Mengenal Lebih Dalam Mengenai Seni Tattoo Tradisional Jepang

3 months ago
Sumber: pinterest

Kalau menonton film action yang ada kemunculan Yakuza di dalamnya, biasanya kita bisa melihat kalau beberapa Yakuza memiliki tattoo. Apakah tattoo yang mereka pakai punya makna tersendiri bagi kelompoknya dan masyarakat Jepang?

Jadi, di Jepang, seni pembuatan tattoo sendiri masih mendapat pandangan negative di masyarakat. Bahkan menurut sejarahnya, tattoo digunakan untuk menandakan orang yang memberontak atau seorang kriminal. Karena pembuatan Tattoo ini menggunakan jarum dan memiliki resiko penyakit, pada abad ke-19 pemerintah Jepang mulai melarang pembuatan tattoo. Namun saat ini pemerintah negeri Jepang mulai  menerima seni tattoo dengan syarat seniman pembuat tattoo harus memiliki izin legal dan hanya boleh membuka toko underground.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Irezumi atau seni tattoo tradisional Jepang masih sangat lekat dengan simbol dan stereotype dari Yakuza. Padahal sebenarnya stereotype ini adalah hasil dari film-film yang menampilkan kehidupan Yakuza dan gangster di Jepang.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Padahal menurut sejarahnya, awal kemunculan tattoo tradisional ini berasal dari suku Ainu di Hokkaido. Wanita di suku Ainu membuat tattoo di kulit mereka atas kepercayaan yang mereka miliki dan demi alasan spiritualitas. Mereka percaya dengan menggambar tattoo di wajah atau tangan mereka, nantinya arwah mereka akan dengan mudah untuk pergi ke alam lain setelah meninggal nanti.

Perbedaan dari tattoo tradisional Jepang dengan tattoo asal dunia barat adalah tattoo buatan Jepang hanya memiliki satu gambar. Dimana gambar tersebut memiliki design yang besar sehingga bisa meng-cover seluruh tubuh bagian depan maupun belakang/punggung seseorang sekaligus.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Bagi kehidupan gangster atau Yakuza, memiliki tattoo yang besar di tubuh mereka bisa menambah kepercayaan diri. Selain itu, memiliki tattoo juga bisa menambah kesan kuat dan mengintimidasi. Karena banyaknya traits negatif terhadap seni tattoo ini di Jepang, memiliki tattoo memang bisa mempersulit kehidupan masyarakat Jepang. Contohnya saat melamar pekerjaan atau bahkan untuk sekedar mandi di sebuah hot springs, di tempat gym, atau tempat rekreasi publik lainnya.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Beberapa tattoo memiliki makna khusus loh. Tattoo naga misalnya, dalam berbagai budaya di wilayah Asia, Naga memiliki arti dari kekuatan dan kemakmuran. Dalam tattoo tradisional Jepang, naga digambarkan sebagai sosok yang dermawan dan menggunakan kekuatannya untuk hal baik. Naga juga digunakan sebagai simbol sebuah perlindungan. Ada juga ikan koi yang menggambarkan kekuatan dan keberanian. Maskulinitas yang tergambar dari ikan Koi berasal dari habit asli mereka, yaitu berani untuk melawan arus besar di sungai. Ikan ini juga menggambarkan strong will untuk sukses dan mendapatkan apa yang kita inginkan.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Komik Strip Indonesia di Instagram. Haruskah Lucu?

Komik strip digital udah membanjiri Instagram. Di artikel ini, gua mau bahas "Komik strip macam apakah yang paling banya.. more

(Youtube)

7 Hal Tersirat Yang Ada di Lagu Taylor Swift “Look What You Made Me Do”

Look who’s back! Setelah lama tidak terdengar kabarnya, Taylor Swift comeback dengan debut single terbarunya yang berj.. more

Canti Clarinta. Sumber: Canti Clarinta

Canti Clarita, Illustrator Fan art Kpop Dengan Kearifan Budaya Lokal

Pernah melihat fan art buatan fans kpop? Mungkin kamu sudah biasa. Nah, gimana kalau melihat fan art kpop dengan kearifa.. more

Sabrina – Chapter 11: Jatuh Cinta Seperti Minum Soda

Setelah hampir seminggu tinggal di Bali, ia menyadari banyak hal. Ada kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa ia bandingka.. more

Karakter karangan Fujiko F Fujio (koi-nya.net)

Fujiko F Fujio, Ayah Doraemon

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali… Hayo…ada yang tahu lirik lagu salah satu k.. more