Menyulap Genre Romance Menjadi Anti Mainstream

4 weeks ago
00-d-genre-romance

“Komik Indonesia kebanyakan genre romance!” “Komik Indonesia gitu-gitu aja!” “Percuma bikin komik genre lain kalau yang dibaca romance lagi!”

Pernah dengar keluh-kesah seperti itu? Memang nggak bisa dipungkiri kalau komik romance selalu jadi santapan manis para penikmat komik Indonesia, setelah komik horor dan komedi. Bahkan hal ini nggak cuma kelihatan di komik aja loh. Coba lihat berbagai buku dan film yang beredar di pasaran. Mana yang banyak diminati orang-orang? Romance lagi! Horor lagi!

Lalu, apa nggak ada harapan bagi genre-genre lain seperti action, fantasy, scifi, dan lain-lain? Tentunya ada dong. Bahkan kamu juga punya kesempatan untuk bisa menggaet pecinta genre romance. Caranya adalah dengan mengkombinasikan genre favoritmu dengan genre romance!

Nggak apa-apa menggabungkan dua genre yang berbeda? Tentu saja. Justru dengan memberikan dua genre dalam satu kemasan, cerita yang kamu buat akan menjadi lebih padat, dan karakternya bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Nah, gimana caranya menggabungkan dua genre ini? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek berbagai contoh kombinasi genre romance berikut ini.

Berbagai Kombinasi Genre Romance Dengan Genre Lain

1. Romance – Slice of Life

Gekkan Shoujo Nozaki-kun, contoh kombinasi genre romance dan slice of life. Sumber: Minitokyo

Gekkan Shoujo Nozaki-kun, contoh kombinasi genre romance dan slice of life. Sumber: Minitokyo

Gabungan antara genre romance dan slice of life biasanya umum ditemui. Kisah sehari-hari yang dibumbui elemen romantis memang bukan sesuatu yang tergolong unik. Meski demikian, genre ini punya berbagai kemungkinan premis menarik sehingga menyajikan sebuah cerita yang segar.

Misalnya saja ada Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Anime ini mengisahkan tentang keseharian Sakura dan Nozaki di sekolah mereka, sembari mengerjakan komik untuk sebuah majalah. Sebagai asisten Nozaki, Sakura ternyata sudah sejak lama menyukai Nozaki. Namun ternyata, Nozaki tak pernah menanggapi serius pendekatan Sakura. Bukan karena ingin menolaknya, tapi karena sejak awal Nozaki memang nggak punya pengalaman dalam urusan cinta!

Berharap bisa berbagi payung saat hujan, malah jadi begini. Sumber: Syfy

Berharap bisa berbagi payung saat hujan, malah jadi begini. Sumber: Syfy

Biasanya genre romance-slice of life juga bisa menjadi kisah romance-comedy, namun ada cara mudah untuk menentukan apakah sebuah cerita mengusung genre romance-slice of life. Jika chemistry atau hubungan antara masing-masing couple stagnan atau berkembang lambat, artinya cerita itu termasuk genre romance-slice of life. Authornya memfokuskan ceritanya ke elemen slice of life dibanding romance.

Dalam contoh Nozaki-kun, kisah keseharian Nozaki dan Sakura menggambar komik, serta kehidupan bersama teman-teman mereka, jadi fokus utama anime tersebut. Romance hanya dijadikan sebagai alat untuk memancing komedi, contohnya adalah keluguan Nozaki akan pengalaman berpacaran, meskipun ia bekerja sebagai author komik cinta-cintaan!

2. Romance – Comedy

Nisekoi, contoh kombinasi genre romance dan comedy. Sumber: Comic Book

Nisekoi, contoh kombinasi genre romance dan comedy. Sumber: Comic Book

Romance-comedy alias romcom merupakan bentuk paling umum dari kombinasi genre romance. Karena biasanya cerita romance otomatis merupakan sebuah cerita drama, penambahan elemen komedi membuat ceritanya menjadi lebih ringan dan mudah diterima pembaca.

Contoh paling gampang untuk cerita romcom salah satunya adalah anime Nisekoi. Nisekoi menuturkan kisah “perjodohan” antara dua orang yang sifatnya bertolak belakang. Raku, anak pemimpin yakuza, dijodohkan dengan Chitoge, anak pemimpin gangster. Keduanya harus menjadi pasangan setidaknya selama 3 tahun sebagai syarat gencatan senjata antara kelompok yakuza dan gangster. Dengan cepat keduanya saling memusuhi, apalagi karena Raku sudah lebih menyukai Onodera.

Benci tapi suka menjelaskan hubungan antara Raku dan Chitoge. Sumber: Animeraifu

Benci tapi suka menjelaskan hubungan antara Raku dan Chitoge. Sumber: Animeraifu

Jika kamu memahami pola genre romcom di atas, cobalah untuk membuat sebuah cerita romance dengan formula tersebut. Anggap saja kamu sedang membuat cerita untuk sebuah FTV. Apakah kisahnya menceritakan pertemuan antara office lady dengan supir angkot ganteng? Cinta antara pskikater dan pasiennya? Atau tumbuhnya asmara antara seorang artis dengan hater-nya?

3. Romance – Horror

Dracula, contoh kombinasi genre romance dan horror. Sumber: The Imaginative Conservative

Dracula, contoh kombinasi genre romance dan horror. Sumber: The Imaginative Conservative

Selain genre romance, genre horror juga banyak disukai orang Indonesia. Bagaimana kalau dua genre populer ini bersatu?

Ambil contoh dalam Bram Stoker’s Dracula, Vlad the Impaler baru saja ditinggal mati istrinya yang bunuh diri. Kecewa, ia berubah menjadi vampir Drakula yang kita kenal selama ini. Drakula hidup setidaknya sampai tahun 1897, dimana Drakula hendak melebarkan sayapnya ke London. Ia menyadari bahwa rekan bisnis yang membantunya mencarikan properti di London, Jonathan Harker, memiliki tunangan yang mirip dengan istrinya di masa lalu. Percaya bahwa tunangan Harker adalah reinkarnasi istrinya, Drakula pun mencoba untuk menculiknya.

Rasa cinta pada istri membuat Dracula menjadi vampir jahat. Sumber: Youtube

Rasa cinta pada istri membuat Dracula menjadi vampir jahat. Sumber: Youtube

Ada dua sisi dalam cerita romance dengan kombinasi genre horror, dan keduanya tampil dalam film Dracula di atas. Pertama, rasa cinta yang dimiliki oleh Drakula kepada istrinya sangatlah besar. Sepanjang film kamu bisa melihat usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh sang vampir untuk bisa kembali bertemu dengan pujaan hatinya. Namun di saat bersamaan, perjuangan Drakula tersebut menjadi teror di mata masyarakat awam. Usaha Drakula untuk menghidupkan kembali istrinya ternyata harus memakan korban. Banyak orang mati dan berubah menjadi vampir seperti dia.

Lewat kombinasi genre romance-horror, kamu bisa menciptakan sebuah kisah romantis yang artistik dan berkelas, namun juga bisa membuatnya jadi twisted dan mencekam. Kamu sendiri lebih suka yang mana?

4. Romance – Action

Mr. & Mrs. Smith, contoh kombinasi genre romance dan action. Sumber: Popsugar

Mr. & Mrs. Smith, contoh kombinasi genre romance dan action. Sumber: Popsugar

Banyak orang menyangka cerita genre romance-action itu sesederhana Super Mario Bros. Seorang penjahat menculik pujaan hati, dan pahlawan mengalahkannya. Akhirnya pahlawan mendapatkan pujaan hatinya sebagai ungkapan terima kasih telah menyelamatkannya. Padahal, kombinasi genre romance-action bisa lebih dari itu loh.

Coba lihat film Mr. & Mrs. Smith. John dan Jane Smith merupakan pasangan suami istri dengan pekerjaan mereka masing-masing. Namun di balik itu, mereka sebenarnya adalah pembunuh bayaran yang dipekerjakan oleh agensi yang berbeda. Mereka kesulitan untuk menyeimbangkan kehidupan rumah tangga dan pekerjaan mereka. Keduanya pun sering bertengkar karena tak bisa memenuhi harapan masing-masing. Pada akhirnya, John dan Jane bersilangan jalan dan harus saling membunuh satu sama lain. Apa yang akan mereka pilih: pekerjaan atau keluarga?

Hati-hati saat bekerja, keluarga menunggu di rumah. Sumber: Geektyrant

Hati-hati saat bekerja, keluarga menunggu di rumah. Sumber: Geektyrant

Cinta memang bisa jadi satu goal yang dapat diraih sang pahlawan jika ia berhasil mengalahkan musuh terbesarnya. Namun memasukkan unsur romance ke dalam genre action juga bisa dalam bentuk sebuah dilema. Bisa saja pujaan hati sang pahlawan ternyata merupakan antagonis yang harus ia lawan. Atau bisa saja pahlawan harus memilih antara tujuan mulia atau kehidupan pribadinya.

Apakah sepadan membiarkan dunia hancur untuk menyelamatkan kekasihnya? Apa yang akan Spiderman lakukan jika ia harus memilih untuk menyelamatkan penumpang kapal yang tenggelam atau Mary Jane yang ditawan Green Goblin? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menciptakan sebuah unsur drama yang kuat, dan memaksa pahlawan untuk mengambil keputusan serta membuat pengorbanan.

5. Romance – Fantasy

Akagami no Shirayuki-hime, contoh kombinasi genre romance dan fantasy. Sumber: Kokoroku

Akagami no Shirayuki-hime, contoh kombinasi genre romance dan fantasy. Sumber: Kokoroku

Kamu tentunya sudah akrab dengan berbagai cerita dongeng. Cinderella, Putri Salju, Putri Tidur, dan masih banyak lagi. Tidakkah kamu menyadari bahwa dongeng tersebut merupakan bentuk dari kombinasi genre romance-fantasy?

Contoh dongeng romance-fantasy di era modern ini bisa kamu lihat di anime Akagami no Shirayukihime. Shirayuki merupakan ahli tanaman dari kerajaan Tanbarun, yang dipaksa oleh Pangeran Raj untuk menjadi selirnya. Menolak, Shirayuki memotong rambut merahnya dan melarikan diri. Ia bertemu dengan pangeran Zen dari kerajaan Clarines. Karena jasanya menyelamatkan pangeran Zen yang diracun, Shirayuki dijadikan salah satu ahli tanaman kerajaan Clarines. Ia dan Zen semakin sering bertemu, dan keduanya mulai saling menyukai.

Kapan mereka menikah?! Sumber: Wikia

Kapan mereka menikah?! Sumber: Wikia

Salah satu kelebihan dari genre romance-fantasy adalah kamu bisa bebas mengekspresikan kisah romantis di dalamnya. Karena setting dunia fantasi tidak terkotak-kotak oleh aturan dunia nyata, kamu bisa membuatnya semakin indah dengan bumbu sihir, makhluk mitologi, maupun estetika klasik abad pertengahan. Selain itu, setting fantasi juga terkenal sangat romantis! Kamu bisa menambah bumbu genre lain agar cerita romance-fantasy ini semakin berwarna.

6. Romance – Scifi

Her, contoh kombinasi genre romance dan scifi. Sumber: Collider

Her, contoh kombinasi genre romance dan scifi. Sumber: Collider

Genre romance juga bisa diaplikasikan ke dalam cerita scifi! Ada alasannya kenapa serial seperti Star Wars dan Legend of Galactic Heroes disebut sebagai space opera. Scifi bukan hanya sekedar cerita di luar angkasa juga loh. Setting bumi dengan perkembangan teknologi pesat juga sudah tergolong sebagai kisah scifi.

Sebagaimana pula dalam film Her, dimana seorang penulis surat bernama Theodore membeli komputer dengan sistem AI yang bisa beradaptasi, untuk menolongnya dari depresi dan perceraian. Ia menamai AI tersebut dengan nama Samantha dan memberinya suara perempuan. Theodore dan Samantha semakin sering berinteraksi dan berkembang, baik dalam pekerjaan hingga asmara. Namun, Theodore justru malah lebih mencintai Samantha yang maya dibanding istrinya sendiri yang nyata.

Theodore sudah menganggap Samantha yang wujudnya abstrak sebagai pacar/selingkuhan. Sumber: Symparanekronemoi

Theodore sudah menganggap Samantha yang wujudnya abstrak sebagai pacar/selingkuhan. Sumber: Symparanekronemoi

Sifat dari genre romance-scifi sebelas duabelas dengan genre romance-fantasy, dimana kamu bisa bebas berekspresi tanpa dikekang aturan dunia nyata. Lewat genre ini kamu bisa menantang hal-hal yang terlihat tabu dan abstrak, seperti hubungan cinta dengan alien atau bahkan robot! Pun juga seperti genre romance-fantasy, kamu bisa kombinasikan romance-scifi dengan genre lain agar ceritamu semakin menarik.


Itu dia beberapa contoh kombinasi genre romance dengan berbagai genre lain. Pastinya dengan kombinasi ini, cerita romance kamu bakal jadi segar dan tentunya anti mainstream! Apa kombinasi genre favorit kamu? Tulis di komentar ya.

Dan jangan lupa bahwa kamu juga bisa baca komik online yang pastinya juga punya berbagai kombinasi genre di atas. Di CIAYO Comics, ada banyak banget komik serupa dan semuanya bikinan komikus Indonesia! Klik gambar di bawah untuk membuka web komik gratis CIAYO Comics.

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Ngobrol Bareng Komikus Cantik Bergenre Ganda

Yuk, ngobrol bareng komikus cantik yang multitalenta ini. Nan Nan selalu membuat ilustrasi dan komik lewat dua genre yan.. more

00-d-penulis-light-novel

Editor Jepang: Penulis Light Novel Ternyata Nggak Bisa Menulis!

Tugas penulis novel adalah menulis novel. Tapi, apa jadinya kalau penulis menyuruh editornya sendiri untuk menulis novel.. more

Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

Para penikmat komik yang awalnya ragu, perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi .. more

spin-off anime

6 Spin-off Anime Yang Sama Keren Dengan Anime Utamanya

Semakin sukses sebuah anime, kemungkina dibuat serial spin-off nya semakin besar. Ini dia 6 spin-off anime yang semenari.. more

(Sumber : Koleksi foto Forum Komik Jogya)

Bincang-Bincang Santai Dengan Anggota Forum Komik Jogya

Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu kota tempat lahirnya para seniman. Seperti salah satu forum ini, yang dijadik.. more