Mortal Kombat 11 Ditarik Dari Indonesia. Kenapa Bisa?

1 year ago
mortal kombat 11

Berita mengejutkan datang dari Warner Bros. yang tiba-tiba membatalkan perilisan Mortal Kombat 11 di Indonesia. Alasannya ditenggarai karena aturan dan hukum di Indonesia. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan game ini ditarik peredarannya di Indonesia?

Salah satu game fighting tertua ini hadir dengan sekuel ke-11 nya. Sumber: Tom's Guide
Salah satu game fighting tertua ini hadir dengan sekuel ke-11 nya. Sumber: Tom’s Guide

Game ini merupakan sekuel dari game fighting Mortal Kombat yang telah eksis sejak lama. Game yang dikenal berkat aksi tarungnya yang sadis dan berdarah-darah ini bukan sekali dua kali saja menuai kontroversi di masa lalu. Namun untungnya, game besutan NetherRealm Studios ini mulai melunak seiring tahun berkembang, meskipun beberapa negara masih melarang peredaran game ini.

Buntutnya pun berlanjut ke game Mortal Kombat 11, dimana awalnya Ukraina jadi negara pertama yang ditarik peredarannya karena alasan hukum. Kemudian Indonesia turut serta. Cukup disayangkan karena beberapa spot iklan game ini bisa ditemukan di sekitaran Jakarta. Sejauh ini baru Warner Bros. saja yang mengumumkan penarikan ini, dimana pihak berwenang Indonesia belum angkat bicara soal masalah ini.

Kekerasan selalu jadi elemen kontroversial di Mortal Kombat. Sumber: Gameactu
Kekerasan selalu jadi elemen kontroversial di Mortal Kombat. Sumber: Gameactu

Apakah karena alasan kekerasan? Hal itu bisa jadi salah satunya, namun sebelum Mortal Kombat 11 belum ada kasus penarikan game karena alasan tersebut. Kekerasan akibat video game jadi topik yang hangat saat terjadi kasus penembakan di Selandia Baru. Majelis Ulama Indonesia bahkan sampai melakukan kajian pada game PUBG untuk menentukan apakah game memiliki dampak buruk atau tidak. Selepas itu, ternyata tidak ada penolakan keras dari pihak-pihak berwenang.

Baca Juga: Rating ESRB: Apakah Masih Relevan Dengan Gamer Zaman Now?

Skin Skarlet di Mortal Kombat 11 yang dilarang di Ukraina (dan Indonesia). Sumber: Ostrog
Skin Skarlet di Mortal Kombat 11 yang dilarang di Ukraina (dan Indonesia). Sumber: Ostrog

Namun, alasan lain pun dikemukakan, bahwa game Mortal Kombat 11 dilarang beredar karena menampilkan simbol komunis. Game ini menampilkan beberapa kostum spesial untuk berbagai karakter di dalamnya. Untuk karakter Skarlet, ia memiliki kostum Cold War yang memperlihatkan sosoknya dalam balutan jas merah. Meskipun tidak tampil mencolok, nuansa Uni Soviet yang dipancarkan kostum Skarlet tentu memiliki kesan komunis yang kuat.

Inilah yang ditenggarai jadi alasan kenapa game ini ditarik dari Ukraina, dan bisa jadi Indonesia juga. Simbol komunis memiliki konotasi buruk di negara Indonesia, baik dengan maupun tanpa konteks dalam kemunculannya. Berbagai simbol komunis biasanya disensor dalam siaran-siaran publik di Indonesia, dan terdapat razia atribut-atribut palu arit oleh kepolisian.

Tidak ada lagi tombol beli Mortal Kombat 11 di Steam. Sumber: Steam
Tidak ada lagi tombol beli Mortal Kombat 11 di Steam. Sumber: Steam

Di Indonesia, Mortal Kombat 11 sudah tidak bisa dibeli lagi baik untuk versi fisik dan digital di semua platform. Playstation Store, Microsoft Store, hingga Steam tidak lagi mencantumkan game tersebut. Para pembeli di Indonesia ditawari pilihan untuk refund atau mencari versi region berbeda. Apapun alasannya, semoga kita bisa mendapatkan kejelasannya dari pihak Warner Bros. dalam beberapa hari ke depan.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: www.sonypictures.com

Film Slender Man Siap Menculik Para Penonton Di Tahun Ini!

Karakter horror video game yang satu ini sangatlah populer. Awal kemunculannya bermula pada tahun 2009 di forum somethin.. more

The Kasuaris – Episode 6: Si Cantik Vivi Kasuari

Hello, I’d like to introduce myself to you guys and gals, my name is Vivi Kasuari... more

Harta Pulau Monyet

Si Juki The Movie: Harta Pulau Monyet Tayang Tahun 2020

Harta Pulau Monyet jadi judul untuk film Si Juki The Movie yang baru. Film ini akan tampilkan aktor dari film lama hingg.. more

alitathumb

Mengenal Battle Angel Alita Yang Filmnya Segera Dirilis. Siapa Sih Alita? Kok Bisa Hype Banget?

Pembaca manga dan penonton anime zaman sekarang tentu saja tidak familiar dengan “Alita”. Karena manga dan anime Ali.. more

[COMIC HACK] Belajar Digital Coloring Bersama Beny Maulana Yuk!

Terdapat tiga rumus dasar yang harus diperhatikan saat mewarnai... more