Muncul Ide Baru, Seonggok Ide Lama Diselingkuhi. Ide Lama: “Aku Tuh Nggak Bisa Diginiin!”

7 months ago
00-ide-d

Jika bro sis berprofesi sebagai kreator—baik di bidang komik, novel, animasi, maupun film, kamu mungkin merasa familiar dengan fenomena kemunculan ide baru yang seringkali muncul di tengah pengerjaan sebuah proyek ongoing. Masalahnya, ide-ide ini hampir tidak pernah membantu kamu merampungkan pekerjaan, malah menghambat progress yang sedang berjalan.

Fenomena ini terbilang cukup umum di industri kreatif. Setiap kreator pasti pernah mengalaminya, baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Sayangnya, efeknya kurang baik bagi kelangsungan berkarya. Kemunculan ide baru ini seringkali membuat kita tergoda untuk “menyelingkuhi” karya yang sedang kita kerjakan. Bukannya menyelesaikan project yang lebih dulu kita tekuni, kita malah mengeksekusi ide baru dari awal.

Biasanya, siklus tersebut akan berulang secara sendirinya. Secara tidak sadar, kita malah membuat banyak ide mangkrak. Yang lebih fatal adalah pada akhirnya kita tidak pernah menyelesaikan satu ide sekalipun. Wah, ini sudah terjebak lingkaran setan, namanya!

Lantas, bagaimana cara kita mengatasi kebiasaan jelek ini? Simak ulasannya, yuk!

Step 1: Bikin Bank Ide dan Atur Prioritas, Gan!

01-ide

Sumber: LinkedIn

Untuk mengatasi fenomena kemunculan ide baru, bro sis perlu menyiapkan catatan kecil atau aplikasi notepad yang bisa dibuka dan diisi di mana saja kamu berada. Ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Daripada hilang atau buru-buru dieksekusi, lebih baik disimpan terlebih dahulu di atas catatan kecil. Metode ini disebut dengan bank ide.

Salah satu manfaat bank ide adalah dapat menjadi referensi apabila karya ongoing kita telah selesai. Kita tidak akan kehabisan bahan berkarya, khususnya apabila karya yang kita kerjakan hanya berupa miniseri atau one-shot.

Ide baru di tengah pengerjaan karya juga biasanya hanya terasa hype di awal-awal. Itulah sebabnya kita tidak perlu mengerjakannya secara terburu-buru. Bro sis memerlukan bank ide untuk menampung gagasan tersebut, sebab bisa jadi keesokan harinya kamu sudah tidak bernafsu untuk mengeksekusi ide tersebut.

02-sweta

Good management is the key,” pesan Sweta Kartika. Sumber: Youtube

Komikus senior, Sweta Kartika, juga mengatakan hal senada soal fenomena kemunculan ide baru. Baginya, kreator yang hebat bukan hanya mereka yang jago melahirkan karya keren, tapi juga mereka yang pandai menata dan mengatur karyanya dengan baik. Good management is the key.

Konsistenlah, selesaikan terlebih dahulu proyek yang sudah bro sis kerjakan sebelumnya. Aturlah prioritas untuk karya-karyamu—mana yang sebaiknya bro sis selesaikan lebih dulu. Berpindah-pindah mengerjakan beberapa ide sekaligus hanya akan membuat mood kita memburuk dan akhirnya menerlantarkan karya-karya yang telah kita eksekusi lebih awal.

Step 2: Bosan Mengerjakan Karya Ongoing? Take A Break, Guys!

Keinginan untuk terus berpindah dari satu project ke project lain biasanya berasal dari rasa jenuh yang menjadi-jadi. Kebosanan ini adalah hal yang manusiawi, sebab fase jenuh akan selalu ada dalam setiap aspek kehidupan, bahkan dalam aspek passion.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi kejenuhan pikiran dalam mengerjakan suatu karya?

Take a break atau beristirahat adalah jawabannya. Bukan istirahat tidur, tetapi istirahat berpikir. Ketika otak kita sudah tak sanggup menghadapi beban project, ada baiknya kita mengalihkan pikiran sejenak kepada aktivitas-aktivitas yang lebih menyenangkan.

Menurut Psychology Today, mengambil waktu istirahat secara konstan dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang. Sedangkan, terlalu memforsir tubuh untuk melakukan suatu pekerjaan—termasuk berkarya—dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Berkarya itu juga termasuk proses berpikir, tidak cuma menghasilkan warna-warni dan keindahan, sehingga tidak jauh berbeda dengan pekerjaan yang lain.

Bro sis bisa melakukan hal-hal sederhana yang dapat mencerahkan pikiran, seperti menikmati kopi, meditasi, atau sekadar berjalan-jalan santai. Selain itu, menonton film, mendengarkan musik, atau melakukan riset-riset yang kamu banget, juga bisa digunakan sebagai proses relaksasi.

Katakanlah kamu punya hobi menulis cerita action dan sedang jenuh melanjutkan cerita yang kamu kerjakan. Dengan menonton film action yang selini dengan karyamu, biasanya semangat berkaryamu akan pulih dengan sendirinya. Bahkan, bukan tak mungkin kamu akan menemukan ide-ide keren yang dapat membuat karya ongoing-mu menjadi lebih menarik.

Step 3: Karya yang Keren adalah Karya yang Selesai

04-do-it

Sumber: Pinterest

Munculnya ide baru memang menggiurkan, bahkan seringkali membuat konsistensi kita goyah. Akan tetapi, kita harus ingat bahwa berkarya tidak sama dengan memasak telur. Karya tidak bisa dibuat setengah matang, sebab akan mendorong inkonsistensi dan mangkraknya ide. Better finish what we’ve started.

Karya yang baik adalah karya yang selesai. Bagaimana pun bagus dan uniknya sebuah ide, akan menjadi percuma jika tidak dirampungkan. Karya ongoing yang sedang bro sis kerjakan juga berawal dari ide yang menarik, bukan? Menghentikannya di tengah jalan demi “berselingkuh” dengan ide lain hanya akan membuat kita melewatkan kesempatan untuk menjadi besar suatu hari nanti.

Oleh karenanya, selesaikan karyamu satu-persatu. Rampungkan karya andalanmu. Jangan mengerjakan semua ide secara keroyokan, sebab tidak semua orang punya kapabilitas yang sama dalam menuangkan ide. Bahkan, tidak semua kreator profesional mampu mengerjakan beberapa karya sekaligus, lho.

Hati-hati, kita berkarya untuk menyenangkan diri sendiri DAN menyenangkan orang lain. Kalau kita menyia-nyiakan keberadaan audiens akibat terjebak dalam “lingkaran setan ide baru”, maka audiens bisa saja meninggalkan karya-karya yang kita buat. Oleh karenanya, mulailah belajar mengatur prioritas dalam berkarya! Semangat!

BONUS: Ingin Latihan Konsisten Sama Idemu? Ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

01 theme

Sumber: CIAYO Comics

Bro sis merasa tersentil oleh pemaparan kami tentang “selingkuh ide”? Jangan risau. Hampir semua kreator pernah mengalami kejadian serupa, kok. Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah berlatih fokus. Kita harus fokus menyelesaikan karya yang paling prioritas untuk diselesaikan.

Nah, salah satu cara untuk melatih fokus dan konsistensi kita terhadap ide adalah dengan mengikuti CIAYO Comics Challenge Vol. 3 yang diadakan oleh CIAYO Comics! Challenge yang mengangkat tema Redisover ini bakal menantang para challenger, entah mereka comic writer dan comic artist, untuk berkolaborasi menelurkan karya terbaik mereka.

Hadiahnya? Jangan salah, total hadiah dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3 ini mencapai Rp 450 juta! Ini sudah termasuk hadiah-hadiah menggiurkan, seperti laptop, game console, pentab, voucher belanja, bahkan sepeda motor! WOW banget, kan?

Berikut ini adalah beberapa info yang bisa dibaca terlebih dahulu sebelum mengikuti CIAYO Comics Challenge Vol. 3.

Bagaimana? Semangat bro sis sudah terpompa? Ingin membuktikan bahwa bro sis bisa konsisten dengan ide yang bro sis punya? Segera cari partner dan buktikan kemampuan kalian di CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

About Author

S09 Gruppe

S09 Gruppe

S09 Gruppe adalah circle penyedia konten kreatif. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. Berkenaan dengan motto tersebut, kami akan selalu memberikan insight-insight kreatif terbaru serta penyemangat untuk berkarya.

Comments

Most
Popular

(Sumber: www.jobnjoy.com)

Model Plus-Sized Asal Korea Selatan: No More Body Shame!

Untuk jadi model, kamu ga harus punya tubuh yang kurus loh. Gak percaya? Nih, Plus Sized-Model asal Korea Selatan, Yeom .. more

00-d-spawn

Jamie Foxx Bintangi Reboot Film Spawn

Aktor Jamie Foxx terpilih untuk memerankan karakter suerhero Spawn. Ia mengaku sudah mendekati sang kreator Todd McFarla.. more

Print faza

Know Your Judges #2: Faza Meonk

Kreator komik anti mainstream Si Juki, Faza Meonk adalah juri selanjutnya di CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Apa arti Red.. more

00-d-ponimu-5-anime

5 Anime Hit Ini Akan Segera Hadir di Ponimu Indonesia!

Ponimu Indonesia akan hadirkan 5 anime baru: Girls und Panzer, Tari Tari, Canaan, Polyphonica Crimson S, serta dua film .. more

5 Video Game Yang Dicekal Karena Alasan Konyol

Game dicekal karena konten kekerasan dan seksual sudah biasa. Tapi gimana kalau ada game yang dicekal karena menampilkan.. more