Menjadikan Indiana Jones Karakter Wanita: Ide Buruk atau Sebaliknya? Steven Spielberg Tidak Keberatan!

1 week ago
Sumber: TheHindu

Sebagai salah satu karya besar sutradara film Steven ‘Spesialis Box Office’ Spielberg bersama George Lucas, IP dan franchise “Indiana Jones” merupakan serial penting.

Tidak hanya mengangkat pamor Harrison Ford, yang berperan apik di empat film Indiana Jones sebagai dosen arkeologi petualang, Indiana Jones juga secara tidak langsung merupakan inspirasi konsep “arkeolog petualang jagoan” yang ada di franchise lain seperti video game “Tomb Raider” atau “Uncharted”.

Tomb Raider alias Lara Croft dan Uncharted dengan karakter Nathan Drake sedikit banyak terinspirasi dan mengambil elemen-elemen film Steven Spielberg tersebut.

Ilustrasi Lara Croft, Indiana Jones & Nathan Drake. Sumber: WallDevil

Ilustrasi Lara Croft, Indiana Jones & Nathan Drake. Sumber: WallDevil

Hasilnya bagus! Baik Tomb Raider dan Uncharted sukses besar di bisnis video game. Tomb Raider malah juga merambah ke film live action sebanyak 3 kali; dua kali diperankan oleh aktris seksi Angelina Jolie dan sekali oleh aktris muda berbakat Alicia Vikander. Sementara Uncharted masih belum mendapatkan kesempatan untuk beraksi di layar lebar (walau berbagai rumor soal itu bertebaran di internet).

Dua Lara Croft: Alicia Vikander & Angelina Jolie. Sumber: People

Dua Lara Croft: Alicia Vikander & Angelina Jolie. Sumber: People

So… Indiana Jones.

Sumber: SlashFilm

Sumber: SlashFilm

Franchise ini diciptakan tahun 1981 lewat film perdananya “Indiana Jones and Raiders of the Lost Ark”. Film yang sering dianggap berbagai pihak sebagai salah satu film terbaik yang pernah diciptakan ini, laris luar biasa (dengan modal hanya US$18 Juta dapat menghasilkan lebih dari US$389.9 Juta) serta mendapatkan berbagai pencapaian seperti delapan nominasi Piala Oscar dan memenangi empat di antaranya tahun 1982.

Pencapaian lainnya adalah film ini disimpan dan dimasukkan ke dalam kategori ‘film nasional’ oleh lembaga pelestarian film Amerika Serikat (U.S. Library of Congress’ National Film Registry). Yang artinya film Raiders of the Lost Ark merupakan bagian penting sejarah nasional perfilman Amerika Serikat.

Sumber: GoneWithTheTwins

Sumber: GoneWithTheTwins

Indiana Jones” merupakan nama julukan untuk Dr. Henry Walton “Indiana” Jones, Jr. Karakter dengan ciri khas topi fedora, tas model ‘satchel’, jaket kulit dan cambuk ini diperankan oleh aktor legendaris Harrison Ford (di semua film bioskop Indiana Jones yang berjumlah empat film).

Empat tampilan Indiana Jones di empat film bioskop. Sumber: LeCinedesFlemmards

Empat tampilan Indiana Jones di empat film bioskop. Sumber: LeCinedesFlemmards

Mendiang River Phoenix berperan sebagai versi muda Indy (panggilan kecil Jones) di film The Last Crusade tahun 1989.

Mendiang River Phoenix. Sumber: TheWrap

Mendiang River Phoenix. Sumber: TheWrap

Corey Carrier memerankan Indy (usia 8–10 tahun) bersama Sean Patrick Flanery (usia 16–21) tahun dan George Hall (usia 93 tahun) di serial televisi “The Young Indiana Jones Chronicles” tahun 1992 – 1996.

Serial TV masa muda Indiana Jones. Sumber: Blu-ray

Serial TV masa muda Indiana Jones. Sumber: Blu-ray

Selain penampilan yang khas, Indiana Jones juga dikenal dengan selera humor bagus, kecerdasan dan pemahaman tentang peradaban dan bahasa-bahasa kuno, serta phobia alias rasa takut yang besar pada ular.

Franchise ini awalnya diciptakan oleh George Lucas. Kenal dong, dengan George Lucas? Dia juga pencipta franchise laris lainnya seperti “Star Wars”. Saat berlibur ke Maui Hawaii, Lucas bertemu dengan rekannya sesama sineas film Steven Spielberg. Saat itu Spielberg mengatakan kalau dia ingin membuat film James Bond, dan Lucas mengatakan kalau dia “punya ide lebih bagus dari James Bond dan melibatkan Nazi”.

Menggandeng Harrison Ford, yang berperan sebagai Han Solo di film George Lucas sebelumnya “Star Wars”, terjadilah film kolaborasi mereka yang diberi judul “Raiders of the Lost Ark”, yang menjadi pembuka lahirnya franchise baru “Indiana Jones”.

Harrison Ford, Steven Spielberg & George Lucas. Sumber: Pinterest

Harrison Ford, Steven Spielberg & George Lucas. Sumber: Pinterest

Berita terbarunya, karakter Indiana Jones yang sejak dulu merupakan seorang pria cerdas, macho, keren, manly, humoris serta lovable itu kini sedang dalam wacana untuk dirubah ke dalam format karakter wanita!

Sutradara Steven Spielberg dalam wawancara dengan tabloid Inggris, The Sun, baru-baru ini mengonfirmasi kalau ada usulan untuk menjadikan Indiana Jones sebagai jagoan wanita.

“Jika itu terjadi maka kita harus mengubah nama dia dari ‘Jones’ menjadi ‘Joan’. Dan tidak ada yang salah disitu” cetus Spielberg menanggapi usulan gender-swap Indiana Jones.

Usulan tersebut muncul di tengah-tengah rencana pembuatan film kelima Indiana Jones yang direncanakan mulai syuting April 2019. Film itu juga dipastikan sebagai akhir Harrison Ford berperan sebagai Dr. Henry Walton Jones, Jr. alias Indiana Jones. Namun Spielberg memastikan kalau franchise ini akan terus berjalan selepas kepergian Harrison Ford.

Dari kondisi itulah muncul usulan mengubah gender Indiana Jones; usulan yang hampir pasti berasal dari kelompok-kelompok feminist yang semakin sering mengutarakan perubahan-perubahan radikal pada franchise pop culture dunia yang sudah stabil.

Belum diketahui reaksi George Lucas akan usulan ini, walaupun sebenarnya tidak akan banyak berpengaruh mengingat dia sudah menjual semua IP ciptaan dia ke Disney. Yang jelas, usulan menjadikan Indiana Jones menjadi karakter wanita itu oke, menurut Steven Spielberg. Tapi entah bagaimana menurut mayoritas fans? Karena ide gender-swap untuk franchise terkenal bisa jadi buruk saat di eksekusi.

Case of point: film all-females Ghostbusters terbaru. Yang ternyata tidak begitu laris di pasaran.

Tidak se-sukses seperti harapan pihak studio. Sumber: IO9

Tidak se-sukses seperti harapan pihak studio. Sumber: IO9

Baguskah mengubah Indiana Jones menjadi Indiana Joan? Menurut saya tidak. Tapi suarakan pendapat Anda sendiri! Bisa ditulis di kolom komentar di bawah.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Penguin Random House

Ikuti Petualangan Horor dan Misterius Para Pemburu Hantu Remaja di Serial Novel Ini

Salah satu serial novel yang patut kalian ikuti itu adalah Lockwood and Co. karangan Jonathan Stroud. Lockwood and Co. a.. more

Sumber gambar: rollingstone.com

Animal Crossing Pocket Camp: Game Nintendo Untuk Smartphone Setelah Mario Run!

Ucapkan selamat datang pada Animal Crossing: Pocket Camp!.. more

7 Komik Jepang Paling Romantis

Berbicara mengenai dunia perkomikan, sudah pasti Jepang lah jawaranya. Negeri matahari terbit ini memang surganya anime .. more

brightside.me

Komik Strip Lucu 2017, Kesukaan Kamu Yang Mana?

Perkembangan Komik di Indonesia semakin pesat. Perkembangan komik ini juga didukung oleh munculnya komik strip di berbag.. more

Sejarah Sonic The Hedgehog Terungkap!

Tersembunyi sejak tahun 1991, sejarah Sonic the Hedgehog yang sebenarnya akhirnya terungkap. Ternyata kemunculan perdana.. more