Menggambar Komik Webtoon Dalam 3 Hari? Apa Rahasianya?

4 months ago
00-d-menggambar-komik-webtoon

Dengan semakin maraknya industri perkomikan Indonesia, para komikus dituntut untuk semakin profesional setiap harinya. Komik Indonesia kini bisa dibaca dimana saja dan kapan saja lewat aplikasi webtoon seperti CIAYO Comics misalnya. Karena membaca komik menjadi semakin instan, komikus harus mampu berpacu dengan waktu menggambar komik webtoon setiap minggunya.

Pertanyaannya adalah, apakah para komikus Indonesia sudah sanggup memenuhi beban kerja layaknya komikus shonen mingguan? Walaupun sama-sama membuat komik setiap minggu, para komikus shonen seperti Masashi Kishimoto dan Eichiro Oda misalnya, hanya menggambar dalam medium warna hitam putih. Sementara itu, para komikus webtoon juga harus mewarnai komik mereka.

Bagi komikus profesional, memenuhi tuntutan satu minggu satu chapter mungkin tidak masalah, walaupun bukan perkara mudah. Namun hal ini juga menjadi momok bagi komikus pemula yang mungkin lebih terbiasa bekerja untuk menghasilkan karya sesempurna mungkin. Dengan waktu yang jadi tuntutan, para komikus bekerja ekstra keras tiap hari dari membuat storyboard, proses menggambar, sampai ke proses finishing. Kadang kala kualitas gambar jadi korbannya untuk efisiensi dan kecepatan.

Menggambar Komik Webtoon Dalam 3 Hari?

Belum lama ini, komikus dan ilustrator Desyca Natalia membagikan kiat-kiat dalam menggambar komik webtoon. Ia mengklaim bahwa sangat memungkinkan untuk membuat webtoon dengan panjang 50 ribu pixel/50 panel dalam kurun waktu 3 hari saja, dengan standar kualitas gambar yang layak terbit.

menggambar komik webtoon jadwal

Sumber: Desyca Natalia

Desyca mengungkapkan menu penggarapan komik webtoon 3 hari tersebut, yang terdiri dari proses pembuatan storyboard dan typesetting di hari pertama, lineart di hari kedua, dan coloring serta finishing di hari ketiga. “Menu pengerjaan ini sangat ketat. Ga boleh bobo sampai kelar task hari itu,” tulis Desyca menekankan pentingnya disiplin selama mengerjakan webtoon.

menggambar komik webtoon name

Sumber: Desyca Natalia

Desyca kemudian mem-breakdown setiap proses menggambar komik webtoon tersebut dalam 3 hari. Dalam proses pembuatan storyboard (atau name), Desyca menyarankan pengerjaan sekitar 4-6 jam. “Dibuat serapi mungkin buat yang ga bisa gambar tanpa sketsa, biar bisa langsung timpa lineart,” jelas Desyca. Ia juga menekankan pentingnya punya editor yang fast response dan bisa bekerja cepat agar target 3 hari bisa terpenuhi.

menggambar komik webtoon tools

Sumber: Desyca Natalia

Dalam proses lineart, Desyca mengungkapkan senjata rahasia untuk mempermudah lineart. Dengan menggunakan tools dalam aplikasi Clip Studio Paint seperti vector layer dan 3D anatomy. Proses pengerjaan background pun bisa dipersimpel dengan menggunakan aset material dan me-render background menggunakan aplikasi 3D seperti Sketchup.

menggambar komik webtoon paneling

Sumber: Desyca Natalia

Desyca juga mengungkap teknik paneling yang efisien, yakni memanfaatkan close up ke objek, bust shot serta back shot. Menggambar setengah badan, bagian punggung, atau close up anggota tubuh seperti mata dan mulut dalam satu panel bisa menghemat waktu.

Baca Juga: Tips dan Langkah Membuat Komik One-Shot Dalam Format Webtoon

“Kalau gak kuat 50 panel coba aja dulu 30 panel. Lama-lama naik,” himbau Desyca di akhir postnya. Namun ia tidak menganjurkan untuk mengikuti menu pengerjaan ini sering-sering, kecuali kalau sedang kepepet. Desyca juga menyarankan untuk merekrut asisten agar meringankan beban kerja serta efisiensi waktu.

Antara Sanggup dan Tidak Sanggup

Pertanyaannya: Apakah bisa menggarap satu episode komik webtoon dengan panjang 50 ribu pixel/50 panel dalam 3 hari?

Setelah rilis, postingan Desyca pun mengundang berbagai komentar, termasuk dari kalangan komikus webtoon sendiri. Banyak yang mengamini kiat Desyca tersebut, namun ada juga yang merasa skeptis dan menganjurkan hal yang sama seperti yang diutarakan Desyca di akhir post nya.

menggambar komik webtoon pasutri gaje

Sumber: Sayuko

Komikus webtoon Pasutri Gaje, Annisa Nisfihani, turut bicara soal proses pengerjaan komiknya. “Metodenya, name kelar 2 jam, lineart sampai jam 6 sore, itu kadang nggak pake sketsa lagi, tapi name biasanya sudah berbentuk jadi timpa langsung dari name.” Komikus yang populer di komunitas cover song dengan nama Sayuko ini juga menyempatkan istirahat untuk sholat dan makan, serta meluangkan waktu 1 jam untuk tidur siang.

“Sisanya warna, dialog, pingpong sama 3 asisten. Base colour, shade background, pakaian, shade rambut kulit…” Annisa menjelaskan bahwa proses tersebut paling cepat bisa selesai dua hari, terbantu salah satunya karena name sudah lebih dulu disetujui editor. “Dulu sih mikirnya mustahil… Tapi ternyata bisa, cuma efeknya nggak baik buat badan,” ungkap Annisa.

menggambar komik webtoon mbok inah

Sumber: CIAYO Comics

Erik Senopati, komikus webtoon Mbok Inah Dudanya Dudaku di CIAYO Comics pun punya pengalaman serupa. “Pernah kayak gini 3 hari 3 chapter, sketch + lineart, 12 jam/hari. Akhirnya remuk semua ini badan. Kapok!! Normal speed aja dah,” kenangnya.

Teratur Lebih Baik

Lalu, bagaimana pendapat editor komik itu sendiri soal menggambar komik webtoon dalam waktu 3 hari? Mungkinkah menggambar komik webtoon sepanjang 50 ribu pixel/50 panel dalam waktu secepat 3 hari?

“Bisa, kalau kamu sudah memiliki sebagian besar template yang akan dimasukkan ke dalam panel,” begitu yang diungkap Billy, selaku editor CIAYO Comics. Sebagai gambaran, Billy mengungkap proses produksi satu chapter webtoon CIAYO Comics bisa bervariasi antara komik series dengan komik strip. “Idealnya sih 6 hari sudah selesai kalau untuk komik series panjang, sedangkan komik strip 3-4 hari juga itu sudah bagus.”

menggambar komik webtoon start danu

Sumber: CIAYO Comics

Apa jadinya kalau komikus nggak bisa memenuhi deadline mingguan? “(Kita) mengurai langkah-langkah apa saja yang digunakan komikus dalam membuat webtoonnya, dan mengevaluasi di bagian mana yang kemungkinan besar terlalu banyak waktu dan menyederhanakannya agar bisa lebih efektif kedepannya,” jelas Billy.

Agar proses menggambar komik webtoon berjalan efisien, Billy menekankan keteraturan dan disiplin dalam setiap prosesnya, alih-alih terpaku pada kecepatan. “Nawaitu (niat)-nya harus bener dulu, kerjain dulu proses yang mau diselesaiin. Sketching ya sketching dulu sampe beres, inking inking dulu sampe beres, baru balik shitposting di medsos. Oke?”

menggambar komik webtoon editor ciayo comics

Sumber: CIAYO Comics

Perlukah Kita Menggambar Komik Webtoon Dalam 3 Hari?

Jadi, apakah menu pengerjaan komik webtoon selama 3 hari tersebut patut ditiru? Jawabannya kembali pada diri kamu sendiri.

Jika kamu mengerjakan komik strip yang relatif pendek, atau kamu memang sanggup secara fisik, maka mengerjakan webtoon selama 3 hari per chapter mungkin bisa dicoba. Dengan berkomitmen pada jadwal tersebut, kamu akan melatih kedisiplinan serta kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.

menggambar komik webtoon start danu nanda

Sumber: CIAYO Comics

Namun jika kamu belum sanggup memenuhi tuntutan tersebut dengan alasan kesehatan atau panjang komik, maka tak ada salahnya untuk sedikit santai dan rileks selama waktu masih mengizinkan. Manfaatkan setiap waktu yang diberikan untuk memaksimalkan komik sesempurna mungkin. Tapi jangan terlalu keenakan sampai-sampai deadline dilupakan, oke?

Kamu sendiri sedang bikin komik series atau komik strip? Berapa waktu yang kamu habiskan untuk membuat satu chapter komik? Bagikan cerita kamu di kolom komentar, ya. Dan kalau sudah mantap dengan skill ngomik kamu, jangan ragu untuk kirim komik kamu ke submisi CIAYO Comics atau ikut CIAYO Comics Challenge Volume 3!

Baca Juga: Ingin Jadi Author Official? Ini Dia Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

The Kasuaris – Episode 4: Cewe Ini Jatah Gw

Ya beginilah enaknya punya teman yang punya Lamborghini juga. Asoy geboy ngebut di jalanan ibukota... more

Konferensi pers World of Ghibli Jakarta. Photo by CIAYO Pictures

Q & A Studio Ghibli: Transfer Knowledge, Film Baru, Sampai Disney

Kami baru tahu kalau Toshio Suzuki ternyata savage juga. Buuurn!.. more

Sumber: athpod.com

Review Hostiles: Mata Christian Bale yang Banyak Bicara

Apa cerita paling masuk akal yang akan kalian bayangkan jika melihat film dengan genre western? Pastinya tidak jauh dari.. more

Andaikan Thomas & Martha Wayne Masih Hidup, Kira-Kira Bruce Wayne Bakalan Tetap Menjadi Batman Gak, Ya?

Kalian gak mungkin gak tau kan dengan kisah origin Batman yang melibatkan kematian kedua orang tuanya, Thomas & Martha W.. more

Terdengar Fun, Tapi Kok Namanya Black Friday Ya?

Ada tiga alasan dibalik sebutan Black Friday... more