Menyambut The Game Awards 2017 di Bulan Desember

8 months ago
The Game Awards 2017. Sumber gambar: variety.com

Karya cipta manusia, baik itu berupa karya seni maupun karya lainnya, merupakan hasil dari sebuah ide dan eksekusi ide yang melewati sebuah proses panjang.

Jadi adalah sebuah kewajaran jika hasil serta proses di balik karya tersebut mendapatkan sebuah apresiasi. Penghargaan. Hal ini terwakili dengan pemberian award/piala untuk mereka yang terbaik dari sekumpulan yang terbaik.

Jika di bidang film Hollywood ada Piala Oscar lewat Academy Awards atau Piala Grammy untuk bidang musik dan lagu, gimana dengan bidang lain seperti video game misalnya?

Piala Oscar untuk penghargaan pada aktor aktris film Hollywood. Sumber gambar: oscar.go.com

Piala Oscar untuk penghargaan pada aktor aktris film Hollywood. Sumber gambar: oscar.go.com

Di sinilah fungsi dari The Game Awards.

Trophy untuk event The Game Awards. Sumber gambar: polygon.comTrophy untuk event The Game Awards. Sumber gambar: polygon.com

Trophy untuk event The Game Awards. Sumber gambar: polygon.com

The Game Awards adalah sebuah event pemberian penghargaan kepada para pelaku industri video game dunia. Acara ini digelar sejak 2014 (menggantikan acara serupa yang dulu digagas oleh Spike TV) dan diorganisir oleh seorang jurnalis video game dan presenter berkewarganegaraan Kanada, Geoff Keighley. Dedikasi Keighley di industri video games sudah lama terlihat dari sepak terjangnya selama ini, dan The Game Awards merupakan salah satu karya dia di bisnis video games dunia.

Geoff Keighley, kreator The Game Awards. Sumber gambar: vrthegamers.com

Geoff Keighley, kreator The Game Awards. Sumber gambar: vrthegamers.com

The Game Awards sudah diadakan sejak 2014, dan mendapatkan sambutan serta atensi tidak hanya pelaku industri video game, namun juga para fans serta gamers dari berbagai penjuru dunia. Untuk tahun 2017 ini, The Game Awards akan diadakan di Microsoft Theater, Los Angeles Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember nanti.

Venue acara The Game Awards 2017 nanti. Sumber gambar: goldenvoice.com

Venue acara The Game Awards 2017 nanti. Sumber gambar: goldenvoice.com

Acara besar ini akan disiarkan live secara streaming melalui internet. Ada lebih dari 16 website dan aplikasi online yang akan menayangkan The Game Awards 2017 nanti, termasuk beberapa negara yang akan melokalisasi acara tersebut ke dalam bahasa setempat mereka. Beberapa yang sudah mengkonfirmasi akan menayangkan event ini (secara gratis tentunya) antara lain Afreeca TV Korea Selatan, Facebook, GameSpot, KakaoTV Korea Selatan, IGN, Nico Nico Jepang, Mixer, PlayStation Store, Steam (walau dalam bayang-bayang blokir di Indonesia dan banyak saluran streaming lainnya).

Ada 102 judul yang mendapatkan nominasi tahun ini. Seperti event sebelumnya juga, ada beberapa kategori yang dapat dipilih fans melalui saluran voting / public choice selain berupa pilihan dewan juri yang terdiri dari praktisi dan pelaku industri video game dunia. Kategori paling bergengsi adalah “Game of the Year”, dan untuk tahun 2017 ini nominatornya berupa nama-nama beken di dunia video games saat ini.

Nominasi Game of the Year 2017 diisi oleh The Legend Of Zelda: Breath of the Wild, Super Mario Odyssey, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Persona 5 dan Horizon: Zero Dawn. Secara keseluruhan, Nintendo meraih nominasi terbanyak (23 nominasi) serta diikuti oleh Sony (15 nominasi) dan Activision (7 nominasi).

Salah satu kandidat kuat peraih penghargaan Game of the Year 2017. Sumber gambar: nintendoeverything.com

Salah satu kandidat kuat peraih penghargaan Game of the Year 2017. Sumber gambar: nintendoeverything.com

Selain Game of the Year, kategori lain yang diperebutkan di The Game Awards 2017 nanti juga tidak kalah mentereng.

Untuk kategori “jury-only” ada Best Game Direction, Best Narrative, Best Art Direction, Best Score/Music, Best Audio Design, Best Performance, Games for Impact, Best On-Going Game, Best Independent Game, Best Mobile Game, Best Handheld Game, Best VR/AR Game, Best Action Game, Best Action/Adventure Game, Best Role-Playing Game, Best Fighting Game, Best Family Game, Best Strategy Game, Best Sports/Racing Game, Best Multiplayer Game, Best Debut Indie Game, Student Game Award serta Chinese Fan Game Award.

Tekken 7 adalah salah satu nominator Best Fighting Game 2017. Sumber gambar: showmegames.co.uk

Tekken 7 adalah salah satu nominator Best Fighting Game 2017. Sumber gambar: showmegames.co.uk

Sementara untuk bagian “fans choice” terdapat kategori Best e-Sport Game, Most Anticipated Game, Trending Gamer, Best e-Sport Player dan Best e-Sport Team.

Professional DotA 2 e-Sport players “Team Liquid” adalah satu dari lima team yang memperebutkan gelar Best e-Sport Team di The Game Awards 2017. Sumber gambar: youtube.com

Professional DotA 2 e-Sport players “Team Liquid” adalah satu dari lima team yang memperebutkan gelar Best e-Sport Team di The Game Awards 2017. Sumber gambar: youtube.com

Dalam kategori ini para fans dapat memilih / vote melalui internet dengan cara mengetikkan ‘Game Awards vote’ di kolom Search Google, atau melalui website resmi The Game Awards http://www.thegameawards.com/awards/ untuk mendukung jagoan mereka.

Untuk memeriahkan acara, digelar pula “Game Awards Sale”, di mana akan diadakan obral/sale di toko-toko digital seperti PlayStation Store dan Xbox Live untuk judul-judul game yang dinominasikan di acara The Game Awards 2017. Game Award Sale tersebut akan dimulai awal bulan Desember 2017 sebelum event utama digelar.

The Game Awards 2016 ditonton lebih dari 8.5 juta pemirsa di seluruh dunia dan game Overwatch dari Blizzard menyabet penghargaan sebagai Game of the Year 2016.

Team developer game Overwatch menyabet penghargaan Game of the Year 2016 di The Game Awards. Sumber gambar: kotaku.com

Team developer game Overwatch menyabet penghargaan Game of the Year 2016 di The Game Awards. Sumber gambar: kotaku.com

Kita tunggu saja apakah tahun ini The Game Awards akan sama atau lebih seru lagi dibandingkan tahun sebelumnya. Yuk, nanti nonton rame-rame ya, bro sis gamers!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Kenangan Manis Tatang Suhenra

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin .. more

Sumber: itadakimasuanime.wordpress.com

Perayaan Valentine’s Day yang Spesial Khas Jepang + Resep dari Gintama

Ada perbedaan antara Valentine’s Day yang dirayakan di Jepang dengan yang ada di budaya barat. .. more

Sumber: Personal Editing

Kurang Motivasi untuk Berkarya? Deretan film tentang Author ini Pasti Bisa Menambah Motivasimu!

Jika kalian bekerja di bidang kreatif seperti illustrator, komikus, ataupun penulis, pasti pernah mengalami yang namanya.. more

Seorang Bapak Menantang Pacar Anaknya Dalam Duel Video Game! Siapa Yang Menang?

Ketika sedang ngapel ke rumah pacarnya, ia malah ditantang main video game oleh bapaknya!.. more

Prequel Trilogy vs Original Trilogy. Sumber gambar: harmonicmama.com

Trilogi Asli Star Wars Lebih Baik Dari Trilogi Prequel-nya. Yakin?

Banyak fans Star Wars merasa kalau Prequel Trilogy tidak diperlukan di saga Star Wars... more