Model Plus-Sized Asal Korea Selatan: No More Body Shame!

5 months ago
(Sumber: www.jobnjoy.com)

Untuk jadi model, kamu ga harus punya tubuh yang kurus loh. Gak percaya? Nih, Plus Sized-Model asal Korea Selatan, Yeom Yoon Hye dan Bae Kyo Hyun adalah contohnya. Di tanggal 16 Juli lalu, Yoon Hye baru aja debut sebagai model untuk mempromosikan brand dari baju ukuran besar. Ceritanya Yeom Yoon Hye dan Bae Kyo Hyun dikenal dari sebuah acara fashion show/modeling competition. Dari 170 plus sized model yang ikut berpartisipasi, Yoon Hye berhasil menjadi meraih juara pertama dan Kyo Hyun sebagai juara kedua berdasarkan voting. Yoon Hye bercerita kalau sejak kecil impian dia adalah untuk menjadi seorang entertain. Tapi merasa kalau belum ada tempat untuk orang yang bertubuh besar.

(Sumber: www.jobnjoy.com)

(Sumber: www.jobnjoy.com)

Bobot tubuh lebih mereka ini expectedly banyak menuai komentar negatif di sosial media. Namun, Yoon Hye bilang kalau ia sudah biasa diejek dan dibanding-bandingkan dengan teman ceweknya yang lebih kurus. Apalagi standard kecantikan Korea yang  menerapkan langsing bagi sebuah perempuan adalah keharusan. Walaupun begitu, Yoon Hye gamau minder dan ga percaya diri. Malahan menurutnya, kalau ia stay cool dan percaya diri, orang-orang justru lebih segan untuk mengejeknya. Yoon Hye dan Kyo Hyun bilang, kalau orang-orang terdekatnya lah yang sangat mendukung mereka untuk ga insecure dengan komen-komen jahat dan menjadi kekuatan mereka untuk tetap percaya diri. Meski terkenal akan tubuhnya yang plus-sized, mereka tetap rutin berolahrga loh, karena kesehatan tubuh tetap penting. Oya, darena pencapaian tersebut, mereka digadang-gadang sebagai cewek plus-sized tercantik di Korea.

(Sumber: nutritionnibbles.blogspot.com)

(Sumber: nutritionnibbles.blogspot.com)

Gak hanya di Korea aja, ada juga idol berisikan cewek-cewek chubby yang udah debut di Jepang bernama Pottya. Munculnya grup ini untuk menunjukkan kalau cewek yang bertubuh berisi juga bisa menjadi idol, selama mereka bisa bernyanyi dan menari. Padahal kenyataannya Jepang sangat mendorong warganya untuk gak overweight loh. Bahkan pemeritahan Jepang menyebutkan kalau overweight adalah illegal di tahun 2008. Peraturan ini menyebutkan kalau pria dan wanita berumur 40 hingga 74 akan diukur pinggangnya setiap tahun untuk memastikan kalau warganya gak terkena obesitas. Tahu sendirikan kalau obesitas bisa menimbulkan banyak penyakit, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia. Karena peraturan ini, Jepang jadi salah satu negara dengan obesitas terendah di seluruh dunia dan negara dengan warga yang panjang umurnya.

(Sumber: brilio.net)

(Sumber: brilio.net)

Masalah terbesar yang harus dihadapi oleh perempuan sebenarnya bukanlah tubuh besar, namun lebih ke stigma negatif kalau punya tubuh besar. Padahal gak ada yang salah dengan ukuran badan siapapun. Karena yang salah adalah ekspetasi orang lain yang terlalu tinggi. Selama kita masih menjaga kesehatan tubuh dengan baik, gak perlu khawatir dengan pendapat orang lain. Yang paling penting adalah tubuh yang kuat dan pikiran positif terhadap tubuh sendiri. Cari pakaian yang menurut kamu cocok ,jadi kita pun bisa lebih percaya diri memakainya. Lupain tentang gimana masyarakat ingin melihat kita dari sudut pandang mereka. We heard about it too much already! Confidence is a key!

(Sumber: giphy.com)

(Sumber: giphy.com)

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Ini Dia Komik Strip Paling Viral Selama Juni dan Juli 2017

Komik strip sampai sekarang masih menjadi primadona di dunia maya. Perkembangan dan inovasi komikus strip dan jumlahnya .. more

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more

Audiobook Ready Player One. Sumber gambar: kissmywonderwoman.com

Mengupas Trailer Ready Player One yang Seru Banget!

“Ready Player One” sejatinya bukanlah film yang berasal dari video game. Elemen video game di film ini adalah tema. .. more

PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 1

Setelah melewati seleksi ketat dan berbagai penilaian dari juri-juri handal dan berpengalaman di bidang komik, CIAYO Com.. more

Trigger Junkie (CIAYO Comics)

Menilik Komik Fantasi Buatan Jepang, Amerika, Hingga Indonesia

Bicara komik fantasy, apa sih yang ada di pikiran kalian? Apa kalian langsung ingat InuYasha, Noragami, Berserk, Sword A.. more