Miss & Mrs Cops: Film Action Komedi Dengan Pesan Empowering

3 months ago
Miss & Mrs Cops

Di bulan ini, pecinta film Korea bakal dipuaskan dengan munculnya dua film action menarik. Pertama ada The Gangster, The Cop, The Devil yang diperankan Ma Dongseok, Kim Muyeol dan Kim Sungkyu. Selain film tersebut, ada pula Miss & Mrs Cops yang diperankan Ra Miran, Lee Sungkyung, Yoon Sanghyun, dan Choi Sooyoung. Meskipun di atas kertas Miss & Mrs Cops berbeda dengan The Gangster, The Cop, The Devil, film action komedi tersebut masih bisa memberikan hiburan yang cukup memuaskan.

Miss & Mrs Cops berkisah tentang Park Miyoung, seorang polisi veteran dengan berbagai penghargaan. Setelah menikah dengan calon pengacara Jo Jichul dan memiliki anak, Miyoung dipindah tugaskan ke divisi pengaduan kepolisian. Sementara itu adik ipar Miyoung, Jo Jihye, menjadi detektif muda kepolisian dan sering membuat masalah karena menggunakan kekerasan dalam kasusnya.

Untuk mendisiplinkan Jihye, ia dipindahkan ke divisi pengaduan bersama Miyoung dan rekannya Yang Jangmi. Miyoung dan Jihye tidak bisa akur, karena mereka saling membuat masalah dalam keluarga kecil mereka. Namun mereka dipaksa untuk melupakan perbedaan mereka setelah mendapatkan laporan dari seorang perempuan bernama Seojin. Seojin meninggalkan ponselnya di meja Miyoung, kemudian lari ke tengah jalan dalam percobaan bunuh diri.

Dengan keahlian komputer Jangmi, mereka mengetahui bahwa ternyata Seojin adalah korban perkosaan dan video seksnya akan disebarkan ke internet dalam waktu dekat. Merasa terpanggil, ketiganya sepakat untuk menolong Seojin dan calon korban lainnya. Namun dengan posisi kepolisian yang fokus pada kasus-kasus kriminal besar, bagaimanakah Miyoung dan Jihye mengungkap sindikat prostitusi ini?

Dalam Miss & Mrs Cops, dua saudara ipar yang bermusuhan harus bekerja sama menyelesaikan kasus prostitusi. Sumber: Kumparan
Dalam Miss & Mrs Cops, dua saudara ipar yang bermusuhan harus bekerja sama menyelesaikan kasus prostitusi. Sumber: Kumparan

Miss & Mrs Cops merupakan film buddy cop komedi yang menampilkan aksi dua rekanan dengan sifat bertolak belakang, yang ditambah unsur komedi di dalamnya. Jika melihat premis demikian, mungkin beberapa orang akan teringat dengan film Hot Fuzz atau 21 Jump Street. Meskipun katakanlah Miss & Mrs Cops gagal menampilkan aksi menegangkan atau komedi yang witty dan cerdas, film ini masih asyik dinikmati karena beberapa hal. Pertama, film ini tahu kapan momen berkelakar dan momen serius, dan kedua, punya timing komedi yang tepat sehingga tawa mudah terpancing.

Sebuah film buddy cop tentu harus didukung karakterisasi yang oke. Ra Miran dan Lee Sungkyung mampu menonjolkan seberapa kontras sifat antara Miyoung dan Jihye. Miyoung sebagai polisi veteran yang sudah lewat masa emasnya, kini bekerja demi uang dan keluarganya. Sementara itu, Jihye dengan semangat menggebunya kadang beraksi di luar koridor batas sehingga lebih banyak membuat masalah baru. Bagaimana kedua value tersebut berbaur dan mencoba saling bekerja sama tentu menampilkan dinamika menarik.

Baca Juga: Iko Uwais Melawan Dave Bautista di Film Stuber!

Aksi Miyoung dan Jihye tidak bisa lepas dari bantuan Jangmi. Sumber: Korea Joongang
Aksi Miyoung dan Jihye tidak bisa lepas dari bantuan Jangmi. Sumber: Korea Joongang

Karakter pendukung pun memiliki charm tersendiri. Diantara aktor lain, Choi Sooyoung punya star power yang sangat besar sebagai salah satu anggota SNSD, dan star power itu ditampilkan dengan sesuai. Jangmi merupakan karakter pendukung yang memiliki banyak kejutan, entah itu dari wataknya yang sangat savvy hingga latar belakang tokohnya. Sementara itu walaupun Yoon Sanghyun memerankan Jichul yang nampak sebagai karakter terpayah, ia memiliki sense of justice yang sangat besar. Keluguan Jichul dan dikombinasikan dengan sifat ksatrianya menghasilkan berbagai momen terbaik dalam film ini.

Mengangkat berbagai isu sosial penting di masyarakat. Sumber: CJ Entertainment
Mengangkat berbagai isu sosial penting di masyarakat. Sumber: CJ Entertainment

Yang menarik, film Miss & Mrs Cops ini menyelipkan berbagai pesan moral yang relevan dengan perkembangan masyarakat Korea masa kini. Berbagai isu disinggung di sini seperti perkembangan internet dan literasi netizen Korea, kesetaraan gender, hingga consent dalam hubungan percintaan. Film Miss & Mrs Cops seakan ingin berkata bahwa polisi-polisi wanita seperti Miyoung dan Jihye punya kemampuan fisik dan integritas moral yang sama hebatnya dengan para polisi pria.

Jihye justru lebih seram dari penjahatnya. Sumber: Kumparan
Jihye justru lebih seram dari penjahatnya. Sumber: Kumparan

Agak sedikit disayangkan bahwa karakter antagonis yang dimainkan Wi Hajoon, Joo Woojae, Kang Hongsuk, dan Kim Dowan tidak dikembangkan dengan baik sehingga mudah dilupakan. Selain itu, beberapa adegan penting memiliki alur yang cukup random. Jika bagian ini lebih diperdalam dengan beberapa adegan baru, rasanya akan jauh lebih baik untuk mengisi kekosongan.

Yah, meski demikian Miss & Mrs Cops masih merupakan tontonan menghibur di musim liburan ini. Secara mengejutkan film ini tidak terlalu mengandalkan unsur melodrama yang kuat, dan sebaliknya bersinar lewat komedi yang bagus dan chemistry karakter baik. Jika sudah puas dengan Miss & Mrs Cops, kamu mungkin mau coba menonton The Gangster, The Cop, The Devil untuk melengkapi hiburan film Korea di bulan ini.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Banner AFA 2017 Jakarta. Sumber: animefestival.asia

C3 AFA 2017 Jakarta: Perhelatan Akbar Para Penggemar Anime

Bulan Agustus telah tiba, yang artinya sebentar lagi akan digelar acara tahunan keren untuk para penggemar anime di Asia.. more

Sumber gambar: godofwar.playstation.com

Game God of War Akan Mengeksplor Legenda Mesir Atau Maya: Kenapa Tidak India Saja?

God of War adalah sebuah franchise penting untuk Sony dan platform PlayStation mereka. Game action ini lahir di era Play.. more

Sumber gambar: steemit.com

Tak Hanya PUBG dan Fortnite – Game Berikut Juga Cocok untuk Mode Battle Royale Death Match

Saat ini di kalangan PC gamers sedang trending game berbasis “Battle Royale Death Match”. Battle Royale? Seperti apa.. more

PILKADEW : Pemilihan Kepala Dewa. Nah Lho?!

Bro sis udah pernah baca komik Pilkadew? Komik karya kolaborasi Danar, Dhana, dan Edwin ini bahas tentang politik nggak .. more

Sailor Moon Café Kembali Di Tahun 2017

Bishojo Senshi Sera Mun, 美少女戦士セーラームーン, atau dalam versi internasionalnya dulu lebih dikenal deng.. more