Menyambut Game Spider-Man PS4, Ini Dia Game Spider-Man Jaman Dulu!

2 months ago
Game Spiderman PS4

Saat ini yang sedang trending di dunia gaming adalah game baru Spider-Man yang dirilis untuk PlayStation 4 secara ekslusif.

Diberi judul “Marvel’s Spider-Man”, game aksi petualangan terbaru dari Peter Parker alias Spider-Man ini memang fenomenal. Gak hanya memiliki grafis yang super cakep (terutama saat dimainkan di console PlayStation 4 Pro), game ini juga seru dalam hal gameplay; walaupun ada pendapat yang mengatakan kalau game buatan developer Insomniac ini sedikit terlalu mirip game-game Batman Arkham series-nya developer Rocksteady.

Game Spiderman - Spider-Man PS4

Spider-Man PS4 (Sumber: PlayStation.Com)

Game Spider-Man PS4 juga punya berbagai ‘easter egg’ alias bonus-bonus tersembunyi yang siap untuk ditemukan oleh gamers. Salah satu yang sudah ditemukan, namun bernuansa sedih, adalah proposal lamaran seorang gamer bernama Tyler Schultz kepada pacarnya Maddie.

Saat game ini diluncurkan, Maddie rupanya sudah putus dengan Tyler dan memilih kakak Tyler sebagai pasangan. “Dia mutusin gue dan pergi dengan abang gue, melupakan kebersamaan kami selama lima tahun terakhir” curhat Tyler Schultz lewat video yang di-upload di YouTube.

Video game Spider-Man tentu saja sudah lama ada di dunia game. Malah game Spider-Man sudah pernah dirilis sejak era ‘80an (tepatnya 1982) lewat console jadul Atari 2600. Tentu saja jangan berharap grafis kinclong di game itu, karena gambarnya sangat sederhana sekali.

Game Superman - Atari

ATARI (Sumber gambar: PlayConsole)

Iklan Spider-Man Atari 2600

Spider-Man: The Video Game” dirilis tahun 1991 untuk video game arcade oleh Sega. Grafisnya keren untuk era ‘90an. Karena dirilis untuk arcade, gameplay-nya menganut sistem ‘co-op’ alias bekerja sama. Empat pemain dapat bermain sekaligus di video game ini. Karakter yang tersedia adalah Spider-Man, Black Cat, Namor the Sub-Mariner dan Hawkeye. Gameplay-nya berupa ‘side scrolling action adventure’ yang memang cocok dan sedang booming di berbagai arcade center dunia pada masa itu.

Game Spiderman - Spider-man The Video Game 1991 Sega

Spider-man The Video Game 1991 Sega (Sumber gambar: YouTube)

Video gameplay

Baca juga: High Score Girl, Anime yang Mengulik Video Game Era 90an

Saat peta video game dunia berubah arah dengan kelahiran console berkekuatan arcade (seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn), game-game yang diciptakan cenderung menuju tampilan dan gameplay  3D dengan grafis polygonal. Hal ini merupakan perkembangan sistem dari gameplay 2D (pergerakan satu arah seperti misalnya Super Mario Bros) dengan grafis hand-drawn yang ada di console generasi sebelumnya seperti Super Nintendo dan Sega Genesis.

Game-game bertema Spider-Man ikut mengalami perubahan tersebut.

“Spider-Man” (2000) buatan developer Neversoft untuk console PlayStation sering dianggap sebagai salah satu game Spider-Man era 3D terbaik yang pernah diciptakan. Satu hal menarik dari game yang di-publish oleh Activision ini adalah gameplay yang menggunakan ‘engine mechanic’ dari game sukses PlayStation lainnya: Tony Hawk’s Pro Skater (1999).

Jika kamu pernah merasakan era ‘rental PS’, maka game-game ini hampir pasti pernah kamu mainkan selain game-game Winning Eleven / Pro Evolution Soccer.

Game Spiderman - Spiderman PS 1

Spider-man PS 1 (Sumber: GamesGrabr)

Baca juga: Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

Game Spider-Man PS buatan Neversoft memiliki grafis yang keren banget (tentunya untuk ukuran jaman PlayStation). Gameplay tiga dimensi menjadikan game ini terasa lebih bebas dan luas ketimbang game-game Spider-Man sebelumnya yang menganut sistem petualangan 2D side scrolling. Di Spider-Man PS, kita beraksi seperti Spider-Man dalam komik. Melompat. Berayun. Menjelajahi New York seperti kisah dalam komik-komik Spider-Man. Semua dengan pergerakan bebas kesana-kemari dalam dunia 3D.

Saking suksesnya game Spider-Man tadi, game itu di-port ke console lain juga. Seperti Sega Dreamcast dan Nintendo N64, di mana grafis yang ditampilkan jadi lebih bagus, karena keduanya memiliki kekuatan grafis lebih baik dari PlayStation. Game itu bahkan mendapatkan versi Game Boy juga. Tentunya dengan grafis diubah jadi 2D side scrolling.

Sebuah kemunduran sih… Tapi ini Game Boy. Mesin yang tidak sanggup menangani grafis 3D seperti NDS.

Game Spiderman - Spiderman Gameboy

Spider-man Gameboy (Sumber: Amazon)

Spider-Man tidak hanya muncul di game di mana dia menjadi tokoh utama.

Di game “Marvel Ultimate Alliance” (2006) untuk PS2, PS3, Xbox, Xbox 360, Spidey menjadi salah satu karakter yang dapat dimainkan selain karakter-karakter Marvel Comics lain yang populer seperti Wolverine, Captain America, Thor hingga karakter seperti Ghost Rider. Genre yang digunakan di game ini adalah ‘action role-playing’.

Game Spiderman - Marvel Ultimate Alliance

Marvel Ultimate Alliance (Sumber: YouTube)

Selain itu Spider-Man juga sering menjadi salah satu karakter yang dapat dimainkan di game-game fighting arcade keluaran Capcom.

Sebut saja seperti “Marvel Super Heroes” (1995), “Marvel Super Heroes vs Street Fighter” (1997), “Marvel vs Capcom: Clash of Super Heroes” (1998), “Marvel vs Capcom 2: New Age of Heroes” (2000) dan “Marvel vs Capcom 3: Fate of Two Worlds” (2011) untuk console PlayStation 3 dan Xbox 360.

Game Spiderman - Marvel vs Capcom 3

Marvel vs Capcom 3 (Sumber: Wikia)

Di game-game tadi, Spider-Man bertarung dengan menggunakan kekuatan seperti yang terlihat di buku komik maupun di game-game petualangan sebelumnya. Seru untuk dimainkan bersama teman-teman.

Gameplay Spidey MvC 3

Game Spider-Man juga ada untuk platform mobile smartphone seperti misalnya “Marvel Future Fight” (2015) dan “Spider-Man Unlimited” (2016). Seperti halnya game mobile lain, game-game Spider-Man untuk smartphone ini memiliki gameplay sederhana dengan grafis yang bagus untuk ukuran smartphone. Lumayan untuk iseng-iseng mengisi waktu luang dengan bermain game smartphone.

Game Spiderman - Marvel Future Fight

Marvel Future Fight (Sumber: AminoApps)

Gameplay Android

Dengan kemunculan di lebih dari 15 platform gaming, fans Spider-Man bisa memilih salah satu game Spidey favorit untuk mengisi waktu gaming. Bisa itu di arcade, console hingga perangkat mobile seperti smartphone. Game Spider-Man yang mana favorit kamu?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(Youtube)

7 Hal Tersirat Yang Ada di Lagu Taylor Swift “Look What You Made Me Do”

Look who’s back! Setelah lama tidak terdengar kabarnya, Taylor Swift comeback dengan debut single terbarunya yang berj.. more

00-comicsphere-2018-report

Comicsphere 2018 Sajikan Konsep Pasar Komik Nan Unik

Pasar komik Comicsphere 2018 berlangsung lancar di Spasial Bandung. Suasana event yang cozy membuatnya terasa unik diban.. more

Hotaru 6 ITB (CIAYO Pictures)

Liputan Hotaru 6 ITB: Event Gratis Buat Pecinta Budaya Jepang

Minggu, 21 Mei lalu, lapangan CC Barat dan Timur Institut Teknologi Bandung ramai dengan pengunjung, cosplayer, serta pe.. more

Sumber: Konami.com

Konami Rilis 5 Menit Single-Player Gameplay. Bisakah Metal Gear Survive Bertahan Tanpa Kojima?

Pada acara Tokyo Game Show 2016, pihak Konami sudah memperlihatkan bagaimana gameplay dari seri terbaru “Metal Gear”.. more

Sumber: Google Play Store

Menilik Redupnya Games Musiman. Salah Satunya Ada Tiang Listrik!

Belakangan ini Indonesia diserbu dengan banyak sekali games seru. Tapi karena inovasi datang dari kejadian yang lagi “.. more