Meski Kalah Rating, One Piece Tetap Terpopuler

6 days ago
(from : otakukart.com)

Pada setiap tahunnya, entah berapa banyak serial anime baru yang bermunculan dan tayang di televisi. Namun bisa dicermati bahwa hanya ada beberapa anime yang mampu bertahan lama dan terus memegang rating tinggi. Serial anime One Piece adalah salah satu franchise anime paling populer sepanjang masa yang berhasil bertahan memegang rating tinggi hingga sekarang. Serial anime ini bahkan pernah mendapatkan peringkat lebih tinggi daripada Dragon Ball Super yang pernah populer.

(from : otakukart.com)

(from : otakukart.com)

Tetapi belum lama ini, anime Dragon Ball Super justru mendapatkan rating lebih tinggi daripada One Piece pada peringkat program di Jepang. Dengan sedikit perubahan alur cerita baru, yakni dimunculkannya kembali musuh bebuyutan Goku Cs yakni Frieza, ternyata mampu menyedot perhatian penonton untuk lebih memilih serial Dragon Ball Super daripada One Piece. Episode 94 Dragon Ball yang mulai nampak perubahan alur ceritanya, berhasil mendapat angka 6,3% dibandingkan dengan One Piece’s yang hanya 5,8%. Dragon Ball Super telah pindah ke posisi 6 dan One Piece ke posisi 7.

(from : comicbook.com)

(from : comicbook.com)

Jika kita membicarakan tentang kepopuleran, tentu saja anime One Piece lebih populer karena selalu mendapatkan rating yang lebih tinggi daripada anime Dragon Ball Super. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut sekarang telah berubah karena peringkat Dragon Ball Super telah mengalahkan One Piece. Lalu sebetulnya bagus mana sih, anime One Piece ataukah Dragon Ball Super ???

(from : shonengamez.com)

(from : shonengamez.com)

Sudah pasti jika membahas kedua manga dan anime populer ini, bakalan banyak pro dan kontranya guys. Masing-masing jelas punya basis fans yang fanatik. Namun dari data yang sudah tim CIAYO Blog rangkum, ternyata anime One Piece tetaplah yang paling unggul daripada Dragon Ball Super. Berikut ini keunggulan anime One Piece dibandingkan dengan Dragon Ball Super ataupun jenis anime lain yang bergenre sama:

1. Jalan Ceritanya Unik

(from : toonbarn.com)

(from : toonbarn.com)

Jalan cerita petualangan seru dan heboh para kru topi jerami dengan ratusan episode ini, masih menarik di mata fans. One Piece mengambil konsep petualangan dari satu pulau ke pulau lain tanpa kembali. Setiap pulau yang mereka kunjungi memiliki latar, konsep, dan karakter yang berbeda. Sehingga, penonton dan pembaca selalu disuguhi sesuatu yang baru.

Seperti saat ini, Luffy dan kawan-kawannya sedang berpetualangan di Totto Land yang mengambil konsep dunia dongeng, di mana segala hal merupakan variasi dessert, mulai dari es krim, cokelat, biskuit, permen, keju, selai, dan kacang. Hmmm, yummy.. Bener-bener memuaskan mata para penggemar anime ini banget deh, karena gambarnya super lucu dan menggoda selera. Pantas saja One Piece tetap berada di posisi pertama dari segi popularitas, soalnya banyak elemen yang bikin orang nggak bisa berpaling ke yang lain sih. Hihihi

2. Sisi Humor yang Pas

(from : viz.com)

(from : viz.com)

Dalam One Piece, tidak ada karakter yang sepenuhnya serius. Semuanya berkat peran protagonis – Luffy, yang berhasil membuat lawan-lawan terkuatnya jatuh hati, ingusan, menganga, kesal sendiri, dan gagal paham. Bukan karena dirinya humoris, namun memang si Luffy ini nggak ngerti kapan waktu yang tepat untuk berucap atau bertindak. Sebagai karakter utama, ia bahkan nggak memiliki kecerdasan tinggi dan selalu membuat orang di sekitarnya panik gegara tingkah polos dan konyolnya.

3. Konsep Ceritanya Oke

(from : zerochan.net)

(from : zerochan.net)

Hal yang benar-benar membedakan One Piece dari serial anime lainnya adalah filosofinya. Pada hakikatnya, serial ini memiliki inti utama berupa ‘impian’. Cerita One Piece dimulai ketika Raja Bajak Laut mengumumkan lokasi harta karun terbesar di dunia ini menjelang hukuman mati. Semua orang yang menyaksikannya tersulut semangatnya dan berbondong-bondong mengarungi lautan demi mencari harta karun tersebut. Karena kejadian ini, dimulailah yang namanya era bajak laut. Setiap karakter punya impian masing-masing, seperti mengungkap sejarah dunia, menjadi dokter terbaik, menggambar peta dunia, bahkan sesederhana bertemu dengan teman lama. Jelas banyak sisi positif yang bisa diambil dari anime ini.

4. Gambar Fiksi Super Keren

(from : wallpup.com)

(from : wallpup.com)

Yup, sekarang kita bicara hal yang paling menarik ya guys. Di dalam dunia One Piece, banyak sekali gambar fiksi yang nggak ada di serial anime lainnya. Dimulai dari banyaknya lokasi yang mirip dengan tempat asli di dunia nyata yang tersebar di 5 lautan, baik itu gambar ribuan pulau di darat dan pulau di atas awan, bulan, bawah laut, dan bawah tanah–yang masih menjadi misteri.

Gambar karakternya juga sangat beragam, ada raksasa, kurcaci, manusia setengah ikan/duyung, manusia setengah mamalia, manusia tangan panjang, dan paling menarik, manusia pemakan buah iblis. Konon, buah iblis bisa memberikan kekuatan di luar batas imajinasi! Dari mengontrol salju, berubah jadi hewan, hingga meledakkan upil. Super keren kan!

5. Tidak Ada Karakter yang Sempurna

(from : fanpop.com)

(from : fanpop.com)

Semua tokoh karakter One Piece nggak ada yang sempurna. Sepintar, sekuat dan seterkenal apapun, pasti memiliki kelemahan juga. Belum lagi masalah negara seperti konflik militer, politik, ekonomi, hak asasi, dan teknologi, sampai masalah hubungan keluarga, pendidikan, petualangan, persahabatan, hingga percintaan dalam cerita One Piece, sangat banyak kita temui di dunia asli. Jadi masih ada hubungan erat antara pembaca/penonton dengan tokoh karakter di anime One Piece.

Nah, itu dia Bro and Sis, beberapa rangkuman informasi seputar alasan mengapa anime One Piece masih tetap populer dan berkesan di mata fansnya dibandingkan dengan Dragon Ball Super, walaupun sedang kalah rating saat ini. Oiya, bagi yang kurang setuju boleh juga kok kasih komentar di kolom bawah artikel ini.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 14: Sehangat Sentuhan Seorang Ibu

Gabrielle tidak habis pikir dengan jawaban Sabrina. Ia tahu, Sabrina memang lapar. Bukan keadaan perut yang Gabrielle in.. more

(Sumber: duniaku.net)

Jangan Lewatkan Tournament-Tournament Besar Ini di BEKRAF Game Prime 2017

idak hanya berupa pameran dan workshop, Game Prime 2017 juga mengadakan berbagai tournament. Bagi kamu yang penasaran d.. more

Tim YOLO

Overtale: Kisah Tim YOLO di dunia Fantasi dan Sihir

Overtale bercerita tentang 4 orang Fighter muda bernama Young, Olgan, Lanfroy, dan Oat. Mereka bertarung bersama mengala.. more

Komik Strip Paling Viral Sepanjang Tahun 2016 Hingga Awal 2017 Versi CIAYO Comics

Komik strip yang sering seliweran di timeline sosmed kita, sering bikin ngakak, ketawa geli, bahkan nyengir nggak berhen.. more

(from : instagram @komiksoekirman)

Soekirman Recehan : Komik Seorang Tukang Parkir yang Super Gaul

Kalau kalian aktif di media sosial, pasti kalian tahu banget sama salah satu komik strip paling lucu ini, yaitu Soekirma.. more