Mengenal Catherine: Game Puzzle Dengan Cita Rasa Dewasa

12 months ago
Sumber: Youtuber

Bro sis doyan main game puzzle?

Game puzzle memang menyenangkan karena selain memang seru dimainkan, game puzzle juga seringkali berfungsi melatih koordinasi mata-tangan-otak kita secara simultan. Game puzzle juga secara nyata menjadikan kita cekatan mengambil keputusan di tengah kondisi sulit ataupun darurat.

Tapi harus diakui pula, kalau desain game puzzle kebanyakan “itu-itu saja”. Sama dan seragam. Saat Tetris rilis, lihat saja berapa banyak clone dari Tetris yang berserakan di berbagai platform gaming. Rata-rata sama dan serupa. Jarang ada game puzzle dengan gebrakan gameplay ataupun visual yang membedakannya dari game puzzle lain.

Game puzzle paling terkenal. Sumber gambar: sickchirpse.com

Game puzzle paling terkenal. Sumber gambar: sickchirpse.com

Disinilah game Catherine menunjukkan kelas yang berbeda dibandingkan game puzzle lain walaupun sebenarnya gameplay yang dia tawarkan tidaklah terlalu revolusioner.

Kebiasaan sebuah game puzzle adalah tidak adanya background story yang mengiringi game tersebut. Game puzzle biasanya hanya memberikan pemainnya sejumlah kesulitan untuk diselesaikan, dan biasanya dalam rentang waktu tertentu. Game Catherine memberikan sebuah storyline lengkap layaknya sebuah game RPG ataupun petualangan. Sesuatu yang tentu saja jarang terjadi di game puzzle. Namun hal ini akan bisa dipahami, begitu mengetahui siapa developer dan publisher game puzzle ini.

Game puzzle dengan storyline ala RPG. Sumber gambar: nowgamer.com

Game puzzle dengan storyline ala RPG. Sumber gambar: nowgamer.com

Game Catherine dirilis tahun 2011 oleh studio yang juga mengerjakan game Persona series. Persona series sendiri adalah game RPG populer dari Atlus. Pembuatan Catherine dimulai saat pihak developer selesai mengerjakan game Persona 4 dan mereka ingin mencoba sesuatu yang baru di mesin generasi terbaru (saat itu), alias Xbox 360 dan PlayStation 3. Tujuan “sesuatu yang baru” itu adalah sebuah game yang bukan merupakan RPG seperti yang biasa mereka kerjakan, dan berorientasi dewasa karena selama ini game RPG yang mereka kerjakan ditujukan untuk pasar gamer usia remaja.

Domba sekalipun doyan duit. Sumber gambar: allagegaming.com

Domba sekalipun doyan duit. Sumber gambar: allagegaming.com

Tiga tokoh kunci di pembuatan game baru tersebut merupakan veteran dari serial game Persona. Sutradara Katsura Hashino sebelumnya dikenal menyutradarai game Persona 3 dan Persona 4. Desainer karakter Shigenori Soejima juga bekerja untuk game yang sama seperti yang ditangani Katsura Hashino. Dan komposer musik Shoji Meguro sudah sering mengisi bagian audio di game-game Atlus seperti Persona dan Megami Tensei.

Katsura Hashino. Sumber gambar: personacentral.com

Katsura Hashino. Sumber gambar: personacentral.com

Tema ataupun storyline di game puzzle ini adalah soal cinta segitiga dan kesetiaan pada pasangan. Karakter utama di game Catherine bernama Vincent Brooks. Vincent memiliki pacar bernama Katherine McBride, yang mempertanyakan kapan Vincent akan menikahinya karena mereka sudah pacaran lama (dan sudah saling mengenal sejak zaman sekolah).

Pacaran sudah lama. Saatnya lebih. Sumber gambar: pinoytutorial.com

Pacaran sudah lama. Saatnya lebih. Sumber gambar: pinoytutorial.com

Di saat Vincent galau, dia malah berkenalan dengan perempuan muda cantik dan seksi bernama Catherine (dan berakhir dengan ‘one night stand’ bersamanya). Situasi semakin bertambah pelik dalam hidup Vincent karena masalah-masalah yang timbul; termasuk terancamnya nyawa dia.

Jumpa di bar. Berakhir di apartment. Sumber gambar: catherine.wikia.com

Jumpa di bar. Berakhir di apartment. Sumber gambar: catherine.wikia.com

Dengan storyline drama seperti ini, dimana letak puzzle nya?

Jawabannya ada di gameplay yang berlangsung di mimpi buruk Vincent di malam hari. Di dalam mimpinya, Vincent akan berada di satu dunia Nightmare. Disanalah gameplay Catherine berada.

Gameplay Catherine. Sumber gambar: mobygames.com

Gameplay Catherine. Sumber gambar: mobygames.com

Sebelum memasuki Nightmare, Vincent akan menjalani kehidupan biasa. Hangout bareng teman di bar, mendengarkan musik, mengirim dan menerima pesan (termasuk selfie seksi dari Catherine)… Namun saat malam tiba dan dia tertidur, Vincent akan berada di dalam mimpi buruk, dan disinilah gameplay puzzle game Catherine berada.

“Anda mendapatkan pesan”. Sumber gambar: mobygames.com

“Anda mendapatkan pesan”. Sumber gambar: mobygames.com

Di alam Nightmare, Vincent harus memanjat deretan tangga yang secara konstan akan terus runtuh perlahan-lahan. Untuk naik hingga ke puncak, Vincent harus mendorong-menarik-memanjat balok-balok yang berfungsi sebagai tangga untuk naik ke puncak teratas. Hal ini tidak mudah karena selain lantai yang terus menerus akan rubuh (sehingga dia tidak bisa berlama-lama berada di satu lokasi yang sama), Vincent juga harus mampu menghindari jebakan-jebakan yang ada seperti tombak ataupun penghalang lainnya untuk menuju area teratas sambil mengatasi Stage Boss.

Naik terus! Awas jatuh! Sumber gambar: hg101.kontek.net

Naik terus! Awas jatuh! Sumber gambar: hg101.kontek.net

Ada pula “Karma Meter” dimana meteran ini terisi dan dipengaruhi oleh apa saja yang dilakukan Vincent selama seharian (sebelum event Nightmare dimulai). Faktor yang mempengaruhi misalnya apa saja yang dijawab Vincent jika ada pertanyaan yang diajukan kepadanya. Ending dari game dipengaruhi dari hal ini. Ada tiga ending utama di game ini, dengan satu ending rahasia.

Jadi baik? Jadi jahat? Pilih sendiri! Sumber gambar: catherine.wikia.com

Jadi baik? Jadi jahat? Pilih sendiri! Sumber gambar: catherine.wikia.com

Game Catherine sangat sulit; bahkan pihak Atlus Jepang sampai terpaksa mengeluarkan patch alias perbaikan dengan menambahkan mode Super Easy setelah game-nya keluar di pasaran. Versi non Jepang dari Catherine sudah memiliki mode tersebut.

Terlihat komedik, tapi game puzzle ini termasuk sulit. Sumber gambar: zerochan.net

Terlihat komedik, tapi game puzzle ini termasuk sulit. Sumber gambar: zerochan.net

Berita terkini menyebutkan kalau game Catherine akan di-remaster untuk console current gen PlayStation 4 dan PlayStation Vita dengan judul “Catherine: Full Body”. Akan ada tambahan hal baru di versi ini berupa “karakter ketiga.” Detilnya akan menyusul.

Hanya untuk PS4 dan PSV. Sumber gambar: personacentral.com

Hanya untuk PS4 dan PSV. Sumber gambar: personacentral.com

Jadi kalau bro sis ingin mencoba game puzzle yang tingkat kesulitannya menantang, dengan desain yang cakep serta memiliki plot cerita yang dramatis (serta seksi), maka bro sis wajib nyobain game Catherine dari Atlus ini. Dijamin bakal terhibur. Happy gaming!

Beda console, beda cover. Sumber gambar: famitsu.com

Beda console, beda cover. Sumber gambar: famitsu.com

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Black Desert Mobile Google Play Page

5 MMORPG Mobile Baru Yang Patut Kamu Tunggu di 2018!

Setiap hari kalian pasti sering memainkan berbagai macam game mobile, mulai dari puzzle, endless runner, MOBA dan tentun.. more

00-d-ikkubaru-let-it-swing

Siapkan Album Kedua, ikkubaru Rilis Single Let It Swing

Band asal kota Bandung, ikkubaru, merilis single terbaru Let It Swing. Single ini jadi yang pertama untuk mempromosikan .. more

Audiobook Ready Player One. Sumber gambar: kissmywonderwoman.com

Mengupas Trailer Ready Player One yang Seru Banget!

“Ready Player One” sejatinya bukanlah film yang berasal dari video game. Elemen video game di film ini adalah tema. .. more

CIAYO Comics One-Shot Challenge

Tips & Trik Menangin CIAYO Comics One-Shot Challenge

Guys and gals, CIAYO Comics ngadain One-Shot Challenge loh…Pada tahu nggak apa itu komik one-shot? Ato dari mana aja b.. more

Yogadanu: Di Balik Kesuksesan Soekirman, Mbok De dan Galaxin

Ga cuma pinter bikin cerita, tapi pria kelahiran Bogor ini memang pandai dalam mengelola Intellectual Property... more