Mengenang Kembali Karya Mice di Pameran 20 Tahun Mice Berkarya

3 months ago
20 Tahun Mice Berkarya - Karya Spesial

Jumat, 20 Juli 2018 menjadi saksi atas prestasi dari Muhammad ‘Mice’ Misrad, seorang kartunis dibalik karya legendaris, Mice. Sudah 20 tahun berkarya, gak heran kalau Muhammad ‘Mice’ Misrad atau yang biasa disapa “Mas Mice” ini berhasil memamerkan berbagai karyanya dalam Pameran Indonesia Senyum – 20 Tahun Mice Berkarya.

Diselenggarakan oleh Octopus Garden dengan menggandeng Galeri Nasional Indonesia, pameran ini juga merayakan pencapaian Mice yang tetap konsisten membicarakan isu urban, politik, dan gaya hidup dalam visual kartun.

20 Tahun Mice Berkarya - Galeri Nasional Indonesia

Suasana di Galeri Nasional Indonesia (Sumber: CIAYO Pictures)

Berbagai macam karya dapat kamu temukan, mulai dari karya pada masa awal karir, karya yang sudah terkenal hingga karya teranyar Mice pun ditampilkan pada pameran di Galeri Nasional Indonesia ini.

20 Tahun Mice Berkarya - Muhammad Misrad

Muhammad “Mice” Misrad.

Karya-karya yang dipamerkan mencakup lima kategori yaitu kartun politik, kartun keseharian urban, kartun yang membicarakan gadeget, kartun aneka profil hingga kartun dalam media digital. Kartun Politik yang rutin dibuat Mice sejak krisis ekonomi 1997 dan reformasi yang menyusul setelahnya. Melalui karakter Roni, Mice menampilkan persektif masyarakat akar rumput dalam melihat isu politik dan perilaku para politisi yang bermacam-macam. Gak heran kalau karya-karnya banyak yang menyentil.

20 Tahun Mice Berkarya - Gambar Menyentil

Salah satu karya Mice yang menyentil. (Sumber: CIAYO Pictures)

Karakter Mice sebagai kartun lebih banyak menampilkan dirinya dalam keseharian urban. Lugu, sok tahu dan norak merupakan sifat Mice yang dapat membuat pembaca  tersenyum karena tingkahnya. Apalagi kalau sudah ditampilkan dalam panel-panel kartun yang merespon perilaku warga urban.

Indonesia Senyum – 20 Tahun Mice Berkarya

Tahu gak sih katanya pameran ini sudah direncanakan dari 2 tahun yang lalu, loh. Kebayang gak gimana terencananya? Usut punya usut, Mas Mice sendiri sebenernya gak maul oh membuat pameran. Sang rekan Leo  Tigor, sempat mengajaknya untuk membuat pameran namun dia tolak. Bang Tigor pun gak mau nyerah gitu aja. Beliau mengajukan proposal ke Galeri Nasional Indonesia. Gak disangka, proposalnya disambut dengan tangan terbuka. Akhirnya pameran untuk memperingati 20 tahun Mice berkarya ini pun dapat diwujudkan.

20 Tahun Mice Berkarya - Mice Tigor

Mice dan Tigor di acara pembukaan pameran 20 Tahun Mice Berkarya. (Sumber: CIAYO Pictures)

Pengambilan tema “Indonesia Senyum” sendiri dibuat untuk mengingatkan para pengunjung untuk tersenyum di tengah hiruk-pikuk dan kemelut kehidupan warga Indonesia saat ini.

20 Tahun Mice Berkarya - Indonesia Senyum Arti

Indonesia Senyum. (Sumber: CIAYO Pictures)

Melalui komik, kartun profil, arsip, game, dam animasi, pameran ini menawarkan kelucuan khas Indonesia yang tidak banyak dijumpai di media lain. Lokakarya kartun, peluncuran buku, dan tur pameran bersama Evelyn Huang dan Yulian Ardhi sebagai kurator akan melengkapi pameran ini.

20 Tahun Mice Berkarya - Mice dan Kurator

Kiri ke kanan, Mice – Evelyn dan Yulian. (Sumber: CIAYO Pictures)

Salah satu kreasi Mice yang tidak pernah gagal membuat orang setidaknya tersenyum adalah kartun yang menggambarkan gaya dandan, profesi, dan profil unik orang Indonesia dengan pembedahan stereotype khas Mice.

Merespon tuntuan media digital saat ini, kartun Mice juga sudah tampil di platform komik digital CIAYO Comics dengan nama Rumah Mice, loh. Gak nanggung-nanggung, CIAYO Comics bahkan ikut mendukung pameran kali ini. Gak percaya? Coba cari arena mewarnai. Arena yang khusus dibuat oleh CIAYO Comics ini terinspirasi dari komik Mice. Di sini kamu bebas mewarnai gambar yang sudah disediakan di tembok. Jadi berasa nostalgia, deh.

20 Tahun Mice Berkarya - Mencari Mice

Games “Mencari Mice” yang baru bisa dicoba di Pamera. (Sumber: CIAYO Pictures)

Psst, ada juga game dari CIAYO Games yang akan dinamakan “Mencari Mice”. Sayangnya game ini belum sempurna alias masih dalam tahap percobaan. Tapi jangan khawatir, khusus di Pameran 20 Tahun Mice Berkarya, kamu bisa mencoba permainan ini secara eksklusif. Kabarnya sih game ini siap dinikmati di awal tahun depan. Kita tunggu aja, ya gimana serunya.

20 Tahun Mice Berkarya - Gurita

Karya Mice yang “berwarna”. (Sumber: CIAYO Pictures)

Pameran 20 Tahun Mice Berkarya ini dapat dikunjungi sampai tanggal 4 Agustus 2018 dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam. Bagus banget buat kamu yang suka dengan komedi yang nyentil dan gambar yang asik. Kapan lagi kan ke tempat yang pas untuk menuhin feeds Instagram, nambah konten baru buat vlog Youtube, juga ide untuk thread di Twitter? Siap-siap jadi viral!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber: idownloadblog

iPhone X: Saat Apple Tidak Bermain (Lagi) Di Kekuatan Hardware Smartphone Premium

Jadi, apakah iPhone X tidak layak dimiliki karena hardware, dan bahkan desain, yang ditawarkan tidak lebih baik dari sej.. more

00-ultra-space-battle-brawl

Ultra Space Battle Brawl Jadi Salah Satu Game Indonesia Pertama Yang Hadir di Switch

Toge Productions merilis game Mojiken Studio berjudul Ultra Space Battle Brawl yang sekarang bisa dibeli untuk Nintendo .. more

Shenmue III (Sumber: kickstarter)

Trailer Shenmue III Dirilis Dan Reaksi Fans Terbelah

Akhirnya trailer untuk game Shenmue III sudah dirilis oleh Yu Suzuki di internet beberapa saat yang lalu. Mungkin masih .. more

Finalis Kontes Game Google, CHIPS: Monster Tap Masuk 15 Besar

Game perdana CIAYO Games, CHIPS: Monster Tap, dinominasikan sebagai finalis 15 Game Terbaik di Indonesia lho!.. more

(www.blmangafest.com)

Rumah Animasi Budi Luhur, Pelopor “Budi Luhur Manga Fest 2017”

Bro sis yang suka manga, Budi Luhur mengadakan Manga Festival 2017. Ini adalah kompetisi membuat manga online. Ada apa a.. more