Mengungkap Hal Tabu dalam Anime Cardcaptor Sakura

10 months ago

Anime series populer Jepang, Cardcaptor Sakura bakal ditayangkan lagi tahun depan loh! Bro sis udah dengar beritanya belum? Anime ini akan kembali melanjutkan series televisinya pada episode ke-70 yang sebelumnya berhenti di tahun 2001. Tanggal 7 Januari 2018 nanti, NHK BS Premium akan menampilkan anime Cardcaptor Sakura dengan judul series “Clear Card Chapter”. Di Indonesia sendiri anime series CCS pernah ditayangkan di MNCTV (dulunya TPI) pada tahun 1999 sampai dengan 2000. Saking populernya CSS, anime CSS juga punya banyak penonton dan penggemar di Amerika dan wilayah Eropa. Meskipun ada rumor yang mengatakan kalau anime CCS secara explicit menampilkan adegan menyukai sesame jenis dan pedofilia. Padahal sebagian besar penonton Cardcaptor Sakura adalah remaja dan anak-anak.

source 2: pinterest.com

source 2: pinterest.com

Menurut beberapa penonton CCS yang menyimpulkan perasaan interpersonal karakter CCS, beberapa menunjukkan adegan LGBT. Misalnya, ada yang menyimpulkan kalau tokoh Yukito, yang merupakan ‘gebetan’ Sakura, sebenarnya menyukai Touya yang merupakan kakak laki-laki dari Sakura. Sementara Touya yang masih kelas 2 SMP digambarkan menyukai guru perempuannya di sekolah. Ada juga adegan yang menjelaskan kalau ayah dari Sakura sebenarnya dulu juga seorang guru dan mengajar ibu Sakura saat masih SMP dulu. Udah dapet gambarannya kan sekarang kenapa anime CCS sebenarnya agak terkesan tabu dan gak pas kalau ditonton oleh anak kecil. Walaupun sebenarnya, banyak orang yang menonton CCS karena genrenya yang magical dan plotnya yang seru sih.

source 3: pinterest.com (Yukito dan Touya)

source 3: pinterest.com (Yukito dan Touya)

source 4: pinterest.com (pertemuan kedua orangtua sakura pertama kali)

source 4: pinterest.com (pertemuan kedua orangtua sakura pertama kali)

Jepang adalah negara yang terbuka dan memahami tentang LGBT lebih baik dibandingkan negara lain, misalnya seperti US. Gay diterima dengan baik untuk orang yang populer seperti selebriti dan beberapa tokoh karakter populer dalam animasi. Kalau untuk orang biasa? Tentu bukan hal yang mudah sekali untuk diterima, tapi perlahan. Dalam animasi pun, orang bisa melihat kalau yang ditunjukkan itu bukan bagaimana cara LGBT berhubungan, tapi lebih menunjukkan ke bagaimana perasaan antara karakter tersebut meskipun tabu, tapi biasa ada dan terjadi dalam kehidupan. Terutama kehidupan di Jepang sudah terbuka dengan hal tersebut.

source 5: pinterest.com

source 5: pinterest.com

Romansa yang dimunculkan dalam animasi Cardcaptor Sakura juga berusaha untuk memberi pesan kalau hal-hal dalam cerita merupakan fase yang bisa terjadi pada seorang remaja. Seperti menyukai teman sekelas, mengagumi seorang guru atau yang terkesan negative sekalipun, terobsesi dengan teman sendiri. Perlu diingat lagi kalau anime CCS muncul pertama kali di tahun 1998an, dimana saat itu Jepang belum se-terbuka sekarang dengan konsep LGBT. Anime CCS yang ada di saat itu seperti membuka gambaran sedikit demi sedikit mengenai hal tersebut. Kalau sekarang sudah banyak banget manga maupun anime di Jepang yang terang-terangan dengan genre Yaoi dan Yuri. Sebenarnya gak masalah selama anime tersebut ditonton oleh orang yang sesuai dengan anjuran umurnya. Gak sabar untuk lihat Cardcaptor Sakura setelah nunggu sekian lama!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: boutiquejapan.com

Mau Jalan-Jalan ke Jepang? Jangan Bawa Benda-Benda Ini!

Jadi sebelum menginjakkan kaki di salah satu airport negara itu, pastikan kalau bro sis tidak membawa salah satu dari be.. more

Sumber gambar: taylorholmes.com

10 Film Tentang Time Traveling Ini Wajib Kamu Tonton. Yang ke 8 Dari Indonesia Loh!

Walau belum bisa melakukannya di dunia nyata, tapi film-film berikut ini mencoba menunjukkan bagaimana seandainya perjal.. more

(ablcinema.net)

5 Serial Superhero Terpopuler di Tahun 90-an

Berbicara mengenai generasi 90-an, kegiatan menonton televisi masih menjadi hiburan terfavorit. Kebahagiaan terbesar ana.. more

Kecanduan game

Saat Kecanduan Game Dianggap Sebagai Penyakit Mental, Perlukah Kita Bereaksi?

Meningkatnya jumlah penderita gaming disorder di seluruh dunia membuat website resmi WHO memasukan gaming disorder ke da.. more

5 Langkah Bikin Komik Ala Komikus Profesional

Ada banyak aspek dan poin penting untuk bikin komik, kali ini CIAYO Comics berusaha memberikan tips mudah kepada pembaca.. more