Miss Ito: Komik Kisah Cinta Dewasa Muda Yang Serius Namun Tetap Manis

2 weeks ago
Miss Ito. Sumber: Prelo

Apa sih arti cinta di mata orang dewasa? Biasanya anak kecil dan remaja tak suka jika disebut sedang menjalani cinta monyet. Namun kenyataannya, menyukai seseorang bukan sekadar mengumbar janji sehidup semati. Ada kalanya realita bisa mengalahkan manisnya hidup yang dipenuhi asmara.

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Kenyataan pahit tersebut baru saja diterima oleh Ito, wanita karir berusia 28 tahun yang dicampakkan pacarnya, lewat SMS, di malam Natal. Tragedi pahit itu membuat Ito kembali ke kebiasaan buruknya, makan tak terkontrol dan merokok. Ia sudah siap menjalani hidup baru sebagai wanita single di tahun yang baru pula. Namun keadaan akan berubah dengan masuknya seorang teman kerja yang senang menjahili Ito. Hubungan kerja kini berubah menjadi lebih dari sekadar teman biasa. Akankah Ito memiliki pacar baru di tahun ini?

Kilasan cerita barusan merupakan secuil potongan dari manga Miss Ito, sebuah antologi manga pendek karangan Aki Eda yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Cerita Miss Ito yang dibagi ke dalam 13 chapter pendek ini awalnya diterbitkan di situs pribadi Aki Eda dan kini dibukukan dalam sebuah koleksi antologi.

Selain kisah Miss Ito, masih ada lagi cerita lainnya karya Aki Eda. Dalam Teacher+ misalnya, ada seorang guru perempuan yang bertemu dengan lelaki yang mengaku ingin mengambil kekuatan sihir yang ada dalam tubuhnya. Guru itu tak menyadari kekuatan tersebut, namun ia memilih untuk memakainya agar bisa memperbaiki hubungan dengan sang tunangan.

Dalam cerita Beginning, Masakazu bertemu dengan Suzuko, adik angkat perempuan untuk pertama kalinya. Sang adik ternyata seumuran, dan berasal dari kampung. Keduanya pun saling berusaha untuk menyesuaikan diri: Suzuko dengan kehidupan di Tokyo, dan Masakazu dengan kehidupan dengan keluarga baru.

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Bagaimana rasanya memiliki pacar bertubuh tinggi? Dalam kisah High & High, ada cerita manis antara perempuan berbadan tinggi dan pacar lelakinya yang jauh lebih tinggi lagi. Keduanya berbagi kisah suka-duka memiliki pasangan bertubuh besar. Sementara itu, dalam cerita Dream House, pasangan suami istri memutuskan untuk pindah dari apartemen dan tinggal di rumah yang dibeli sang suami. Masalahnya, rumah yang mereka tinggali sekarang adalah rumah ninja yang dipenuhi berbagai macam jebakan dan pintu rahasia.

Dalam kisah Chocolate Cake, seorang suami membelikan sebuah cake cokelat dan membawanya ke rumah. Padahal, hari itu bukan sebuah hari spesial. Kira-kira apa ya niatan sang suami? Pada kisah Story About Their Meeting, Kohei Onishi mengingat kembali pertemuannya dengan seorang perempuan bernama Saito Chieko. Keduanya pertama kali bertemu setelah dicomblangi oleh teman Kohei. Bagaimana cerita keduanya berlanjut?

Terakhir adalah cerita berjudul Bluff, yang ber-setting di sebuah klub voli SMA. Harada akhir-akhir ini bersikap keras kepada para seniornya. Teman-temannya merasa takut bahwa sikap Harada ini akan menimbulkan keretakan pada tim. Namun sepertinya Harada punya maksud lain di balik sikap dinginnya kepada para senior.

Cerita-cerita di dalam antologi Miss Ito memiliki tema yang beragam, namun tema utama yang mendominasi adalah kisah romansa dewasa muda. Di sini kita bisa melihat seperti apa sih cerita cinta mereka yang sudah mencapai ujung kepala 2. Seperti apa kisah cinta seorang wanita karir, guru SD, dan istri seorang novelis?

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Romansa dalam cerita yang diramu Aki Eda bukanlah sekadar janji semu. Ia mampu mengubah situasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari menjadi momen yang hangat dan manis. Secara tidak langsung, hal ini memberikan sebuah kesempatan bagi tiap karakter untuk membuktikan perasaan mereka.

Bagi saya hal ini sangat penting. Masalah utama cerita shoujo adalah ia ingin menjadi sebuah cerita romantis, namun berusaha terlalu keras untuk mencapai tujuan itu sehingga hasil akhirnya malah jadi gombal dan terlalu picisan. Aki Eda paham akan hal ini, dan lewat karyanya di Miss Ito ia berhasil menciptakan nuansa romantis dari momen yang sangat biasa sekalipun. Aki Eda tahu bahwa momen-momen kecil memiliki keindahan dan kehangatan yang tak bisa ditandingi gombalan artifisial dari seseorang yang sudah kebelet punya pacar.

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Aki Eda juga tidak menambahkan bumbu yang aneh-aneh seperti konflik khas opera sabun atau hal yang bisa bikin mumet kepala. Konflik yang ditampilkan olehnya dalam cerita-cerita di Miss Ito jauh lebih sederhana namun rasa dilematisnya tetap terasa. Hanya dengan menampilkan rasa galau karakter, rasanya sudah cukup menjadikan kisah-kisah di dalamnya lebih berakar ke dalam kehidupan sehari-hari.

Toh pada akhirnya, kita hidup dalam sebuah realita, bukan fantasi yang dibentuk dari ucap manis belaka. Bagi saya, cinta di mata seseorang yang telah dewasa dapat dirasakan dalam hal-hal kecil dan sederhana, yang dijalani bersama pasangan setiap harinya. Karenanya, kita akan menghargai setiap detik yang berlalu dan itu akan semakin memperkuat rasa cinta dan sayang kepada pasangan.

Sumber: Goodreads (https://www.goodreads.com/book/show/22018719-miss-ito)

Sumber: Goodreads (https://www.goodreads.com/book/show/22018719-miss-ito)

Ehm, malah jadi ceramah nih. Antologi manga Miss Ito boleh jadi koleksi kamu jika cerita romansa manis seperti ini merupakan hal yang kamu sukai atau kamu dambakan. Cerita favorit saya jatuh pada Miss Ito sebagai cerita utama, dan Teacher+ karena menjadi satu-satunya cerita yang berakhir dalam keharuan. Kalau kamu sudah punya manganya, cerita mana yang jadi favoritmu? Menurut kamu, pacaran yang ideal itu seperti apa? Jangan lupa tulis di komentar ya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna dan sebuah studio video game. Biasanya bermukim di Bandung, namun bisa teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Faza Meonk & Walikota Seoul, Park Won Soon (pionicon.com/blog)

Faza Meonk, Duta Pariwisata Kehormatan Seoul

Kalo yang udah follow Instagramnya, pasti tahu dong timeline nya kemaren-kemaren. Faza main ke Korea!.. more

Lowongan Kerja Programmer di Startup Ini Tidak Membutuhkan Ijazah Sama Sekali

Apakah kamu seorang drop out, tidak pernah kuliah atau memang lagi skripsi nunggu sidang namun memiliki skill programmin.. more

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

(CIAYO Pictures)

Jason David Frank Menggebrak Panggung Indonesia Comic Con 2017

Kehadiran Jason David Frank di Indonesia Comic Con 2017 membangkitkan ingatan fans Power Rangers dan menggebrak panggung.. more

Ngobrol-Ngobrol Bareng Creator Bunbu, Si Kelinci Imut yang ‘Ngeselin’

Bro sis, udah kenal belum sama Bunbu, Si Kelinci Imut? Selain karakternya eksis seliweran di Instagram, Bunbu juga ada g.. more