Menggambar Manga Jadi Metode Rehabilitasi Tahanan Penjara di Jepang Loh!

9 months ago
Sumber gambar: asahi.com

Penjara. Lembaga Permasyarakatan. Mendengar kata ini saja rasanya kita ‘males banget’. Bener nggak, bro sis?

Bagaimana tidak… Penjara atau Lembaga Permasyarakatan / LP adalah sebuah lokasi dimana isinya merupakan orang-orang yang telah diputus bersalah akan sesuatu kejahatan menurut Undang-Undang yang berlaku di negara setempat. Para inmates alias narapidana di LP akan terkurung disana dalam kurun waktu tertentu sesuai masa hukuman yang dijatuhkan pada mereka.

Siapapun tidak ingin berada di dalam penjara. Sumber gambar: japantoday.com

Siapapun tidak ingin berada di dalam penjara. Sumber gambar: japantoday.com

Selama menjalani masa hukuman, para narapidana ini biasanya diberikan kegiatan-kegiatan yang bertujuan menjadikan masa tahanan mereka memiliki makna dan punya value. Para narapidana dibina dengan skill atau kemampuan yang berguna agar saat kembali ke lingkungan masyarakat biasa nanti bisa mandiri dan bermanfaat untuk kehidupan sosial.

Tentu tidak semudah teori saat mempraktekkan hal ini. Kebanyakan narapidana tidak berminat untuk menjalani rehabilitasi. Walaupun program rehab biasanya dipaksakan ke narapidana, tapi kita semua tahu sesuatu yang dipaksakan biasanya tidak berakhir dengan baik. Mungkin itulah mengapa program pemberian rehabilitasi / skill di penjara tidak terdiri dari satu jenis saja. Bisa berupa ilmu pertukangan. Kerajinan tangan. Bercocok tanam. Hingga menggambar manga Jepang.

Hah? Menggambar manga sebagai metode rehabilitasi tahanan penjara? Nggak salah tuh?

Serius, bro sis! Teknik ini dipraktekkan di prefektur Yamaguchi, Jepang. Tepatnya di Mine Rehabilitation Program Center.

Mine Rehabilitation Program Center dilihat dari atas. Sumber gambar: asahi.com

Mine Rehabilitation Program Center dilihat dari atas. Sumber gambar: asahi.com

Di tempat tersebut, beberapa narapidana mengerjakan gambar background manga seperti gambar gedung, kendaraan, bangunan dan banyak lagi lainnya sebagai bagian dari hukuman (atau program rehabilitasi) mereka disana. Hal ini diceritakan oleh seorang mangaka bernama Ryo Sonoba.

Ryo Sonoba. Sumber gambar: asahi.com

Ryo Sonoba. Sumber gambar: asahi.com

Sonoba menceritakan sedikit pengalamannya di area ini. Di tengah bulan Oktober 2017, sebanyak 12 narapidana berseragam LP duduk di depan komputer dan tablet digital dibawah pengawasan Sonoba. Mereka mengerjakan berbagai gambar untuk latar belakang manga melalui tablet digital dan komputer yang ada. Jika ada yang ingin bertanya, maka narapidana tersebut harus mengangkat tangannya untuk memberi sinyal pada pengawas ruangan agar diberikan ijin bertanya. Setelah mendapatkan ijin, narapidana tersebut barulah dapat bertanya pada Sonoba.

Semuanya dalam kondisi teratur, rapi dan penuh hormat / sopan santun. Khas kultur Jepang.

Sonoba memberikan instruksi pada narapidana. Sumber gambar: withnews.jp

Sonoba memberikan instruksi pada narapidana. Sumber gambar: withnews.jp

Mine Rehabilitation Program Center bukanlah LP yang dibiayai oleh negara melalui pajak warga. Tempat ini adalah “penjara swasta” yang dikelola secara pribadi namun dalam pengawasan negara melalui Kementerian Kehakiman. Mine Rehabilitation Program Center termasuk yang pertama dalam kategori ini (dibentuk April 2007) dan secara esensial dibiayai oleh swasta dengan tujuan pelayanan ke publik melalui berbagai sektor. Program “menggambar manga” adalah salah satu bentuk tujuan dari penjara ini. Sekitar 160 pegawai negeri dari Kementerian Kehakiman Jepang dan 200 anggota perusahaan keamanan swasta / private security companies mengoperasikan LP Mine Rehabilitation Program Center.

Penghuni LP adalah narapidana yang baru pertama kali dijatuhi hukuman penjara oleh pengadilan negara dan tanpa masalah kejiwaan serta memiliki fisik yang prima. Menggambar manga sebagai bagian hukuman/rehabilitasi untuk narapidana merupakan ide Sonoba di musim panas tahun 2014 saat Sonoba mendatangi LP menemani rekan yang berkunjung ke Mine Rehabilitation Program Center.

“Saya jadi tertarik saat melihat brosur penjara yang memuat gambar ala manga, yang ternyata buatan para narapidana disitu” kenang Sonoba mengingat awal dia berurusan dengan para narapidana berbakat gambar. Ia menawaran diri menjadi instruktor rehabilitasi melalui menggambar manga dan memulai program tersebut sambil tetap mengerjakan pekerjaan di studionya yang terletak di Tokyo.

Rehabilitasi narapidana melalui pembuatan manga. Sumber gambar: mainichi.jp

Rehabilitasi narapidana melalui pembuatan manga. Sumber gambar: mainichi.jp

Di musim semi 2015, Sonoba mendapatkan job membuat manga berdasarkan novel dari novelis Yasuo Uchida. Pihak penjara mengijinkan Sonoba untuk memanfaatkan tenaga para narapidana untuk membuat background dari manga yang sedang dia garap tersebut. “Awalnya mereka (para narapidana) tentu saja ragu dan tidak tertarik, namun mereka akhirnya tersenyum saat melihat karya mereka muncul di manga” kata Sonoba sambil tertawa.

Untuk semakin membuat semangat para narapidana tersebut, Sonoba membuat website “Mangaka Honpo” (http://mangakahonpo.thebase.in) yang menjual karya-karya para narapidana Mine Rehabilitation Program Center. Harganya bervariasi mulai dari 300 Yen (atau sekitar Rp. 30.000,-) hingga 600 Yen. Gambar-gambar yang dihasilkan narapidana tersebut berupa bangunan, stasiun, mobil, rumah tradisional Jepang dan banyak lagi. Banyak dari gambar tersebut sudah muncul di berbagai manga lain.

Sonoba berharap kontribusi narapidana dalam manga berguna untuk semua pihak. Sumber gambar: withnews.jp

Sonoba berharap kontribusi narapidana dalam manga berguna untuk semua pihak. Sumber gambar: withnews.jp

“Saya tidak bisa bebas berbicara dengan narapidana kapan saja saya mau. Harus ada pengawas” terang Sonoba saat menceritakan proses rehab narapidana melalui menggambar manga ini. Tapi usaha ini memang tidak sia-sia. Salah satu narapidana yang berusia 20-an tahun (dihukum karena kasus penipuan) menyatakan: “Saya dulu tidak pernah mengerti soal komputer ataupun menggambar. Setelah berada dalam program Sonoda-sensei saya jadi menguasai keduanya. Ini akan berguna saat saya bebas nanti dari sini”.

Rehabilitas lewat menggambar terbukti efektif disini. Sumber gambar: withnews.jp

Rehabilitas lewat menggambar terbukti efektif disini. Sumber gambar: withnews.jp

Walaupun Sonoba seringkali tidak mengetahui nama ataupun kejahatan narapidana yang ada dalam program rehabilitasi yang dia buat di LP Mine Rehabilitation Program Center tapi dia cukup yakin kalau setelah bebas nanti, para narapidana tersebut memiliki masa depan yang lebih baik ketimbang sebelum mereka masuk ke dalam penjara. “Mereka akan belajar merasakan menciptakan satu pencapaian. Dengan mengingat perasaan itu, kita berharap mereka akan menjadi lebih baik lagi saat kembali ke masyarakat” harap Sonoba.

Tentu tidak harus masuk penjara untuk memulai menggambar manga/komik ‘kan, bro sis? Kalau bro sis merasa punya skill dan passion membuat manga/komik, lakukan! Dan coba submit ke CIAYO Comics. Siapa tahu karya bro sis ternyata menjadi satu kebanggaan nantinya ‘kan?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Film Tim Superhero Wanita: Yakin Kita Sudah Siap Banget Untuk Menyambutnya?

Bagi kamu yang movie maniacs, pastinya sudah mengetahui salah satu rumor panas yang sukses membakar inergeekdom seluruh .. more

[Drama Indonesia Comic Con 2017] Dilema Event Pop Culture: Dengan Tiket Masuk Berbayar Atau Gratisan?

Beberapa waktu lalu sempat terjadi “drama” di media sosial seputar bermasalahnya akses masuk gratis untuk cosplayer .. more

(CIAYO Comics)

Sekarang Kamu Juga Berkesempatan Jadi Author Official CIAYO Comics!

Gimana caranya menjadi author official CIAYO Comics? Kamu bisa mengikuti cara dan persyartatannya di artikel ini... more

Mother! : Jennifer Lawrence Hadir Sebagai Kiasan Tentang Mother Earth

Mother! adalah film yang sutradarai oleh Darren Aronofsky, dimana selain menjadi sutradara Ia juga berperan sebagai penu.. more

Daftar Anime

Daftar Anime dengan Rating Terbaik Sepanjang 2017. Adakah Anime Favorit Kalian?

Kali ini penulis ingin merangkum anime rating 2017 yang mengesankan bagi pengguna situs myanimelist.net sehingga mereka.. more