trailer dan demo yang ditunjukkan Sony melalui YouTube dapat dilihat kalau di game ini Spidey punya musuh-musuh seperti Kingpin dan Mister Negative. Game ini juga terlihat sangat halus, baik dalam pergerakan karakter maupun grafis. Sangat layak untuk dinantikan.

Marvel’s Spider-Man direncanakan rilis ke seluruh dunia pada 1st atau 2nd quarter tahun 2018, ekslusif hanya untuk platform PS4

Get Even

Developer: The Farm 51. Publisher: Bandai Namco Entertainment. Platform: Multiplatform (PC, PS4, Xbox One)

Artwork game Get Even. (Sumber gambar: gamespot.com)

Artwork game Get Even. (Sumber gambar: gamespot.com)

Get Even mengambil genre first-person shooter / FPS dengan tema survival horror. Karakter utama di game ini, Cole Black, terbangun di sebuah asylum (semacam rumah sakit untuk pasien mental) yang sudah tua dan ditinggalkan dengan ingatan yang samar-samar.

Satu-satunya ingatan dia yang jelas adalah usahanya untuk menyelamatkan seorang anak perempuan yang tersandera dengan bomb vest alias jaket bom terikat di tubuhnya. Cole Black akan mencoba menguak apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya sambil mengungkap rahasia gelap yang ada di tempat tersebut.

Get Even sudah rilis ke seluruh dunia tanggal 23 Juni 2017 dan untuk seluruh platform current gen video games yang ada: PC, PS4 dan Xbox One

 

Star Citizen

Developer: Cloud Imperium Games. Publisher: Cloud Imperium Games. Platform: Exclusive (PC – Windows & Linux)

Artwork game Star Citizen. (Sumber gambar: news.softpedia.com)

Artwork game Star Citizen. (Sumber gambar: news.softpedia.com)

Ini game yang cocok banget untuk kamu pemilik PC gaming yang menyukai MMO/Massively Multiplayer Online, perang luar angkasa, perdagangan digital luar angkasa dan hal-hal sains fiksi lainnya dalam game. Awalnya direncanakan rilis tahun 2014, game ini masih terus dalam proses pengembangan dan diharapkan dapat segera di rilis.

Star Citizen masih dalam pengembangan, belum memiliki tanggal rilis definitif dan ekslusif untuk platform PC (Windows & Linux) 

Quake Champions

Developer: id Software. Publisher: Bethesda Softworks. Platform: Exclusive (PC)

Artwork game Quake Champions. (Sumber gambar: gamespot.com)

Artwork game Quake Champions. (Sumber gambar: gamespot.com)

Jika Anda seorang pemain game PC era awal millenium, kecil kemungkinan kalau Anda tidak mengetahui judul game yang satu ini. Quake Champions meneruskan tradisi game-game Quake sebelumnya; yaitu arena-based first-person shooter deathmatch. Game ini akan menempatkan para pemain di dalam sebuah arena besar dan mereka akan bertempur sampai tersisa satu (orang atau grup) yang masih berdiri dalam format online multiplayer.

Quake Champions direncanakan rilis di seluruh dunia pada tahun 2017 ini dan ekslusif untuk platform PC saja

Resident Evil 7: Biohazard

Developer: Capcom. Publisher: Capcom. Platform: Multiplatform (PC, PS4, Xbox One)

Adegan game Resident Evil 7: Biohazard. (Sumber gambar: gameranx.com)

Adegan game Resident Evil 7: Biohazard. (Sumber gambar: gameranx.com)

Sebagai seorang pemain game Resident Evil sejak awal franchise ini di PS1, saya pribadi merasa kalau RE7 ini merupakan “kesalahan”. Terutama karena genre yang digunakan berubah menjadi first-person shooter; dimana sebelumnya merupakan game survival horror third-person action.

Namun secara keseluruhan, game ini masih layak untuk dimainkan terutama jika Anda penggemar game first-person shooter atau fans Resident Evil yang tidak peduli dengan berubahnya format game Resident Evil dari 3rd person menjadi 1st person view.

Resident Evil 7: Biohazard sudah rilis di seluruh dunia tanggal 24 January 2017 dan untuk seluruh platform current gen video games yang ada: PC, PS4 dan Xbox One

God Of War

Developer: Santa Monica Studio. Publisher: Sony Interactive Entertainment. Platform: Exclusive (PS4)

Adegan demo game God Of War PS4. (Sumber gambar: psu.com)

Adegan demo game God Of War PS4. (Sumber gambar: psu.com)

Apakah saya harus menjelaskan lagi apa itu video game “God Of War”?

Hehe… karena saya yakin kalau gamers tidak mungkin tidak mengenali serial video game populer seperti ini. Sejak kemunculannya di platform PS2 tahun 2005, game ini sudah menjadi favorit gamers karena aksi-aksinya yang seru serta jalinan cerita berbalut mitologi Yunani yang menarik.

Namun di game God Of War PS4 nanti, mitologi yang digunakan tidak lagi dari kisah dewa-dewi Yunani. Dari sejumlah trailer dan wawancara dengan team developer-nya, bisa dipastikan kalau game ini akan mengambil latar belakang mitologi Norwegia (Norse Mythology). Sepertinya tidak akan kalah seru dibandingkan game-game sebelumnya.

God Of War direncanakan rilis di seluruh dunia pada quarter pertama tahun 2018 (antara bulan 1 hingga 3) dan ekslusif untuk platform PS4

Warhammer 40.000 : Dawn Of War 3

Developer: Relic Entertainment. Publisher: Sega. Platform: Platform: Exclusive (PC – Linux – macOS)

Artwork game Warhammer 40K: Dawn Of War 3. (Sumber gambar: wccftech.com)

Artwork game Warhammer 40K: Dawn Of War 3. (Sumber gambar: wccftech.com)

Warhammer 40.000 adalah serial klasik game PC ber-genre real-time strategy. Game terbaru dari serial ini, Dawn Of War 3, mendapatkan respon baik dari fans serta pujian dari kritikus game. Metacritic memberikan nilai 77% , Game Revolution memberikan nilai 3 ½ bintang dari 5 yang tersedia, serta Gamespot memberi skor 8/10 untuk game ini.

Warhammer 40.000 : Dawn Of War 3 sudah rilis di seluruh dunia tanggal 27 April 2017 dan ekslusif untuk platform PC (Windows – Linux – macOS)

 

Horizon: Zero Dawn

Developer: Guerilla Games. Publisher: Sony Interactive Entertainment. Platform: Exclusive (PS4)

Adegan game Horizon : Zero Dawn. (Sumber gambar: dailydot.com)

Adegan game Horizon : Zero Dawn. (Sumber gambar: dailydot.com)

Saat pertama diperkenalkan ke publik pada gelaran E3 2015, game ini sudah mencuri perhatian dengan grafis indah menawan dan tema yang unik: berburu robot dinosaurus.

Horizon Zero Dawn merupakan sebuah game genre action role-playing game dimana kita akan berperan sebagai seorang wanita tangguh bernama Aloy di sebuah dunia yang dipenuhi oleh robot-robot dinosaurus. Aloy akan berpetualang di dunia yang luas terbuka (open world) sambil mencoba membongkar rahasia kenapa dunia jadi seperti itu kondisinya.

Horizon: Zero Dawn sudah rilis di seluruh dunia tanggal 28 February 2017 dan ekslusif untuk platform PS4

Kingdom Hearts 3

Developer: Square Enix. Publisher: Square Enix. Platform: Multiplatform (PS4, Xbox One)

Adegan demo game Kingdom Hearts 3. (Sumber gambar: ign.com)

Adegan demo game Kingdom Hearts 3. (Sumber gambar: ign.com)

Sekuel game yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar game Kingdom Hearts di seluruh dunia.

Game ini berawal dari game PS2 berjudul ”Kingdom Hearts” (2002) yang merupakan kolaborasi antara Square Enix dengan Disney. Konsep game Kingdom Heart 3 sudah dimulai sejak 2006 tapi game ini terus menerus mendapatkan delay dan masalah saat pembuatannya hingga selalu tertunda. Namun pengumuman terbaru Square Enix menyatakan kalau game ini siap untuk dirilis tahun 2018 nanti. Kita tunggu saja.

Kingdom Hearts 3 direncanakan rilis di seluruh dunia pada tahun fiskal 2018 dan ekslusif untuk platform PS4

Nah… Demikian beberapa games yang layak untuk dinanti, dibeli dan dimainkan oleh para gamers di seluruh dunia. Apakah salah satunya juga menjadi pilihan kamu, gamers?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Hotaru 6 ITB (CIAYO Pictures)

Liputan Hotaru 6 ITB: Event Gratis Buat Pecinta Budaya Jepang

Minggu, 21 Mei lalu, lapangan CC Barat dan Timur Institut Teknologi Bandung ramai dengan pengunjung, cosplayer, serta pe.. more

Nostalgia 90an Lewat Anak Kemaren Sore

Ada yang udah tahu belum, siapa Anak Kemaren Sore? Yuk, kenalan!.. more

(channelawesome.com)

Sailor Moon 25 Tahun yang Lalu

Tahun ini Sailor Moon udah berumur 25 tahun loh! Anime yang diadaptasi dari serial manga ini menjadi salah satu anime pa.. more

Dua nama besar game genre FPS saat ini. Sumber gambar: youtube.com

Call Of Duty & Battlefield: Game Simulasi Militer Terpopuler

Jadi game FPS mana yang lebih bagus? CoD atau BF?.. more

Sumber: Padepokan Ragasukma (http://ragasukma.com/komik/baca/18/judul/astra-jingga.php#pendekar-raksasa)

Astra Jingga: Mecha Raksasa Bersilat Dalam Kearifan Lokal

Di Indonesia, kita juga punya serial yang serupa. Masuklah Astra Jingga, sebuah judul komik rilisan Padepokan Ragasukma... more