Mengenal Apex Legends, Game FPS Baru Nan Sensasional

3 days ago
apex legends

Minggir sebentar, Fortnite dan PUBG! Di saat kedua game battle royale tersebut saling beradu memperebutkan para gamer setia yang memainkan game mereka, ada satu game baru yang muncul secara diam-diam dan menawarkan pengalaman bermain game battle royale yang unik dan segar. Apex Legends, game besutan Respawn Entertainment ini baru beredar sekitar satu minggu yang lalu sejak tanggal 4 Februari 2019. Namun, saat ini jumlah pemainnya sudah mencapai 25 juta orang!

Sebenarnya apa sih yang bikin game Apex Legends menarik? Kenapa 25 juta orang berbondong-bondong bermain game yang muncul tiba-tiba dan minim promosi? Apa karena harganya yang gratis? Apa karena nama besar Respawn dan EA selaku penerbitnya? Yuk kita telisik satu per satu!

Fakta Keren Game Apex Legends

Gabungan Berbagai Genre Game

Seperti PUBG, tapi karakternya punya hero skill. Sumber: The Verge
Seperti PUBG, tapi karakternya punya hero skill. Sumber: The Verge

Sebenarnya jika boleh dikatakan, konsep dari Apex Legends sendiri tidaklah baru-baru amat. Game battle royale ini bakal mempertemukan puluhan gamer dalam satu map besar, dimana mereka bakal saling bertarung sampai tersisa satu pemenang. Bedanya, game ini menggunakan sistem squad based dimana kamu dan dua orang teman harus bekerja sama untuk menjadi tim terakhir yang tersisa di dalam map.

Selain itu, gamer bisa memilih satu dari senarai karakter dengan skill dan kemampuan spesial yang berbeda. Elemen ala hero shooter seperti Overwatch ini memungkinkan setiap anggota tim saling melengkapi kemampuan dan menutup kelemahan untuk menciptakan tim yang tak terkalahkan.

Kerjasama Itu Penting

Apex Legends punya sistem komunikasi yang intuitif. Sumber: Gamespot
Apex Legends punya sistem komunikasi yang intuitif. Sumber: Gamespot

Dalam Apex Legends, kerjasama merupakan hal yang sangat penting. Setiap anggota tim diharapkan bisa saling mendukung satu sama lain untuk meraih kemenangan. Untuk itu, berbagai fitur dalam Apex Legends memungkinkan gamer untuk berkomunikasi secara cepat dan intuitif dengan satu sama lain.

Apex Legends memiliki sistem Ping yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama rekan tim. Dengan saktu klik tombol, gamer bisa melakukan berbagai macam komunikasi seperti menentukan lokasi yang ingin dituju, hingga menandai senjata jarahan dan musuh. Informasi ping ini kemudian akan ditampilkan lewat notifikasi di layar hingga dialog dari karakter yang dimainkan.

Selain itu, jika satu anggota tim terluka, anggota tim yang lain bisa menyembuhkan mereka. Bahkan jika ada anggota tim yang mati pun, ia masih bisa bermain. Anggota tim yang tersisa harus mengambil banner milik teman mereka yang sudah mati dan membawanya ke Spawn Beacon yang tersebar di penjuru map untuk menghidupkan dia kembali.

Satu Dunia Dengan Titanfall

Apex Legends berbagi setting dengan Titanfall. Sumber: Windows Central
Apex Legends berbagi setting dengan Titanfall. Sumber: Windows Central

Apex Legends bersetting di dunia yang sama dengan Titanfall, game perdana Respawn Entertainment. Bersetting 30 tahun setelah game Titanfall 2, game ini menampilkan konsep game tersebut sebagai semacam acara olahraga atau hiburan, dimana para karakter hero dianggap seperti selebritis yang bertarung memperebutkan ketenaran.

Legends, para hero dalam game ini memiliki spesialisasi dan latar belakang berbeda. Misalnya ada ahli hologram Mirage, Wraith yang bisa berpindah dimensi, hingga robot serbaguna Pathfinder. Bicara soal robot, meskipun satu dunia dengan Titanfall, tidak ada robot raksasa Titan yang bisa dikendalikan di Apex Legends.

Gameplay yang Familiar Namun Unik

Pertarungan intens menanti… Sumber: GameCrate
Pertarungan intens menanti… Sumber: GameCrate

Bermain Apex Legends tidak akan terasa asing jika kamu sudah terbiasa bermain game battle royale. 20 tim bakal diluncurkan dari udara ke dalam map. Setelah mendarat, gamer harus mencari senjata, amunisi, serta armor untuk perlindungan. Dalam interval tertentu, safe zone akan terus mengecil dan memaksa tim untuk terus bergerak dan bertarung. Game akan selesai jika tersisa satu tim sebagai pemenang.

Di sinilah perbedaan antara Apex Legends dengan game battle royale lain. Masukkan kemampuan untuk memanggil teman yang sudah mati, hingga skill spesial setiap karakter, menjadikan game ini mengasyikkan bagi semua orang.

Gratis dan Potensi Cross Platform

Gratis, tis, tis! Sumber: Playstation Store
Gratis, tis, tis! Sumber: Playstation Store

Satu hal utama yang membuat Apex Legends digandrungi adalah game ini gratis! Game ini bisa dimainkan secara cuma-cuma melalui PC, Xbox One dan PS4. Selain itu, ada pula rencana untuk mengimplementasi cross play sehingga semua gamer dalam platform berbeda bisa bermain di satu server yang sama. Ada juga rencana untuk membuat versi mobile untuk ponsel iOS, Android, hingga konsol hybrid Nintendo Switch.


Nah, sudah akrab kan dengan Apex Legends? Tentunya dengan usianya yang seumur jagung, game ini telah berhasil menciptakan game yang viral dan juga segar. Apakah kamu sudah memainkan gamenya? Ceritakan kesan pesan kamu di kolom komentar!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(Sumber gambar: BGR)

Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

Jepang memang terkenal dengan video gamesnya. Gak meherankan kalau penjualan video games di Jepang sangat tinggi. Teruta.. more

00-d-buka-bersama-ciayo-corp

Buka Bersama CIAYO Corp, Menjalin Silaturahmi Dengan Komikus Indonesia

Acara buka bersama CIAYO Corp. diadakan tanggal 7 Juni lalu mempertemukan para pegawai CIAYO Corp. dengan komikus dan pa.. more

coco awards

Coco Masuk 13 Nominasi Annie Awards 2018

Salah satu film animasi yang beruntung masuk nominasi Annie Awards adalah Coco. Gak tanggung-tanggung nih, Coco mendapat.. more

[CONFIRMED] Pemeran Live Action Mulan Sudah Ditetapkan, Kenalan Yuk!

Para netizen banyak yang berprediksi, film tersebut kemungkinan besar gagal. Why?.. more

Mengungkap Hal Tabu dalam Anime Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura bakal ditayangkan lagi tahun depan loh! Bro sis udah dengar beritanya belum?.. more