Menyambut Halloween, Berikut Tips Membuat Cerita Horror

1 year ago
Sumber: picswall

Kamu suka baca cerita horror? Ada penulis novel Stephen King asal Amerika dan komikus Jepang, Junji Ito yang terkenal dengan kisah horrornya dan wajib dibaca oleh penggemar cerita horror. Tapi apa kamu tahu kalau untuk menulis sebuah cerita horror itu memerlukan poin-poin khusus?

Untuk menulis cerita ataupun membuat komik bergenre horror berbeda dengan membuat cerita fiksi biasa, seperti romance ataupun kisah persahabatan. Komik horror menampilkan tampilan visual yang harus memenuhi ekspektasi pembacanya. Karena kenyataannya sering kali apa yang diimajinasikan oleh pembaca biasanya jauh lebih menyeramkan dari gambar yang ditampilkan si penulis. Baca artikel ini sampai habis untuk tahu tips membuat cerita horror yang seru ya!

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

1. Buat dasar premis yang kuat

Sumber: pinterest

Sumber: pinterest

Komik horror harus punya setting yang kuat, seperti karakter tokoh dalam cerita dan suasana yang dibangun. Yang terpenting adalah apa yang menakutkan bagi tokoh utama harus juga menakutkan bagi pembaca. Jangan membuat alur cerita yang mudah ditebak, seperti tokoh utama yang baru pindah ke rumah tua yang berhantu.

Coba untuk membangun suasana horror yang terjadi ketika tokoh utama sedang melakukan kegiatan kesehariannya. Misalnya, ketika tokoh utama pulang bekerja atau sedang berada di rumah sendirian. Dengan begitu pembaca bakal menebak-nebak kejadian horror apa yang akan terjadi terhadap si tokoh utama ketika sedang melakukan kegiatan tersebut.

2. Sisipkan side story

Sumber: pinterest

Sumber: pinterest

Side story ini adalah kisah dibalik kejadian menyeramkan yang terjadi dalam cerita komik. Seperti beberapa hari sebelum kejadian atau alasan mengapa kejadian horror itu bisa terjadi. Jangan hanya menampilkan sosok hantu yang menyeramkan. Tetapi focus pada kisah mengapa hantu itu bisa muncul dan mengganggu sang tokoh utama.

Dalam poin ini, jangan lupa membuat kisah dibalik munculnya kejadian horror secara berlebihan. Semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari, semakin menakutkan juga cerita horror dibanding dengan kisah yang dibuat-buat secara berlebihan.

3. Ceritakan kejadian yang pernah kamu alami

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Tambahkan unsur nyata dalam cerita atau komik horror yang kamu buat. Kejadian aneh dan horror yang pernah kamu alam dan ditambah dengan detail khusus seperti; ‘sebuah daerah perumahan di kawasan Bogor’. Dengan begitu pembaca gak akan mudah lupa dengan kisah yang kamu tampilkan. Selain itu, menceritakan cerita horror yang kamu alami sendiri membuat ceritamu akan berbeda dengan kisah horror lainnya.

Biasanya pembaca bakalan lebih ‘merinding’ kalau mengetahui cerita horror yang dibuat berdasarkan pengalaman nyata. Kisah horror yang kamu alami gak mesti selalu tentang makhluk kasat mata. Bisa apa saja yang kamu rasakan pengalaman yang janggal.

4. Jangan lupakan moral values dalam cerita

Sumber: fanpop.com

Sumber: fanpop.com

Cerita yang baik adalah cerita yang memberi pembelajaran baru kepada pembaca. Moral value bisa dengan mudah diaplikasikan dalam cerita horror. Lebih bagus lagi apabila cerita horror yang kamu buat bisa mengubah cara pandang pembaca terhadap suatu situasi. Ambil contoh dari anime Jigoku Shoujo/Hell Girl misalnya. Dengan nggak menyulitkan kehidupan orang lain, seseorang gak akan menerima karma yang menyeramkan.

Gimana? udah siap untuk menulis cerita yang super horror untuk di-post ketika Halloween nanti?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(pixabay.com)

Lowongan Kerja Remote atau Magang Jadi Jurnalis dan Blogger!

Buat yang suka menulis tentang pop culture (komik, game, film animasi), dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, K.. more

Pose Bareng Hadiah CIAYO Short Story Challenge

Pemenang CIAYO Short Story Challenge sudah diumumkan. Ini dia selebrasi dari beberapa pemenang yang berhasil diabadikan .. more

Ketidak adilan. Para Dewa Di Sekitar Kita. Sumber gambar: thegeekiary.com

Injustice: Saat Superman Kehilangan Akal Sehat Dan Menjadi Diktator

Storyline Injustice menunjukkan jika seseorang punya kekuatan/kekuasaan absolut, dia akan cenderung mengarah menuju dikt.. more

Hasil jarahan perang dari Pasar Komik Bandung 6 (CIAYO Pictures)

Indonesia Harus Mulai Melirik Intellectual Property Sebagai Komoditi Industri

Inilah kekuatan IP yang harus mulai dilirik oleh penggiat industri kreatif. Ada banyak cara untuk memulai untuk membangu.. more

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more