Mendingan Beli Nintendo Switch atau PS4?

1 year ago
Playstation 4 vs Nintendo Switch

Di bulan puasa ini emang kadang suka bikin lemes dan rasanya pengen tidur aja. Mau ngapa-ngapain rasanya jenuh banget. Tapi kondisi seperti ini bisa kamu alihkan dengan main game loh. Nah, kalo dikasih pilihan antara Nintendo Switch atau PS4 (Playstation 4),  bro sis lebih milih yang mana? Bingung? Nah, daripada kebanyakkan bingung bin gundah gulana, mending simak yuk perbedaannya, siapa tau terinspirasi buat beli yang mana.

Nintendo Switch atau PS4? Mari Kita Cari Tahu!

Nintendo Switch atau biasanya disebut Switch adalah game konsol yang ga cuma bisa dimainkan di layar televisi, tapi juga bisa dibawa ke mana-mana seperti game portable (handled). Kita bisa bermain di mana saja dan kapan saja, ga harus terus-terusan di depan televisi. Pokoknya praktis banget deh, apalagi bisa juga dibawa ke toilet. Hihi

Nintendo Switch atau PS4 switch

Nintento Switch (Sumber: nintendo.com)

Perilisan Nintendo Switch di bulan Maret lalu, sangat disambut meriah oleh kalangan pecinta game. Euphoria-nya juga terasa sampai Indonesia loh! Buktinya banyak sekali pemesanan yang tersedia di berbagai situs jual beli. Harganya dipatok Rp 6,6 juta dan berbonus game-game seru antara lain The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Nintendo 1-2 Switch. Beberapa game klasik juga dihadirkan di Switch, seperti Quest of Dragon, Minecraft dan Dragon Quest.

Baca Juga: Game Nintendo Switch & 3DS Yang Akan Menyerbu Pasar Tahun 2018

Nintendo Switch mempunyai panel tombol di kedua sisi Switch yang berfungsi sebagai Joy Con, joystick bongkar pasang, yang mirip dengan controller di era Wii. Joycon ini bisa dilepas dan menempatkan Switch di atas meja. Bro sis juga bisa bermain dengan memakai televisi lewat docking station. Joycon dilengkapi dengan sensor sinar, accelerometer, gyroscope, vibrator yang dapat mendeteksi gerakan kita saat bermain game yang mengharuskan kita untuk bergerak.

Nintendo Switch atau PS4 joycon

Joycon (Sumber: nintendo.co.uk)

Maka dari itu gak heran kalau Switch menjadi gameplay yang inovatif karena dapat dimainkan lewat cara classic memakai kontroler hingga seperti nintendo Wii.

Kelebihan lainnya adalah, Nintendo Switch memakai port USB Tipe-C. Buat bro sis yang belum tau, port USB Tipe-C ini banyak terdapat di smartphone. Jadi gak usah khawatir lagi deh kalau kehabisan batre, bro sis bisa langsung pakai charger universal alias charger handphone.

Nintendo Switch atau PS4 usb type c

(Sumber: tweaktown.com)

Sayangnya, di dunia ini emang gak ada yang sempurna ya. Sama kayak Nintendo Switch yang punya kekurangan di segi layar. Yap, buat bro sis yang udah pernah mencoba pasti pernah merasakan layarnya yang kurang optimal. Bayangin aja, layarnya bisa memantulkan bayangan yang menganggu banget kalau lagi main di luar ruangan. Gak cuma layar, kadang joystick strap-nya suka nyangkut (Duh, pasti geregetan deh).

Bro sis yang suka berhemat kayaknya perlu mempertimbangkan Switch. Soalnya Micro SD yang udah pernah digunakan di Nintendo Switch gak bisa dipakai lagi pada konsol lainnya. Kita harus format dulu supaya bisa digunakan lagi. (Hmm, sayang ya!) Ribetnya lagi, kalau Switch rusak, semua data game yang tersimpan akan hilang soalnya kita ga bisa menyimpan data ke memori eksternal apalagi ke sistem layanan Nintendo.

Yang namanya game konsol, ya berarti buat main game lah, ya. Namun Switch hanya punya game yang gak sampai sepuluh judul. Game yang diunduh pun cuma bisa dimainkan di satu konsol. Jadi kalau mau konsol, kita harus daftar ulang konsol itu .Psst, tambahan sedikit, Nintendo Switch ini gak seperti PS Vita yang bisa dipakai untuk kepentingan di luar game. Gak tersedia browser atapun media player.

Nintendo Switch atau PS4 playstation 4

Playstation 4 (Sumber: playstation.com)

Nah bagaimana dengan Playstation 4 / PS4? Konsol game keluaran Sony ini sangat terkenal. Gak Cuma untuk kepentingan pribadi, PS4 juga sering digunakan untuk kepentingan bisnis seperti yang sering bro sis liat di rental playstation. PS4 sendiri memiliki perfoma dan grafis yang hampir sempurna yang pastinya lengkap dengan resolusi tinggi.

Kalau Nintendo Switch punya Joycon, PS4 punya Dualshock 4. Controller dari PS4 ini memiliki pegangan yang pas, sehingga mencegah jari tergelincir pas lagi manuver. Gak cuma bentuk, controller-nya juga punya touchpad yang memberi kesempatan gamers untuk bermain tanpa harus menggosok – gosok layar televisi. Uniknya, Dualshock 4 punya tombol share yang bisa merekam sesi permainan, menyimpan screenshot, atau malah live broadcasting sesi permainan yang dilakukan menggunakan Twitch.

Nintendo Switch atau PS4 dualshock 4

Controller Playstation 4 (Sumber: playstation.com)

Game yang disuguhkan oleh PS4 pun beragam, seperti The Order : 1886, Bloodborne, Infamous : Second Son, Uncharted 4 : A Thied’s End, The Last Guardian dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Sony Playstation: Masih Berjaya Di Puncak Industri Gaming Console, Akankah Kejayaan Console Sejuta Umat Ini Tumbang Juga Nantinya?

PS4 juga dapat melakukan update secara otomatis saat ditinggal dalam keadaan standby. Jadi kalau lagi jalan-jalan, bisa jadi pas sampai rumah game sudah siap untuk dimainkan.

Males main karena takut rebutan TV sama keluarga? Tenang aja, bro sis bisa menggunakan fitur Remote Play, jadi kalau bro sis punya PS Vita, bisa langsung dipakai sebagai layar sekaligus controller PS4. Dengan syarat kedua perangkat harus login ke-akun PSN yang sama dan ada di jaringan yang sama.

Nintendo Switch atau PS4 dualshock 4 monitor

(Sumber: playstation 4)

Sayangnya sama seperti Nintendo Switch, PS4 gak punya fitur yang mengizinkan sebuah konsol untuk memainkan game dari konsol pendahulunya.

Wah, kayaknya ada yang makin bingung nih. Lebih baik beli Nintendo Switch atau PS4 ya? Baik Nintendo Switch atau PS4 punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau kamu suka dengan game kasual dengan gimmick unik dan multiplayer oke, kamu bisa pilih Nintendo Switch atau PS4 jika kamu lebih suka game yang lebih menantang dengan grafis canggih.

Daripada bingung milihNintendo Switch atau PS4, gimana kalau beli dua-duanya aja? Mumpung dapet THR, hihi. Siapa tau kalau lagi bosen bisa diganti – ganti. Lumayan kan nunggu adzan maghrib yang masih lama. Daripada bengong nontonin iklan sirup. Hehe.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

my hero academia live action

My Hero Academia Live Action Tengah Digarap Studio Legendary?

Film My Hero Academia live action dikerjakan studio Legendary. Alex Garcia dan Jay Ashenfelter memproduseri adaptasi man.. more

TheNightComeForUs-Banner

The Night Comes For Us, Bukti Pertama Indonesia Di Mata Netflix

Timo Tjahjanto (yang selama ini dikenal sebagai Mo Brothers, sebutan untuk duetnya bersama Kimo Stamboel), kembali denga.. more

Preview Anime Baru di Musim Panas 2018 yang Patut Kalian Nantikan

Memasuki pertengahan tahun 2018 berarti pergantian musim bagi para penggemar anime. Berikut tiga judul anime baru yang d.. more

Sumber: youtube.com

[SPOILER ALERT] The Greatest Showman, Film Musikal Terbaik Di Penghujung Tahun 2017

Film musikal The Greatest Showman terbukti menjadi kejutan di akhir tahun 2017 dan mampu menyaingi film lain seperti La .. more

Ketidak adilan. Para Dewa Di Sekitar Kita. Sumber gambar: thegeekiary.com

Injustice: Saat Superman Kehilangan Akal Sehat Dan Menjadi Diktator

Storyline Injustice menunjukkan jika seseorang punya kekuatan/kekuasaan absolut, dia akan cenderung mengarah menuju dikt.. more