Menilik Absurdity Selera Komedi Orang Jepang

6 months ago
Sumber: wired.com

Apa Kamu pernah nonton acara komedi atau variety show yang ada komedian di dalam acaranya? Pasti pernah dong, entah itu show tv barat atau mungkin Korea, seperti acara Running Man contohnya. Saat menontonnya, kita seringkali tertawa karena melihat tingkah ‘bodoh’ dan lucu para selebriti maupun komedian yang ada di dalam acara tersebut.

Kemungkinan besar ada dua faktor kenapa kita bisa tertawa meskipun acara yang kita nonton itu bukan acara tv Indonesia which is ada perbedaan budaya, norma, dan kebiasaan yang gak pernah ada di Indonesia. Tapi anehnya, saat menonton seringkali kita dibuat tertawa. Dua faktor tersebut adalah pertama, karena suasana atau adegan yang lucu yang dibangun host. Dan kedua, Kamu mengerti dengan jokes yang ditampilkan.

Banyak orang berpendapat kalau Jepang punya selera humor yang unik dan berbeda sekali dengan komedi di negara lain. Agak sulit untuk memahami humor dalam acara komedi Jepang, karena masalah terbesarnya adalah bahasa. Percaya deh, komedi di acara tv Jepang gak akan selucu itu kalau diterjemahkan ke bahasa lain seperti Bahasa Inggris. Belum lagi dengan ‘pengalaman’ lucu yang diceritakan atau yang terjadi dalam acara tv sangat jarang kita alami sebagai orang asing. Yang ada, kita malah mikir kalau acara komedi Jepang itu absurd dan sulit untuk dimengerti.

Untuk permasalahan ini sebenarnya solusinya hanya satu; Kamu harus mengerti bahasa dan kebiasaan orang Jepang untuk bisa paham humor yang disuguhkan. Karena poin utama dari acara komedi Jepang adalah verbal humor.

Verbal humor ini hampir sama seperti seseorang yang melakukan story telling dengan menggunakan penekanan pada suara dan ekspresi muka. Tapi kita pasti paham kalau lelucon itu dibuat tanpa harus dijelaskan secara panjang lebar. Ketika menonton acara tv Jepang menggunakan terjemahan, bahasa penerjemah gak bisa menjelaskan hal itu. Jadinya orang asing yang menonton gak akan mengerti di mana bagian lucunya.

Di sisi lain, orang Jepang juga sama kok. Mereka berpendapat kalau acara komedi dan humor dari dunia barat sama sekali gak lucu. Meskipun begitu, ada juga komedian di Jepang yang bisa membuat orang asing tertawa karena mereka membawakan lelucon universal yang bisa dimengerti secara universal pula.

Ada beberapa tipe acara komedi di Jepang:

Rakugo

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Versi lama dari Stand Up comedy ala Jepang, cerita lucu diceritakan sambil duduk. Orang yang menceritakan cerita komedi disebut sebagai Rakugo-ka, akan duduk sambil  memakai kimono/baju tradisional Jepang. Cerita lucu yang diceritakan biasanya seperti story telling. Kebanyakan  Rakugo-ka profesional sudah berumur dan pandai berbahasa dialek.

Nininbaori

Sumber: reddit.com

Sumber: reddit.com

Nininbaori terdiri dari komedi antara dua orang yang menggunakan satu kostum bersamaan dan melakukan stand-up skit. Karena ada dua orang dalam satu kostum, pergerakan anggota badan komedian yang ada di dalam kostum gak akan sama dan malah terlihat lucu. Misalnya saat mereka mencoba makan, tangan satu komedian mencoba menyuapi komedian lainnya; tapi malah jadi belepotan ke seluruh muka karena gak sinkron tadi.

Manzai

Sumber: matome.naver.jp

Sumber: matome.naver.jp

Komedi Manzai juga memerlukan dua orang komedian yang bekerja sama dalam panggung. Dua orang komedian ini harus mempunyai kepribadian yang berbeda. Tapi keduanya harus saling membantu sambil bertukar lelucon. Misalnya satu komedian berkarakter bodoh atau lelet yang disebut Boke, sementara karakter komedian yang lain bersikap tegas dan memperbaiki ‘kebodohan’ komedian satunya yang disebut sebagai Tsukkomi.

Owarai

Sumber: wired.com

Sumber: wired.com

Owarai berarti “tertawa”. Komedi Owarai adalah komedi modern, seperti Stand Up Comedy pada umumnya. Komedi atau humor yang ada di variety show atau game show Jepang juga disebut sebagai Owarai. Yang menambah kelucuan pada komedi Owarai adalah kostum yang dipakai dan sound effect yang muncul di televisi. Owarai pilihan jenis komedi untuk para komedian melakukan debutnya.

Selera komedi orang Jepang ini absurd atau malah lucu nih menurut bro sis? Kasih comment ya.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(Sumber gambar: digitaltrends.com)

Plants vs Zombies: Garden Warfare 3 untuk PlayStation 4 Segera Hadir

Terkini, Garden Warfare 3 dikabarkan akan segera dirilis untuk PlayStation 4. Berita ini bocor dari komik “Plants vs Z.. more

iPhone X, Simbol Kegagalan Inovasi Apple?

Siapa sih yang gak mau punya gadget bagus? Apalagi buat handphone, soalnya jaman sekarang kan apa-apa dilakukan pake han.. more

Sumber: Susilawatift08.blogspot.co.id

Gak Hanya Manusia, Hewan-Hewan di Kartun Ini Juga Bisa Jadi Sahabat, Loh!

Kalau di film-film biasanya diceritakan persahabatan antara manusia atau manusia dan robot. Tapi gimana dengan manusia d.. more

Your Name/Kimi No Na Wa, anime populer asal Jepang. Sumber: japantimes.co.jp

Your Name/Kimi No Na Wa Akan Dibuatkan Live Action-nya Oleh Hollywood! Bad News or Good News?

Ada kabar baru bagi penggemar dari film anime populer Jepang yang berjudul “Your Name”. Film “Kimi no Na wa” ata.. more

Sumber: mnl48

Mungkin Ini Penyebab Jepang dan Korea Mengalami Penurunan Angka Kelahiran

Baik di Jepang maupun di Korea, kedua negara tersebut sedang mengalami satu permasalahan yang sama. Yaitu penurunan angk.. more