Merayakan Action Comics Edisi Ke-1000. Kenapa Superman Celana Dalamnya di Depan? Ini Jawabannya!

4 months ago
Sumber gambar: comicsbeat.com

Sebelum DC Comic melakukan apa yang mereka sebut sebagai “The New 52” (dan belakangan “Rebirth”), Superman adalah karakter superhero super ikonik dengan kostum khas yang gampang diingat orang.

Maksud saya, ayolah… Tanyakan setiap orang “Apa yang paling bro sis ingat dari Superman?” dan pasti 100% jawaban yang muncul adalah “celana dalam di pakai di luar!” Sampai-sampai zaman dulu ada joke yang seperti ini: “Apa bedanya Suparman dengan Superman? Kalau Suparman pakai celana dalam dulu baru pakai celana. Superman pakai celana dulu baru pakai celana dalam”.

Superman versi Brandon Routh. Sumber gambar: pinterest.com

Superman versi Brandon Routh. Sumber gambar: pinterest.com

Itu sedikit banyak menunjukkan betapa karakter superhero super kuat bagaikan dewa dari planet Krypton ini memiliki kostum yang unik. Gokil. Atau norak? tergantung bro sis mau menilainya dari mana. Dan sedikit banyak menimbulkan pertanyaan “Kenapa sih kostumnya Superman kayak begitu”?

Secara ringkas, bisa dikatakan kalau kostum Superman tersebut mengacu pada kostum karakter-karakter “Circus Strongman” yang ada di sirkus-sirkus era 30-40an yang lalu. Para Strongman ini memiliki kekuatan besar yang mengagumkan sebagai sebuah tontonan sirkus. Seperti mengangkat objek berat dan sejenisnya. Kostum mereka di desain nyentrik agar catchy sesuai tuntutan pekerjaan sebagai bagian atraksi sirkus. Superman mengambil desain dari sini dan memberikan sentuhan sendiri alias tidak menjiplak bulat-bulat.

Inspirasi awal kostum Superman. Sumber gambar: pinterest.com

Inspirasi awal kostum Superman. Sumber gambar: pinterest.com

Superman adalah sebuah ‘Cultural Icon’. Sebagai bagian penting industri komik [DC Comics vs Marvel, Dua Tetangga yang Jarang Akur] Superman mengalami berbagai evolusi, mulai dari desain serta kisah yang diceritakan. Tapi satu hal yang tidak pernah berubah dari Superman sejak kemunculan perdananya di Action Comics #1 Juni 1938 adalah…. celana dalam merah yang dipakai di luar. Desain ini menjadi ‘standard de facto’ untuk desain Superman; siapapun penggambarnya. Karena Superman, walaupun awalnya di desain oleh Jerry Siegel & Joe Shuster, juga digambar oleh banyak komikus DC Comics lainnya seiring perkembangan jaman.

Action Comics #1 adalah komik termahal di dunia (US$ 3.207.852 atau sekitar Rp. 43.306.002.000). Sumber gambar: batman-news.com

Action Comics #1 adalah komik termahal di dunia (US$ 3.207.852 atau sekitar Rp. 43.306.002.000). Sumber gambar: batman-news.com

Tapi desain itu berhenti digunakan saat DC Comics meluncurkan “The New 52”. Sebuah reboot universe DC Comics di bulan September 2011. Reboot dilakukan dengan basis cerita akhir saga “Flashpoint”. Dengan New 52 DC Comics berkesempatan me-reka ulang semua origins maupun desain karakter-karakter superheroes DC Comics karena efek dari “Flashpoint” memungkinkan hal itu. Disitulah desain Superman, yang ikonik selama 73 tahun, dirubah oleh DC Comics.

Desain baru Superman (dan karakter DC Comics lainnya) mulai The New 52 series. Sumber gambar: thecomicshq.com

Desain baru Superman (dan karakter DC Comics lainnya) mulai The New 52 series. Sumber gambar: thecomicshq.com

Mereka menghilangkan celana dalam merah yang jadi ciri khas Supes. Sebuah keputusan yang sempat mengundang perdebatan sengit diantara penggemar komik dunia. Sebagian merasa itu merupakan hal bagus dan sesuai modernisasi komik saat ini. Sebagian lainnya tentu saja mengutuk perubahan tersebut dan menganggap hal itu (penghilangan ‘red trunk’ dari kostum Superman) sebagai sebuah usaha melupakan sejarah. Tapi DC Comics tetap kekeuh tak bergeming dengan keputusan mereka dan tetap menggunakan desain kostum baru untuk Superman (yang menurut saya memang modern tapi tidak lebih baik dari kostum ‘non red trunk’ Superman seperti yang pernah di desain sebelumnya di “Superman Red / Superman Blue”).

Superman Red / Superman Blue. Sumber gambar: moddb.com

Superman Red / Superman Blue. Sumber gambar: moddb.com

Mungkin The New 52 tak berjalan seperti yang diinginkan DC Comics sehingga mereka melakukan hal drastis lainnya, yaitu menghentikan New 52 series di 2016 dan menggantinya dengan “Rebirth” mulai bulan Mei di tahun tersebut. Beberapa perubahan desain dilakukan, seperti misalnya dua Superman (era sebelum Flashpoint dan setelah Flashpoint) bersatu dan menjadi canon untuk kisah Superman selanjutnya. Desain kostum masih mengacu pada kostum ‘no celana dalam merah di luar’ seperti New 52.

Desain “Rebirth” untuk Superman & Batman. Sumber gambar: scifiaddicts.com

Desain “Rebirth” untuk Superman & Batman. Sumber gambar: scifiaddicts.com

Tapi kini ada berita baik untuk penggemar celana dalam merah Superman (?) terkait dengan edisi ke-1000 dari Action Comics.

Edisi ini akan terbit April 2018 dalam format buku besar anthology dan akan berisikan cerita serta gambar buatan komikus serta penulis penting DC Comics. Dan Superman akan memakai desain ikonik klasiknya di edisi tersebut. Alias kostum dengan red trunk. Alias celana dalam di luar seperti di Action Comics tahun 1938 dan sebelum era New 52!

Nama-nama beken yang sudah terkonfirmasi akan mengisi edisi ke-seribu Action Comics ini antara lain Brian Michael Bendis, Marv Wolfman (penulis Crisis on Infinite Earths), Curt Swan (komikus era Silver Age), sutradara film klasik “Superman: The Motion Picture” Richard Donner, Geoff Johns (Chief Creative Officer DC Comics), komikus Olivier Coipel, Peter J. Tomasi & Patrick Gleason (scribe Superman saat ini), komikus Dan Jurgens (scribe Action Comics saat ini), Paul Dini & José Luis García-López (penulis kartun The Adventures of Superman & komikusnya), Tom King, Clay Mann & Jordie Bellarie, Brad Meltzer, John Cassaday & Laura Martin, Louise Simonson & Jerry Ordway, serta Scott Snyder & Tim Sale. Nama-nama lainnya masih menunggu konfirmasi resmi DC Comics.

Mengenai kostum klasik Superman di Action Comics #1000 ini, Jim Lee (salah satu komikus penting DC Comics) ikut menggambar Superman dengan kostum ikoniknya. Dia mengatakan “Tidak ada cara lebih baik merayakan kepopuleran Superman yang berkesinambungan seperti ini selain memberikannya penampilan yang menggabungkan aspek klasik yang membuatnya ikonik dengan aksen modern”. Desain Jim Lee akan digunakan untuk cover Action Comics Edisi Ke-1000.

Cover Action Comics #1000 desain Jim Lee. Sumber gambar: dccomics.com

Cover Action Comics #1000 desain Jim Lee. Sumber gambar: dccomics.com

Buat fans DC Comics, Action Comic #1000 alias edisi ke-1000 bakal jadi barang koleksi yang menarik tentunya. Dan saya sedang mencari cara gimana untuk memilikinya saat mulai dirilis resmi nanti…

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Tim YOLO

Overtale: Kisah Tim YOLO di dunia Fantasi dan Sihir

Overtale bercerita tentang 4 orang Fighter muda bernama Young, Olgan, Lanfroy, dan Oat. Mereka bertarung bersama mengala.. more

www.ciayo.com/challenge

Intip Gallery Challenger Yang Lolos Kurasi

Dari sekian banyak karya yang masuk, tim panelis CIAYO Comics udah milih beberapa karya yang lolos kurasi.. more

Sumber: budnews.hu 

On Body and Soul: Keberutalan Rumah Jagal dengan Sentuhan Kisah Romansa yang Lembut

Menonton “On Body and Soul” membuat kita merasa bahwa Ildiko Enyedi punya kombinasi elemen yang sering kali ditemui .. more

meme qasidah desktop

Berkat Meme, Anak Muda Mulai Tertarik Dengan Musik Qasidah

Potongan video klip lagu qasidah menyebar meme. Media sosial dan grup chatting kini berhias meme qasidah. Kok bisa demik.. more

Sumber: CIAYO Blog

Nyari Duit Lewat Nulis Sekarang Bisa di CIAYO Blog!

Bro sis suka Anime? Komik? Game? Film? Buku? Novel? Semua yang berbau Pop culture? Punya banyak karya tulis yang disimpa.. more