Metal Slug series: Game Seru & Familiar Untuk Semua Gamers

5 months ago
youtube.com

“Heavy Machine Gun!”

Ingat seruan dari game ini?

Sumber : GameJolt

Sumber : GameJolt

Inilah salah satu game keluaran SNK yang paling banyak di-port dan remake. Bukan hal yang aneh, sebab Metal Slug memang terkenal sebagai game yang seru, menantang, sedikit komedik dan menyenangkan untuk dimainkan oleh siapa saja dengan umur maupun gender apa saja.

Screenshot game Metal Slug 1. Sumber: MobyGames

Screenshot game Metal Slug 1. Sumber: MobyGames

Hal ini sudah terbukti selama bertahun-tahun sejak game ini rilis pertama kali di dunia lewat mesin arcade “Neo Geo MVS” tahun 1996 dari SNK. SNK, yang sedang berulang tahun ke-40, memperkenalkan sebuah game side scrolling shooting run-and-gun yang adiktif untuk dimainkan kapan saja dan berulang kali. Disitulah hebatnya pesona Metal Slug.

Cabinet MVS SNK di sebelah cabinet CPS-2 Capcom. Sumber: CollectEdit

Cabinet MVS SNK di sebelah cabinet CPS-2 Capcom. Sumber: CollectEdit

Bagaimana game “Mario dengan senjata berat” ini diciptakan?

Pada waktu awal ‘90an, sekelompok programmer game dari perusahaan bernama Irem, yang merupakan spesialis game-game arcade (era ‘90an adalah era keemasan produk arcade cabinet di berbagai tempat), bersama-sama menciptakan berbagai game arcade dengan pendekatan yang seragam untuk menghemat waktu dan sumber daya.

Keseragaman terlihat dari desain, pendekatan gameplay serta grafis yang ditampilkan. Grup ini (yang berisikan tokoh-tokoh penting di industri arcade cabinet pada masa itu seperti Akio, Susumu, Kozo, Tomohiro dan beberapa nama lain) menciptakan game-game arcade yang terkenal dan jadi hits; seperti Armed Police Unit Gallop, Undercover Cops, In The Hunt serta Gunforce 2 (Geo Storm untuk pasar Jepang).

Geo Storm! Mirip Metal Slug ‘kan? Sumber: YouTube

Geo Storm! Mirip Metal Slug ‘kan? Sumber: YouTube

Game-game ini bisa dibilang sebagai predecessor alias nenek moyang dari Metal Slug. Irem yang bangkrut tahun 1994 menyebabkan kelompok programmer tadi mendirikan perusahaan mereka sendiri, Nazca Corporation dan berkolaborasi dengan SNK untuk menciptakan game arcade di platform SNK yaitu Neo Geo MVS.

Metal Slug original diciptakan dengan membawa beberapa elemen dan ide yang sebelumnya ada di game Geo Storm, seperti berbagai jenis senjata berat yang bisa dipakai di sepanjang permainan, kemampuan mengendarai kendaraan, hingga model misi dimana tujuannya mencapai Boss sambil menyelamatkan tahanan perang.

“Hey! Sini tolongin gue!” Sumber: Wikipedia

“Hey! Sini tolongin gue!” Sumber: Wikipedia

Dirilis tahun 1996 untuk mesin arcade cabinet SNK “Neo Geo MVS”, Metal Slug sukses memadukan aksi tembak-menembak seru dalam format side-scrolling dengan Time Meter yang berjalan mundur sehingga memaksa gamers untuk terus bergerak tanpa membuang waktu mereka.

Dengan grafis hand-drawn serta animasi yang halus dan hal-hal komedik, Metal Slug menjadi sebuah game platforming ala game Mario, namun dengan aksi keras dan cepat seperti halnya Geo Storm ataupun Super Contra dari Konami.

Naik “Slug” alias tank mini dan dikejar waktu. Sumber: YouTube

Naik “Slug” alias tank mini dan dikejar waktu. Sumber: YouTube

Metal Slug kemudian terus dibuat. Baik dalam format sekuel maupun spin-off. Semua game Metal Slug bisa dikatakan seru dan menantang. Awalnya hanya SNK yang mendapatkan game ini, yang artinya jika seseorang mau memainkan game-game Metal Slug maka dia harus main di arcade ataupun di console buatan SNK “Neo Geo AES” yang harganya sangat mahal sekali (bahkan hingga hari ini!). Metal Slug 1 sampai dengan 5 mengalami hal ini. Namun kemudian Metal Slug mulai di-port dan dibuat untuk platform lain, terutama pasca SNK bangkrut dan dibeli Playmore sebelum kemudian kembali berdiri sendiri lagi.

Tahun 1993 console Neo Geo AES dijual sekitar satu juta-an di kota Medan. Kini harganya sudah berkali lipat. Sumber : TechRadar

Tahun 1993 console Neo Geo AES dijual sekitar satu juta-an di kota Medan. Kini harganya sudah berkali lipat. Sumber : TechRadar

Secara canonical dan numerical, ada tujuh game Metal Slug dengan lebih dari tujuh game Remakes, Compilation serta Spin-Offs. Game Metal Slug kini ada di banyak tempat; mulai dari PC, PlayStation series, console & handheld dari Nintendo, Xbox family, dan tentu saja di smartphone seperti Android dan iOS.

Terkini ada Metal Slug XX yang akan dirilis untuk PlayStation 4. Ini merupakan remake/update dari Metal Slug 7 yang sebelumnya tersedia untuk PSP dan Xbox 360. Metal Slug XX untuk PS4 dijual mulai musim panas 2018 nanti.

Segera untuk PlayStation 4. Sumber: Gematsu

Segera untuk PlayStation 4. Sumber: Gematsu

Belum pernah main satupun game Metal Slug? Cobain! Dijamin seru dan bikin heboh main secara multiplayer bersama teman.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: hawaiihome.me

Kue Panjang Umur Jepang Ini Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Kue penyebab kematian mendadak di Jepang... more

Tahun 2017 Waktunya Berkolaborasi Dengan CIAYO Comics

Yes guys! Tahun ini adalah awal yang tepat untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics!.. more

00-d-yo-kai-watch-world

Yo-Kai Watch World Menjiplak Game Pokemon GO?

Meniru atau terinspirasi? Game Yo-Kai Watch World rilis untuk mobile, dan pemain menyadari kemiripan fitur gamenya denga.. more

(Sumber: lostanime.com)

Tribute to Tour de France Event: Ini Dia Daftar Anime Bertemakan Sepeda

engsi kejuaraan Tour de France (TdF) sangat besar dan sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk merayakannya event To.. more

Yayoi Kusama. (Sumber: highsnobiety)

Yayoi Kusama: Polkadot Queen Asal Jepang yang Mendunia

Kalau kamu dengar nama Yayoi Kusama, pasti teringat dengan polkadot. Yap, seniman asal Jepang ini termasuk sebagai salah.. more