Menilik Redupnya Games Musiman. Salah Satunya Ada Tiang Listrik!

6 months ago
Sumber: Google Play Store

Belakangan ini Indonesia diserbu dengan banyak sekali games seru. Yaps, games emang pas banget buat menghabiskan waktu dan mengusir kebosanan. Apalagi buat para gamers, kayaknya dunia nyata sama dunia permainan bisa kebalik. Gimana enggak, saat main kita bahkan bisa lupa waktu makan dan tidur hanya untuk menyelesaikan tantangan yang ada. Apalagi fitur yang bisa membuat kita melawan teman alias battle. Langsung lupa sama semua, deh!

Sumber: www.cultofmac.com

Sumber: www.cultofmac.com

Kalau saat kecil kita lebih sering main games di PS atau Nintendo, saat ini games dari handphone lebih menjual. Gak heran kalau banyak orang mencari handphone dengan spesifikasi secanggih mungkin agar dapat lebih mudah memainkan games yang diinginkan. Hal ini membuat para pembuat games terus berinovasi memberikan permainan yang menarik. Inovasi bahkan bisa datang dari kejadian-kejadian yang lagi ramai dibicarakan masyarakat.

Tapi karena inovasi datang dari kejadian yang lagi “happening”, gak heran kalau games-games tersebut berakhir jadi games musiman. Misalnya kayak beberapa games di bawah ini, yang redup tergantikan oleh yang lain.

1. Angry Birds

Angry Birds (Sumber: play.google.com)

Angry Birds (Sumber: play.google.com)

Siapa yang gak tau permainan yang satu ini? Angry Birds adalah franchise video game yang dibuat oleh perusahaan Finlandia Rovio Entertainment. Serial ini berfokus pada burung multiwarna yang mencoba menyelamatkan telur mereka dari babi berwarna hijau, musuh mereka.  Di tahun 2009, Angry Birds pertama kali dirilis. Terinspirasi oleh sketsa burung bersayap yang stylist, Angry Birds sempat ramai dimainkan banyak orang. Angry Birds bahkan sudah mencapai 100 juta download di Google Play Store. Angry Birds juga sudah diadaptasi ke dalam film yang berjudul sama “The Angry Birds Movie”.

Sumber: play.google.com

Sumber: play.google.com

Cara memainkannya juga cukup mudah. Bro sis cukup memposisikan ketapel ke arah babi-babi alias musuh. Level yang selalu update menjadikan game ini tidak mudah ditinggalkan oleh penggemarnya. Sampai saat ini Angry Birds sudah membuat berbagai versi. Yang terakhir di tahun 2017, ada Angry Birds Evolution yang terlihat lebih menantang.

Tapi sayangnya, walaupun sudah di-update sedemikian rupa, pamor si burung marah ini udah turun deh, ya. Angry Birds Evolution bahkan hanya sampai 5 juta download.

2. Pokemon Go

Pokemon Go (Sumber: play.google.com)

Pokemon Go (Sumber: play.google.com)

Di tahun 2016, Generasi 90an diminta untuk nostalgia dengan kehadiran Pokemon Go. Permainan sederhana untuk mencari Pokemon ini emang terinspirasi dari animenya, Pokemon. Pokemon Go memberikan fasilitas seperti peta tempat Pokemon berada, lengkap dengan ‘PokéStops’ dan ‘Pokémon gyms’.

Pokemon Go bahkan sempat bikin heboh masyarakat Indonesia. Dari mulai generasi nunduk, sampai CFD hanya untuk Pokemon. Iya, semenjak dirilisnya Pokemon Go, masyarakat jadi gemar nunduk sambil jalan. Katanya sih lagi cari Pokemon. Tapi hal itu malah bikin sebagian masyarakat ngecap mereka generasi nunduk. Walaupun begitu, Pokemon Go sebenarnya mempunyai tujuan agar orang tidak hanya berdiam diri saat bermain. Maka dari itu, gak heran kalau orang-orang banyak yang rela keluar hanya untuk cari Pokemon.

Tampilan Pokemon Go di Google Play Store (Sumber: play.google.com)

Tampilan Pokemon Go di Google Play Store (Sumber: play.google.com)

Sayangnya hal ini gak hanya menimbulkan respon positif, namun juga negatif. Sejatinya orang CFD kan untuk lari, bersantai menghirup udara bebas. Tapi dengan Pokemon Go, hal ini berubah jadi ajang cari Pokemon. Mungkin hal ini juga yang buat Pokemon Go sudah tidak terdengar lagi.

3. Temple Run

Temple Run (Sumber: play.google.com)

Temple Run (Sumber: play.google.com)

3D Video games bergenre endless runner ini dikembangkan dan di-publish oleh Imangi Studios. Pertama kali dirilis di tahun 2011 di iOS, pemain diminta untuk mengontrol gerak karakter yang kita mainkan. Saat karakter sedang berlari, pemain bisa menentukan arah dari si karakter. Entah itu lurus, lompat, asalkan dapat mengambil hadiah ataupun koin yang tersedia dan tetap selamat sampai tujuan. Penilaiannya dilihat dari seberapa jauh karakter berlari.

Temple Run juga mempunyai beberapa versi terbaru seperti Temple Run: Brave, hasil kerja sama antara Imangi dan Disney untuk mempromosikan film Brave di tahun 2012. Gak aneh kalau bro sis bakal melihat sosok Merida dari Brave dengan fitur terbaru yaitu panah. Selain itu, Temple Run: Oz juga hadir dalam rangka mempromosikan film “Oz the Great and Powerful”. Jangan lupakan juga Temple Run 2 dengan beberapa fitur tambahan.

Bro sis tinggal mengontrol si karakter untuk bergerak kabur dari kejaran sang Monster (Sumber: play.google.com)

Bro sis tinggal mengontrol si karakter untuk bergerak kabur dari kejaran sang Monster (Sumber: play.google.com)

Pada November 2013, bahkan Temple Run diisukan akan diadaptasi menjadi film. Temple Run 2 juga gak kalah sukses dalam hal jumlah download, loh. Tapi kok, sudah jarang dibicarakan ya? Kira-kira kenapa itu?

4. Tahu Bulat

Tahu Bulat (Sumber: play.google.com)

Tahu Bulat (Sumber: play.google.com)

“Tahu Bulat…Digoreng Dadakan……Lima Ratusan…..Anget-anget……” Siapa yang gak inget sama jingle itu? Iya jingle, soalnya lantuan kata-kata itu selalu ada di mobil-mobil penjual tahu bulat. Kalau dari tadi games dari luar, kali ini original dari Indonesia, tepatnya Bandung. Wah, keren ya urang Bandung teh.

Tahu Bulat dibuat oleh Own Games dan terinspirasi langsung dari fenomena penjual tahu bulat. Sebenernya tahu bulat sudah lama dijual sebelum adanya games ini, tetapi fenomena “jingle” tahu bulat sukses membuat masyarakat ramai membicarakannya.

Own Games emang keren ya! (Sumber: play.google.com)

Own Games emang keren ya! (Sumber: play.google.com)

Own Games dengan kreatifnya membuat sebuah permainan sederhana, di mana pemain bisa bertingkah layaknya penjual tahu bulat. Gak usah capek-capek mikir. Tugas bro sis cuma nge-tap layar handphone sampai si pembeli dapat tahu bulatnya. Yah, lama kelamaan agak jenuh juga, sih alias kurang menantang.

Sampai saat ini Tahu Bulat sudah punya versi terbaru seperti Tahu Bulat 2 dan Akang Tahu Bulat. Wah, keren ya! Tapi kok, namanya sudah jarang terdengar ya? Apa karena kurang menantang?

5. Tiang Listrik

Game Fenomenal "Tiang Listrik", sudah coba? (Sumber: play.google.com)

Game Fenomenal “Tiang Listrik”, sudah coba? (Sumber: play.google.com)

Last but not least, Tiang Listrik. Bagi sebagian orang, pasti terdengar aneh. Tiang Listrik? Jadi mainan? Memang bisa? Eits, jangan salah. Namanya juga orang Indonesia. Saking kreatifnya, apapun bisa dijadikan mainan. (Asal bukan mainin perasaan ya, hehe). Tiang Listrik dibuat berdasarkan fenomena yang lagi ramai dibicarakan. Ituloh, papa. Hehe.

Tiang Listrik di Google Play Store (Sumber: play.google.com)

Tiang Listrik di Google Play Store (Sumber: play.google.com)

Sebagai bentuk duka cita dan juga kebingungan si Tiang, permainan pun dibuat. Bro sis tinggal ngejalanin mobilnya, dan lihat apa yang bakal terjadi. Tiang Listrik bahkan disambut dengan ramah oleh masyarakat Indonesia. Sejumlah media massa bahkan sibuk memberitakan games yang satu ini.

Sebuah tiang listrik saja bisa setenar ini, ya bro sis. Termasuk musiman, apakah kira-kira Tiang Listrik nasibnya bakal sama dengan pendahulunya? Atau bahkan akan ada versi terbaru dari Tiang Listrik? Menurut bro sis bagaimana? Kita tunggu saja, ya.

Oh iya, kesukaan bro sis yang mana?

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Lihat Karakter Anime Favoritmu Bernyanyi Menari Bergembira di 10 Drama Musikal Adaptasi Anime!

Nah, drama musikal ternyata juga pilihan bentuk karya seni yang populer bagi adaptasi anime, umumnya menggabungkan unsur.. more

Sumber: comicvine.com

Benarkah Hawkeye Akan Berubah Menjadi Ronin di Avengers: Infinity War?

Belakangan ini kita sering kali melihat meme-meme yang menyindir Hawkeye karena dia tidak terlihat di poster Avengers: I.. more

Sumber gambar: wall.alphacoders.com

Kini Lucifer Sudah Punya TV Series Loh, Iblis Berada Dekat dengan Manusia!

Serial ini memang secara eksplisit menggambarkan karakter-karakter yang ada di ajaran Teologi... more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more

Sumber: youtube.com

Hari ini, Si Juki The Movie Akhirnya Dirilis!

Hari ini, 28 Desember 2017 Falcon Pictures akhirnya secara resmi merilis ‘Si Juki The Movie - Panitia Hari Akhir’!.. more