Menurut Survei, Inilah 8 Jenis Gamer Masa Kini

2 weeks ago
jenis gamer

Jenis gamer seperti apakah kamu? Apakah kamu seorang gamer kasual yang senang bermain game di smartphone? Atau kamu adalah gamer hardcore yang mengoleksi semua jenis konsol dan gamenya?

Saat berbicara tentang sosok dan kepribadian seorang gamer, topik kasual dan hardcore biasanya jadi bahan omongan yang hangat. Ada alasan kenapa seseorang bisa dianggap gamer kasual atau hardcore. Bisa jadi dia bermain game agar tidak bosan di busway atau kereta. Bisa jadi dia seorang atlit esport. Bisa jadi dia seorang Youtuber. Tapi ternyata, konsep gamer kasual dan hardcore sekarang sudah dianggap usang, setidaknya menurut survei/penelitian yang dilakukan oleh Newzoo.

Perkembangan esports jadi salah satu faktor lahirnya jenis gamer baru.

Perusahaan analisis Newzoo menyatakan bahwa selama 15 tahun terakhir, perkembangan teknologi dan video game telah menjadikan jargon gamer kasual dan hardcore kedaluarsa. Dengan merebaknya teknologi internet dan streaming, serta merebaknya kebudayaan baru dari teknologi tersebut seperti live streaming dan esport, semakin menambah kompleks vektor atau variabel untuk menentukan apakah seseorang merupakan gamer kasual atau hardcore.

Untuk mengatasi “masalah tersebut”, Newzoo meneliti selama satu tahun terakhir seperti apa sih cara menentukan jenis gamer masa kini? Dengan memperhitungkan faktor-faktor perkembangan di atas, mereka menentukan tiga elemen penting untuk menentukan seperti apa jenis gamer masa kini: Playing (seberapa sering seseorang bermain game), Watching (seberapa sering seseorang menonton orang lain bermain game), dan Owning (seberapa banyak seseorang membeli game).

Hasil penelitian Newzoo terhadap jenis gamer masa kini. Sumber: Newzoo
Hasil penelitian Newzoo terhadap jenis gamer masa kini. Sumber: Newzoo

Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara dengan sejumlah gamer, Newzoo berhasil menemukan delapan jenis gamer masa kini yang mewakili kebiasaan dan intensitas hobi game mereka. Penasaran seperti apa jenis gamer tersebut? Simak di bawah ini, diurutkan dari jumlah yang paling banyak!

Delapan Jenis Gamer Masa Kini

1. Time Filler (27%) – Main Game Untuk Mengisi Waktu Luang

Macet? Santai, main game aja dulu. Sumber: Travel Assistant India
Macet? Santai, main game aja dulu. Sumber: Travel Assistant India

Jenis gamer dalam kategori Time Filler adalah gamer yang bisa dikatakan kasual di masa lalu. Maksudnya adalah para gamer dalam kategori ini mengisi waktu kosong mereka dengan bermain game. Entah itu untuk menunggu giliran saat mengantri atau saat duduk di dalam perjalanan panjang. Mereka hanya menganggap game permainan sederhana seperti Tetris atau Candy Crush. Singkat, mudah dimainkan, dan tidak butuh investasi waktu panjang.

2. Cloud Gamer (19%) – Gamer Pecinta Steam

Berapa total koleksi game kamu di Steam? Sumber: Polygon
Berapa total koleksi game kamu di Steam? Sumber: Polygon

Dalam jenis gamer Cloud Gamer, gamer jenis ini adalah mereka yang setia menggunakan platform gaming seperti Steam, PS Store, Xbox Live, Origin, Uplay, Epic Games Store, dan lain sebagainya. Gamer jenis ini membeli game mereka melalui layanan online di atas. Mereka juga mengincar judul-judul game free-to-play dan diskonan. Para Cloud Gamer sangat jarang membeli konsol/hardware baru, dan hanya melakukan upgrade jika dibutuhkan saja.

3. Popcorn Gamer (13%) – Hobi Nonton Esports

Menonton pertandingan esports kini bisa secara langsung di lokasinya. Sumber: Blizzard
Menonton pertandingan esports kini bisa secara langsung di lokasinya. Sumber: Blizzard

Popcorn Gamer seperti pecinta olahraga. Jenis gamer yang satu ini bisa dikatakan bisa bermain game; bisa jago bisa nggak; tapi intensitas bermain mereka kalah jauh dibanding hobi mereka menonton orang lain bermain game. Entah itu menonton live streaming di Youtube atau Twitch, atau menyaksikan kompetisi esports favorit. Mereka suka game, belum tentu sering bermain, tapi pastinya menyukai ketegangan dan drama dari permainan orang lain.

Baca Juga: ONIC Esports Menangkan Mobile Legends Professional League Indonesia

4. Ultimate Gamer (13%) – Hardcore Gamer Masa Kini

Lihat koleksi gamenya! Sumber: Overly Positive
Lihat koleksi gamenya! Sumber: Overly Positive

Ultimate gamer tidak berbeda dengan para hardcore gamer di masa lalu. Mereka menghabiskan uang dan waktu mereka untuk bermain dan membeli game. Saking berdedikasinya, mereka tidak punya waktu untuk menonton live stream atau apapun itu. Yang ada di kepala mereka adalah main game dan beli game.  

5. All-Around Enthusiast (9%) – Gamer Sehat dan Sempurna

Tahu kapan waktunya main dan kapan waktunya nonton. Sumber: Famous People
Tahu kapan waktunya main dan kapan waktunya nonton. Sumber: Famous People

All-Around Enthusiast merupakan jenis gamer yang tertarik dengan segala aktivitas bertema video game. Mereka senang bermain game, suka membeli game, dan senang menonton orang lain bermain game. Jika meminjam kata-kata Thanos, All-Around Enthusiast adalah gamer yang seimbang dan seharusnya demikian.

6. Hardware Enthusiast (6%) – Up to Date Dengan Teknologi

Saking banyaknya, koleksinya bisa dijadikan museum. Sumber: PCMag
Saking banyaknya, koleksinya bisa dijadikan museum. Sumber: PCMag

Jenis gamer Hardware Enthusiast bisa dikatakan sultan-nya para gamer. Buat mereka, membeli konsol game baru di tanggal rilisnya adalah sebuah kewajiban. Mereka ingin menjadi orang pertama yang menjajal teknologi baru dalam dunia game. Mereka adalah orang yang sudah mengantri dari subuh untuk membeli PS4 Pro dengan teknologi 4K dan HDR. Mereka adalah orang yang inden pertama kali untuk membeli video card Nvidia RTX 2080 Ti demi menjajal teknologi ray tracing terbaru di komputer mereka.

Baca Juga: Gosip Panas PS5: Paling Cepat Muncul 2020

7. Backseat Viewer (6%) – Mantan Gamer Nggak Bisa Move On

Mengenang masa-masa main game seperti mengenang masa-masa bersama si dia. Sumber: ClickOnDetroit
Mengenang masa-masa main game seperti mengenang masa-masa bersama si dia. Sumber: ClickOnDetroit

Jenis gamer yang satu ini dulunya merupakan seorang gamer, entah itu kasual atau hardcore. Namun kesibukan kerja atau kuliah memaksa mereka untuk meninggalkan kegiatan main game untuk waktu yang lama. Mereka tidak bermain game lagi karena memang sudah sibuk atau tidak punya semangat lagi. Namun dalam beberapa kesempatan mereka menyempatkan diri menonton orang main game untuk merasakan kembali passion saat mereka bermain game. Terjebak nostalgia, kalau kata Raisa.

8. Conventional Gamer (4%) – Ras Langka di Era Modern

Main game sekarang nggak cuma sekedar main aja. Sumber: Video Game History
Main game sekarang nggak cuma sekedar main aja. Sumber: Video Game History

Para Conventional Gamer bagaikan satwa langka di masa kini. Dahulu, mereka adalah jenis gamer yang duduk di tengah-tengah posisi kasual dan hardcore. Namun seiring berkembangnya zaman dan semakin banyaknya aktivitas yang berhubungan dengan game, para Conventional Gamer ini kembali pecah menjadi klasifikasi di atas. Yang mereka lakukan sekarang hanyalah bermain game sendirian dan sesekali menonton orang lain bermain.


Itu dia delapan jenis gamer masa kini menurut survei dari Newzoo. Gamer yang manakah kamu, diantara delapan tipe di atas? Jika kamu bingung, kamu bisa mencoba survei tersebut di sini. Jika sudah, jangan sungkan untuk membagikan hasilnya di kolom komentar!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d film dengan satu aktor

10 Film Ini Hanya Diperankan Satu Aktor Saja!

Film dengan satu aktor ini sukses memukau meski tanpa dihadiri berbagai karakter pendukung dan antagonis!.. more

(Sumber: jurnalotaku)

Eiichiro Oda: Mangaka dengan Dedikasi yang Extraordinary

Bekerja sesuai passion tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan bukan? Namun bukan berarti segalanya mulus-mulus saj.. more

(Sumber: youtube.com)

Manga Romance Comedy Watashi ni xx Shinasai Mendapat Adaptasi Serial dan Film Live-Action

Watashi ni xx Shinasai, manga bergenre romance comedy ala novelis yang siap untuk ditonton versi Live Action-nya!.. more

00-d-simulcast-streaming

Simulcast dan Streaming: Apa Bedanya?

Meski sama-sama tayang di internet, ada beberapa perbedaan antara sistem streaming dan simulcast. Apa saja perbedaan mas.. more

sumber: http://vgrhq.com

Mengapa Sebuah Game Harus ada IAP dan DLC, Kalian Terganggu?

Bukan lagi rahasia umum jika sebuah game mobile gratis sering kali dibumbui oleh iklan yang dapat membuat pemain bisa ka.. more