Mother! : Jennifer Lawrence Hadir Sebagai Kiasan Tentang Mother Earth

1 year ago

Mother!

Suka dengan acting Jennifer Lawrence dalam serial film The Hunger Games dan X-Men? Kali ini kita bakal disuguhkan dengan penampilan acting Jennifer Lawrence dalam film thriller terbarunya yang berjudul Mother! yang sudah rilis tanggal 15 September lalu di Amerika. Mother! adalah film yang sutradarai oleh Darren Aronofsky, di mana selain menjadi sutradara, ia juga berperan sebagai penulis skrip dalam filmnya. Darren Aronofsky terkenal dengan karya film buatannya bergenre psychological-thriller yaitu Black Swan yang rilis di tahun 2010. Film ini juga diperankan oleh aktor berdarah Spanyol, Javier Bardem sebagai suami Jennifer dalam fim ini.

Mother! Jennifer

Sumber: indiewire

Kepiawaian Jennifer yang disebut sebagai ‘Mother’

Berkisah tentang kehidupan suami istri yang penuh dengan misteri dan teka-teki yang tinggal di sebuah rumah tua. Kehidupan mereka baik-baik saja dan gak memiliki masalah apapun pada awalnya. Sang suami yang merupakan penulis puisi sedang terkena writer’s block sehingga Jennifer Lawrence yang gak ingin mengganggu, memilih untuk menghabiskan waktu untuk merapikan rumahnya sendirian. Sampai suatu hari mereka kedatangan seorang tamu yang gak dikenal ke rumah.

Setelah tamu tersebut, selanjutnya terdapat sang istri, lalu anak-anak mereka yang juga datang. Keanehan terus terjadi sampai akhirnya rumah Jennifer Lawrence (yang disebut sebagai ‘Mother’) dan Javier Bardem (sebagai sosok ‘Him’) menjadi tempat sebuah pesta yang ramai. Padahal Jennifer Lawrence nggak pernah meng-iyakan pesta tersebut untuk dilakukan di rumahnya. Cerita selanjutnya… nonton sendiri ya!

Mother! buka pintu

Sumber: exclaim.ca

Mother! suami istri

Sumber: letterboxd.com

Aronofsky mengaku kalau cerita yang ia buat memang mengambil kiasan atau menceritakan kembali makna dari kisah yang ada dalam Alkitab. Dimana karakter Bardem disebut sebagai ‘Him’ atau Tuhan sementara Lawrence sebagai Mother Earth. Film ini memang bukan seratus persen mengadaptasi kisah yang diceritakan dari Alkitab, tetapi hanya mengambil elemen-elemen penting untuk menambah makna dalam cerita Mother! seperti kisah Cain dan Abel, banjir dalam kisah Noah dan adegan yang menggambarkan sebuah komunitas agama.

Banyak review yang muncul untuk film Mother! menyebutkan kalau orang-orang bakal mudah mengerti makna cerita kalau pernah membaca Alkitab. Ada juga yang mengatakan kalau film Mother! mempunyai alur dan cerita yang agak mirip dengan cerita dari Rosemary’s Baby.

Mother! creepy

Sumber: zayzay.com

Film ini memang mengandung adegan kekerasan. Bahkan Lawrence sempat bercerita kalau dirinya bertanya apakah adegan yang ia lakukan dalam cerita itu nggak berlebihan kepada si sutradara. Ia juga merasa kalau akting yang ia jalani dalam film Mother! merupakan tuntutan peran yang paling jauh dari apa yang pernah ia bayangkan sebagai actress. Apalagi karakter yang dimainkan kali ini, sangat amat berbeda dengan dirinya. Saking sulitnya, dalam proses pembuatan film Lawrence sering bertanya apakah adegan yang ia lakukan sudah benar atau nggak.

Mother! kepiawaian jennifer law

Sumber: imdb.com

Beberapa kritikus mengatakan kalau film ini memang sangat intense dan disturbing. Meskipun begitu banyak juga pujian yang diberikan kepada pemain dan sutradara dari film Mother! karena dapat menggambarkan kiasan dari Alkitab dan methodologi agama dengan baik, dimana hal itu sangat sulit untuk dilakukan. Berani untuk nonton filmnya?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-pubg-fortnite

PUBG Tuntut Fortnite di Pengadilan!

PUBG, Fortnite, keduanya adalah game battle royale yang populer. Namun, PUBG tak suka jika Fortnite populer karena menca.. more

Devilman Crybaby: Ketika Iblis Dilawan dengan Kekuatan Iblis

Memperingati 50 tahun karir Go Nagai, anime terbaru Devilman hadir di Netflix. Keras, sadis, dan penuh twist!.. more

Pendapatan seorang artist dalam streaming services. Sumber: pinterest

Berapakah Pendapatan Seorang Artist Dalam Aplikasi Streaming Service (Apple Music, Spotify, Joox, MelOn dll)?

Kalau penjualan CD album fisik, sudah jelas penghasilannya bisa langsung masuk ke distributor atau label tempat penyanyi.. more

Sumber: savingcountrymusic

Grammy Awards Di Boikot? Ini Kata Para Musisi

Pada umumnya musisi terlepas dinominasikan atau tidak, merasa antusias ketika musim penghargaan tiba, termasuk saat ajan.. more

Kontrol Analog Vainglory Ternyata Nggak Sekedar Niru Mobile Legends dan AoV!

Setelah Mobile Legends dan Arena of Valor, sekarang giliran Vainglory yang dapat panggilan beken "MOBA kok analog?".. more