MPL-ID Season 4 Akan Adopsi Sistem Franchise

1 month ago
MPL-ID season 4

Jakarta, 23 Juli 2019Mobile Legends: Bang Bang Professional League – Indonesia (MPL-ID) kembali digelar untuk Musim Keempat. Kali ini penyelenggara mengadopsi model liga waralaba menjadikan MPL-ID kompetisi esports pertama di Asia Tenggara dengan model ini. Model liga ini bertujuan untuk membangun keamanan finansial untuk tim dan pemain sekaligus menerapkan struktur sistematis dalam industri esports Indonesia, demi tercapainya ekosistem esports yang berkelanjutan.

Sumber: Kumparan
Sumber: Kumparan

MPL-ID season 4 akan mencakup delapan minggu Pertandingan Reguler mulai tanggal 23 Agustus 2019 hingga 13 Oktober 2019. Musim Reguler akan diadakan secara offline di XO Hall, Tanjung Duren, sementara Grand Final akan diadakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada tanggal 26 – 27 Oktober 2019. Liga ini akan menampilkan juara Musim 3, Onic Esports beserta tujuh peserta permanen lainnya; Alter Ego, Aura, Bigetron Esports, Evos, Geek Fam, Genflix Aerowolf, dan Rex Regum Qeon.

“Transisi MPL-ID season 4 ke model liga waralaba akan mengatasi banyak masalah yang dihadapi peserta di musim sebelumnya. Misalnya, ketidakpastian regulasi menyebabkan kurangnya standarisasi kontrak antara tim dan pemain. Dengan status tim yang kini permanen, memungkinkan penerapan standar yang melindungi semua pihak yang terlibat. Ini akan memudahkan kita untuk menciptakan fondasi yang kokoh dengan tujuan jangka panjang demi keberlanjutan esports Indonesia,” kata Dylan Chia, Marketing Director MPL-ID.

Baca Juga: ONIC Esports Menangkan MPL-ID Season 3

Sumber: Dunia Games
Sumber: Dunia Games

Model waralaba MPL-ID memberikan slot permanen dalam liga pada setiap tim, dengan biaya waralaba sebesar USD 1 juta yang dibayarkan satu kali. Para tim dan pemain yang berpartisipasi pada MPL musim mendatang akan mendapatkan:

  • Sistem Permainan yang Adil di mana setiap tim akan memiliki standar upah maksimal untuk mendorong keseimbangan kekuatan antar tim dan terjaminnya biaya operasional berkelanjutan, dimana para tim akan mendapatkan sumber daya yang setara.
  • Bagi hasil di mana setiap tim akan mendapatkan lebih dari 50% pendapatan liga sebelum dikurangi biaya operasional dan biaya pemasaran liga yang sepenuhnya ditanggung oleh liga.
  • Keamanan Finansial untuk pemain profesional, dimana dalam kontrak pemain akan disebutkan upah minimum dengan masa berlaku kontrak 6 bulan untuk setiap musim.
  • Keamanan Pekerjaan untuk tim dan pemain dan tidak ada degradasi lagi.
  • Peluang Komersialisasi, dengan investasi bersama dari MOONTON dan para tim, memungkinkan liga untuk berkomitmen pada inisiatif jangka panjang untuk mengembangkan hubungan dengan mitra utama untuk menciptakan aliran pendapatan baru dan solusi pemasaran untuk merek, tim, dan pemain.
Sumber: Esports ID
Sumber: Esports ID

Logan Shaw, Regional Esports Director dari Mobile Legends: Bang Bang menambahkan: “Dengan sistem keamanan finansial, peraturan yang telah distandarisasi, serta regulasi baru yang lebih baik, liga dapat memastikan akuntabilitas dalam manajemen tim. Ini dapat mengatasi rotasi pemain yang berulang kali terjadi karena perekrutan yang terjadi pada sistem sebelumnya.”

Sebagai komitmen dalam mengembangkan ekosistem esports Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang juga akan menginvestasikan USD 8 juta untuk mengembangkan komunitas esports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di Indonesia.

Sumber: Esports ID
Sumber: Esports ID

Sebagian dari investasi akan digunakan untuk pengembangan lebih lanjut ekosistem esports di luar MPL. Dylan mengatakan: “Meskipun kompetisi profesional, kita perlu membangun ekosistem esports yang sukses mulai dari tingkat dasar.” MOONTON akan menggelar berbagai turnamen untuk menyediakan lebih banyak pentas bagi para pemain tidak hanya menjadi pemain profesional, tetapi juga berperan penting dalam industri esports dalam hal (tetapi tidak terbatas pada) organisasi turnamen, MC, dan berbagai perangkat turnamen baik di depan serta di belakang layar. Kegiatan sebelumnya seperti Mobile Legends: Bang Bang Intercity Championship yang dipersiapkan untuk tim amatir akan semakin ditingkatkan serta perencanaan lain sebagai dukungan yang akan diimplementasikan pada turnamen antar kampus, dan juga turnamen yang diselenggarakan pihak ketiga.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

football manager 2019

Football Manager 2019: Awal Baru Atau Akhir Sebuah Era?

Setelah bertahun-tahun lamanya, Football Manager 2019 membawa perubahan baru yang akan mempengaruhi nasib dari franchise.. more

10 Game PS1 ini Bikin Kangen Berat!

Masih ingat dengan masa kecil saat bro sis asyik main Playstation? 10 game PS1 ini dijamin bisa mengobati rasa-rasa nost.. more

00-museum-anime-toei

Mengintip Keseruan di Museum Anime Toei

Di museum anime Toei, kamu bisa mengenal lebih dalam perkembangan industri anime dari masa ke masa, lewat sejarah studio.. more

Sumpah Pemuda vs Halloween: Dua Event Yang Berbeda Tapi Berdekatan Dan Berhubungan Dengan Generasi Muda

Sumpah Pemuda vs Halloween: Dua Event Yang Berbeda Tapi Berdekatan Dan Berhubungan Dengan Generasi Muda

Sumpah Pemuda 1928 dan Halloween. Dua event yang secara definisi jelas berbeda esensi satu dengan lainnya. Bahkan bisa d.. more

00-d-archie-the-redcat

Know Your Judges #5: Archie the RedCat

Komikus tapi kucing? Archie the RedCat jadi salah satu juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Apa kata si kucing merah tent.. more