Kini Lucifer Sudah Punya TV Series Loh, Iblis Berada Dekat dengan Manusia!

5 months ago
Sumber gambar: wall.alphacoders.com

Ada banyak tema drama yang dibuat oleh sineas perfilman dunia saat ini. Walau terasa mirip antara satu dengan lainnya tapi rata-rata drama di film bioskop maupun televisi masih seru untuk diikutin karena punya ciri khas masing-masing. Tema-tema tersebut biasanya berupa sitcom alias komedi situasi, drama keluarga, drama pengadilan/kepolisian, kisah horor, adaptasi superheroes comic, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan drama tersebut bermain ‘aman’ walau beberapa dari mereka mencoba menampilkan tema yang lebih ‘edgy’. Dan serial TV “Lucifer” ada di kategori ini.

Deretan pemeran di serial TV Lucifer Season 1. Sumber gambar: pogdesign.co.uk

Deretan pemeran di serial TV Lucifer Season 1. Sumber gambar: pogdesign.co.uk

Serial TV Lucifer cukup membingungkan untuk dikategorikan. Resminya sih menurut kreatornya, Tom Kapinos, Lucifer adalah ‘American fantasy police procedural drama’. Tema ini bukan tema asing di dunia drama televisi dunia. Tapi yang membuat Lucifer jadi tampil berbeda dari kebanyakan drama sejenis adalah konten yang mereka bawa. Karena tokoh utama dari drama ini merupakan sosok yang kontroversial, serta termasuk karakter yang ada dalam referensi reliji. Sosok yang buat banyak kepercayaan manusia disebut sebagai iblis. Setan, Demon. Dan banyak sebutan lainnya.

Perkenalkan Lucifer Morningstar.

Si tampan dengan aksen British yang kental. Sumber gambar: lucifer.wikia.com

Si tampan dengan aksen British yang kental. Sumber gambar: lucifer.wikia.com

Tokoh ini berasal dari serial komik “The Sandman” ciptaan Neil Gaiman & Sam Kieth terbitan anak usaha DC Comics bernama Vertigo. Lucifer kemudian memiliki komiknya sendiri, sebagai spin-off dari The Sandman. Memiliki konten berat karena bersinggungan langsung dengan ‘Christian Theology’, komik ini mengeksplor karakter Lucifer mulai dari saat dia adalah God’s Favorite Angel hingga hukumannya menjadi ‘Kepala Penjara bernama Neraka’. Garis besar dari komik ini adalah kisah soal Lucifer yang kemudian meninggalkan tugasnya di Neraka dan pergi ke dunia manusia.

Komik Lucifer dari penerbit Vertigo. Sumber gambar: getcomics.info

Komik Lucifer dari penerbit Vertigo. Sumber gambar: getcomics.info

Berdasakan premise inilah serial TV Lucifer diciptakan.

Serial TV Lucifer premiere Januari 2016 melalui stasiun televisi Fox. Serial ini tidak sama persis dengan versi komiknya namun memiliki banyak kesamaan. Karakter Lucifer Morningstar di versi drama TV ini dihidupkan dengan super keren sekali oleh aktor Inggris Tom Ellis. Penjiwaan Ellis untuk karakter ‘malaikat-jadi-raja-iblis’ yang easy going, smart, dan ditambah lagi dengan aksen British-nya yang seksi membuat karakter Lucifer ini instant lovable dengan aura ‘bad boy’ yang pekat.

Tom Ellis sempurna memerankan karakter ini. Sumber gambar: andpop.com

Tom Ellis sempurna memerankan karakter ini. Sumber gambar: andpop.com

Dan mungkin karena itulah sempat ada petisi dari American Family Association (AFA) pada 28 Mei 2016 yang meminta agar serial TV ini tidak boleh ditayangkan. Alasan mereka adalah “Serial TV ini men-glorifikasi/memuja Setan sebagai karakter yang peduli dan mudah disukai dalam balutan tampilan sosok manusia”. Tapi sepertinya usaha mereka sia-sia saja karena serial ini tetap premiere sesuai jadwal dan meraih perhatian serta popularitas.

Lucifer is not give a damn. Sumber gambar: youtube.com

Lucifer is not give a damn. Sumber gambar: youtube.com

Serial ini memang secara eksplisit menggambarkan karakter-karakter yang ada di ajaran Teologi. Selain Lucifer sendiri, ada pula karakter saudaranya bernama Amenadiel yang merupakan Angel of God tertua. Amenadiel berusaha keras agar Lucifer meninggalkan dunia manusia dan kembali ke Neraka untuk menjalankan tugas yang diberikan God kepadanya. Suatu usaha yang sia-sia karena Lucifer ngotot tetap mau tinggal di dunia manusia dan emoh kembali ke Neraka.

Children of God. Sumber gambar: lucifer.wikia.com

Children of God. Sumber gambar: lucifer.wikia.com

Serial ini tentu nggak melulu berisikan deities being. Ada pula karakter-karakter manusia di dalamnya. Seperti misalnya Detektif Chloe Decker, yang menjadi “partner” Lucifer di kepolisian LAPD. Di LAPD, Lucifer memiliki status sebagai ‘konsultan sipil’. Jadi secara tidak langsung, Lucifer ikut bekerja bagaikan polisi walaupun aslinya dia adalah pemilik nightclub bernama LUX. Ada juga karakter Detektif Daniel Espinoza yang merupakan mantan suami Chloe yang juga berprofesi sebagai polisi.

Det. Espinoza & Det. Decker dari LAPD. Sumber gambar: de.fanpop.com

Det. Espinoza & Det. Decker dari LAPD. Sumber gambar: de.fanpop.com

Karakter manusia lainnya adalah psikiater Dr. Linda Martin yang menjadi tempat Lucifer menyampaikan unek-uneknya. Yang unik adalah, Lucifer berkali-kali mendeskripsikan dirinya sebagai The Devil kepada orang-orang (termasuk Detektif Chloe dan Dr. Martin) namun tidak ada yang percaya; sampai Lucifer menunjukkan wajah aslinya kepada Linda yang jadi shock berat dan menyadari kalau apa yang dikatakan Lucifer selama ini bukanlah metafora melainkan nyata sehingga dia percaya kalau Lucifer bukanlah manusia biasa.

Dr. Linda Martin. Sumber gambar: nerdist.com

Dr. Linda Martin. Sumber gambar: nerdist.com

Lucifer punya bodyguard/sidekick berupa Hell Demon liar seksi bernama Mazikeen (sering dipanggil dengan sebutan Maze). Mazikeen mengikuti Lucifer pergi dari Neraka, pindah ke Los Angeles dan mengabdi padanya. Walaupun sering berselisih pendapat dan bersitegang, namun hubungan Lucifer dengan Maze sangat dekat. Mazikeen juga sempat pacaran dengan Amenadiel walau keduanya sadar kalau Demon & Angel nggak boleh punya hubungan.

Dua pejabat Neraka. Sumber gambar: michigandaily.com

Dua pejabat Neraka. Sumber gambar: michigandaily.com

Plot yang diusung serial TV Lucifer kebanyakan berupa ‘murder solving case’. Lucifer sering membantu kepolisian menyelesaikan kasus pembunuhan yang didapatkan LAPD dengan skill-nya yang unik, yaitu kemampuan membuat orang mengatakan kejujuran. Lucifer akan menatap mata seseorang dan bertanya “What is your desire / really want?” maka orang tersebut akan menjawab apa yang jadi keinginan terdalamnya tanpa bisa berbohong di depan Lucifer.

Kemampuan memaksa orang berkata jujur. Sumber gambar: youtube.com

Kemampuan memaksa orang berkata jujur. Sumber gambar: youtube.com

Lucifer juga sering kesal sering disalahkan sebagai pihak yang menyebabkan manusia berbuat kejahatan. Satu dialog mengenai itu menyebutkan “Kenapa harus aku yang disalahkan untuk perbuatan jahat manusia? Semua salah iblis. Salah setan. Kenapa manusia nggak mau bertanggung-jawab pada kesalahan dan kejahatan mereka sendiri? Mereka punya ‘free will’ jadi mereka tidak bisa menyalahkan aku!” Filosofis sekali ya, bro sis? Hehehe.

Meme dari serial TV Lucifer. Sumber gambar: pinterest.com

Meme dari serial TV Lucifer. Sumber gambar: pinterest.com

Kalau bro sis suka dengan drama televisi dengan tema yang unik, tidak biasa dan seru maka serial TV Lucifer boleh jadi satu pilihan. Saat ini Season 3 dari Lucifer sedang tayang, dan sedang seru banget karena ada “pendosa pertama yang hidup abadi karenanya”. Siapakah dia? Bro sis harus nonton sendiri ya.

Aktor & aktris Lucifer Season 3. Sumber gambar: tvseriesfinale.com

Aktor & aktris Lucifer Season 3. Sumber gambar: tvseriesfinale.com

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Marvel’s The Defenders. Sumber gambar: inquisitr.com

Marvel’s The Defenders vs Marvel’s The Avengers

Teman-teman yang doyan baca komik Amrik atau nonton film Hollywood sepertinya sudah mengenal nama “The Avengers”. Se.. more

00 d hari komik dan animasi nasional

20 Tahun Hari Komik dan Animasi Nasional: Momentum Peringatan Dengan Segala Pro dan Kontra

Sejak tahun 1998, tanggal 12 Februari diperingati sebagai Hari Komik dan Animasi Nasional. Apa latar belakang gerakan na.. more

Sumber: TheHindu

Menjadikan Indiana Jones Karakter Wanita: Ide Buruk atau Sebaliknya? Steven Spielberg Tidak Keberatan!

Sebagai salah satu karya besar sutradara film Steven ‘Spesialis Box Office’ Spielberg bersama George Lucas, IP dan f.. more

Sumber: CIAYO Comics

Know Your Judges #6: Imansyah Lubis

Juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Imansyah Lubis adalah tokoh penting di balik layar industri komik Indonesia, serta pr.. more

(gameranx.com)

Bakalan Keren Kalo Karakter-Karakter Ini Jadi DLC di TEKKEN 7!

Sebelumnya, udah pernah dibahas di sini kalo kemunculan Akuma, Eliza, dan Geese Howard membuka kemungkinan untuk TEKKEN.. more