Menguak Asal Usul Komik

10 months ago

Hai para pecinta komik! Manga mania termasuk komik manga dan hal-hal berbau manga, lalu anime addict, pengikut aliran komik online, tukang baca komik tingkat akut, pokoknya semua yang ga bisa hidup sedetik pun tanpa komik! Udah pada makan belum? Gebetan sehat? Moga sehat semua deh ya pokoknya. BTW, Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal lahirnya komik atau sejarah komik cetak nih.

Kalo komik didefinisikan sebagai rangkaian gambar berurutan, berarti komik udah jadi bagian budaya manusia sejak jaman dahulu, karena cara komunikasi manusia pada jaman itu dalam bentuk gambar di gua, candi, atau dinding bangunan. Jadi, kapan tetapnya komik muncul di dunia tidak bisa disebutkan dengan pasti.

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Setelah beratus-ratus tahun peradaban manusia, komik lahir secara beragam. Pada 1873, komikus kebangsaan Swiss, Rudolphe Topffer mengklaim komiknya yang berjudul “The Adventures of Obadiah Oldbuck” sebagai komik pertama di Eropa, bahkan dunia.

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Pada 1884, komik karya Ally Sloper berjudul “Half Holiday” dipublikasikan dan dianggap sebagai komik strip majalah pertama di dunia. Kemudian pada 1895, lahir terobosan baru di dunia komik, yakni kemunculan komik berseri dengan tokoh tetap. Komik berjudul “Hogan’s Alley” itu dibuat oleh Richard Felton Outcault dan dianggap sebagai awal bangkitnya komik di Amerika.

Pada 1895, R. F. Outcault meluncurkan buku komik dan dianggap sebagai yang pertama di dunia. Buku yang berjudul “The Yellow Kid” itu menjadi titik tolak komik modern dunia. Selanjutnya komik memasuki masa-masa keemasan pada tahun 1930-an. Saat itu, muncul karakter komik seperti Flash Gordon, Dick Tracy, Tarzan, Superman, Batman, hingga Captain Marvel. Waaahh…udah panjang nih ngedongeng nya. Belum selesai nih sejarah komik. Dari situ, mulai menyebarlah semangat membuat komik.

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Lain di Amerika, lain pula di Eropa. Komik yang populer di Eropa pada tahun 1929 adalah “Tintin” karya Herge. “Tintin” yang bergenre drama petualangan itu mendominasi pasar hingga 1970-an. Tak hanya “Tintin”, komik Eropa yang juga terkenal di masa itu adalah “Asterix” karya Uderzo.

Komik Tintin

Komik Tintin

 

Komik Asterix Obelix

Komik Asterix Obelix

Begitulah perkembangan komik di Eropa dan Amerika. Gimana kalo di Asia? Komik mulai berkembang setelah perang dunia kedua. Di kawasan Asia, geliat komik tumbuh di Jepang sebagai produsen komik terbesar. Osamu Tezuka dianggap sebagai pelopor komik, dan dikenal dengan karyanya “New Treasure Island” dan “Shintakarajima”. Pertumbuhan komik di Jepang saat itu sangat cepat.

Kalo di Indonesia? Awal kelahiran komik di Indonesia dimulai sejak kelahiran komik strip Put On karya Kho Wan Gie pada harian Sin Po sekitar tahun 1930an. Pada akhir 1940an, banyak komik strip Amerika yang dibukukan oleh penerbit lokal. Saat komik Amerika membanjir, Siaw Tik Kwei hadir dengan komik yang berhasil mengalahkan popularitas Tarzan di kalangan pembaca lokal. Terinspirasi dari kepopuleran komik Amerika, R. A. Kosasih membuat karakter superhero ala Indonesia. Karakter superhero lain pun bermunculan, seperti Siti Gahara, Puteri Bintang dan Garuda Putih. Kalo komik Indonesia pertama yang dibukukan apa ya? Ternyata itu karya Abdulsalam dengan judul Kisah Pendudukan Jogja.

Periode 1960-1970an diakui banyak orang sebagai era kejayaan komik Indonesia. Banyak komikus berbakat lahir dan melahirkan karya melegenda, seperti Si Buta Dari Gua Hantu (Ganes TH), serial Mahabharata (R. A. Kosasih), Gundala Putra Petir (Hasmi), Godam (Wid NS), Panji Tengkorak (Hans Jadalara), Jaka Sembung (Djair), Rio Purbaya (Jan Mintaraga).

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Sumber: ernasusilawati.blogspot.co.id

Sedangkan pada tahun 1980an, jagad komik Indonesia memasuki masa suram. Meski sedang dalam masa sulit, komik-komik punakawan tumaritis (Petruk, Gareng, Bagong) karya Tatang S. berhasil menembus pasar komik Indonesia dengan menjual buku komiknya lewat pedagang mainan anak-anak keliling.

Pasca reformasi, dunia komik Indonesia kembali berusaha bangkit. Komik Imperium Majapahit karya Jan Mintaraga serta Legenda Sawung Kampret karya Dwi Koen menjadi pemicu kebangkitan komik Indonesia.

Komik Legenda Sawung Kampret

Komik Legenda Sawung Kampret

Kehadiran komik tidak hanya dalam bentuk cetak. Komik berkembang lewat media lain. Setelah beberapa puluh tahun komik eksis, komik cetak di Korea sempat menghadapi masa sulit. Kemudian muncullah komik digital di Korea. Webtoon adalah istilah untuk komik atau animasi yang diterbitkan per bab melalui beberapa website Korea, seperti Naver atau Daum. Webtoon bisa disebut juga dengan komik Internet atau webcomic. Sejak kemunculannya di tahun 2002 sampai sekarang, pangsa pasar Korean webtoon berkembang pesat, dan diperkirakan meraup pendapatan hingga 150 miliar won!

Cakupan dan penyebaran komik digital semakin luas dan cepat. Pembaca komik digital terus bertambah dari waktu ke waktu. Tak hanya di Korea, pembaca komik digital menyebar di sekitar Korea. Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan pembaca komik digital terbanyak. Hingga 2015 saja, pembaca komik digital sudah lebih dari 6 juta orang. Dengan hadirnya CIAYO Comics, semoga dunia komik digital makin berkembang, menjadi wadah bagi para komikus dalam berkarya, dan semakin dekat dengan para pembaca.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

Mau Jadi Editor Komik di CIAYO Comics? Ini Syaratnya!

Kita butuh bantuan kakak-kakak untuk mengisi posisi editor di CIAYO Comics... more

(CIAYO Pictures)

Volt dan Setan Jalanan Menyerbu CIAYO Comics

Bro sis udah pernah denger Volt sama Setan Jalanan belom? Kalo yang ngikutin karya-karya dari Skylar Comics atau Frank K.. more

(gameranx.com)

Bakalan Keren Kalo Karakter-Karakter Ini Jadi DLC di TEKKEN 7!

Sebelumnya, udah pernah dibahas di sini kalo kemunculan Akuma, Eliza, dan Geese Howard membuka kemungkinan untuk TEKKEN.. more

source 1: pinterest.com

Anime Buatan Cina Disebut Menandingi Jepang

Seorang animator Jepang, Yoshitada Fukuhara lewat akun twitter miliknya berpendapat kalau sebentar lagi anime produksi d.. more

Sumber: vice.com

Pemilihan Filter Pada Instagram Bisa Menggambarkan Hidupmu

Kalau kamu termasuk orang yang aktif dalam media sosial Instagram, coba cek lagi filter apa aja yang paling sering kamu .. more