Mengenal Budaya Jepang Lebih Dekat dalam Bonenkai Festival 12

6 months ago
CIAYO Pictures

Bonenkai Festival merupakan Festival Jepang yang paling besar di kota Bogor yang di adakan dari tahun ke tahun oleh STP Bogor dan LKP-BHI di Hotel Salak, Bogor sejak tahun 2006. Dan hingga saat ini telah berusia ke 12 tahun. Tahun ini, Bonenkai Festival yang ke-12 sukses membuat pengunjung mengisi waktu weekend-nya dengan kenangan yang tak terlupakan.

Gimana tak terlupakan coba? Bonenkai Festival ini memiliki segudang acara yang seru dan menarik tentang kesenian dan kebudayaan Jepang. Baru saja pada hari Sabtu dan Minggu kemarin, Bonenkai Festival 12th berhasil di adakan.

Dorama Jepang (Sumber: CIAYO Pictures)

Dorama Jepang (Sumber: CIAYO Pictures)

Acara ini diisi oleh berbagai macam pertunjukkan seru dari para guest star, mulai dari Rozen, Ellie and the gengs (Cosplayer keluarga Vocaloid), Perfame, Tabi Dance, hingga ke drama tentang Pahlawan Jepang oleh Universitas Pakuan yang berhasil menghebohkan dan membuat pecah suasana dalam ruangan.

Ada juga Bon Odori, Taiko Performance, Tari Legong, Cosplay Parade, yang nggak kalah seru juga. Pokoknya pengunjung disuguhi oleh berbagai jenis performance Jepang. Tapi, tenang saja karena acara ini di adakan di Indonesia, jadi beberapa penampilan juga dipadukan dengan kebudayaan Indonesia sehingga ada paduan yang unik antara budaya Jepang dengan Indonesia.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Acara yang diadakan dua hari ini, juga diisi oleh berbagai macam kompetisi, seperti ramen battle, dance cover, cosplay, coloring, hingga kompetisi karaoke. Gak hanya itu, Bonenkai juga ikut diramaikan oleh kurang lebih 20 bazaar makanan Jepang dan Indonesia disana. Sehingga bro sis puas menyicip berbagai macam jenis makanan Jepang, mulai dari Takoyaki, Ramen, Sushi, hingga makanan Indonesia juga ada, seperti siomay dan bakso.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Bro sis yang suka berbelanja, bisa membeli berbagai oleh-oleh dari merchandise anime kesayangan untuk keluarga, maupun sahabat. Suvenir-suvenir berkarakter anime yang dijual oleh bazaar pernik-pernik denga harga terjangkau ini sangat bervariasi. Mulai dari gantungan kunci, bantal, buku, kalender, masker, kipas, dompet, dan masih banyak barang lucu lainnya yang bisa membuat bro sis khilaf untuk belanja, lho.

Bro sis yang suka sama hal menantang juga bisa mengunjungi Sadako House. Lumayan, buat bro sis untuk uji nyali. Bro sis yang kemarin-kemarin datang ke festival ini, sudah mengunjunginya? Kalau penulis sih nggak berani. Belum cukup mental untuk ikutan. Hehehe.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Disamping itu, banyak sekali cosplayer yang berkelana sana-sini dan siap diajak foto oleh bro sis. Gak hanya cosplay anime Jepang, ada juga beberapa karakter cosplayer dari hero di game Mobile Legend, lho. Wah, Savage ya! Oh iya, bahkan ada juga yang cosplay sebagai pelantun musik Alone, Marshmello. Kapan lagi bisa foto sama karakter-karakter tersebut?  

Nah, walaupun pada hari ke dua Bonenkai Festival sempat hujan pada sore harinya, akan tetapi tidak membuat semangat pengunjung menurun. Malahan pengunjungnya semakin banyak dan ramai. Pengunjung yang membludak ini, menandakan bahwa betapa seru dan asiknnya Bonenkai Festival.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Bagi penulis, secara keseluruhan, Bonenkai Festival 12th sudah sangat bagus dan menarik. Hanya sayangnya, tema acara dari tahun ke tahun masih sama aja, bazar-bazarnya juga hampir masih sama sehingga kurang adanya pembaharuan. Disamping itu, pengunjung yang membludak membuat orang-orang kesulitan untuk berlalu-lalang di area sekitar. But, its really worth to visit terutama oleh bro sis yang cinta banget sama kebudayaan Jepang.

Kira-kira lagi ngapain hayo? (Sumber: CIAYO Pictures)

Kira-kira lagi ngapain hayo? (Sumber: CIAYO Pictures)

Nah, bro sis yang sudah mengunjungi Bonenkai Festival kemarin, coba share pengalamannya dikolom komentar ya! Kalau kamu belum sempat datang, jangan sedih. Kalian masih bisa datang di tahun depan. Psst, mungkin aja bro sis bakal ketemu juga sama tim CIAYO Blog.

About Author

Tivanny Claranita

Tivanny Claranita

"Nothing ever lasts forever, so enjoy your life!"

Comments

Most
Popular

(gameranx.com)

Bakalan Keren Kalo Karakter-Karakter Ini Jadi DLC di TEKKEN 7!

Sebelumnya, udah pernah dibahas di sini kalo kemunculan Akuma, Eliza, dan Geese Howard membuka kemungkinan untuk TEKKEN.. more

Konferensi pers World of Ghibli Jakarta. Photo by CIAYO Pictures

Q & A Studio Ghibli: Transfer Knowledge, Film Baru, Sampai Disney

Kami baru tahu kalau Toshio Suzuki ternyata savage juga. Buuurn!.. more

Sumber: money.cnn.com

Fenomena Overwork di Korea yang Semakin Parah

Liburan biasanya menjadin momok yang paling ditunggu oleh semua orang. Tapi beda dengan di negara ini. Masyarakatnya jus.. more

The Kasuaris – Episode 2: Keblinger

Ravi nggak sadar apa yang udah terjadi semalem. Kepalanya masih keblinger. Ingatannya tentang hal-hal semalem belum terk.. more

Sumber: rte.ie

The Beatles, 4 Rocker Jenius Liverpool yang Sukses Merevolusi Wajah Musik Dunia

The Beatles, simbol revolusi musik di tahun 1960-an. .. more