Mungkin ini Bisa Menjadi Pilihan Profesi yang Menjanjikan

2 months ago
Sumber: Twitter

Kalau kamu suka artis Korea dan idol Kpop, pasti akan menyadari kalau foto selebriti yang kamu simpan di handphone kebanyakan bukan berasal dari media official seperti web berita online ataupun majalah. Seperti bintang Hollywood yang kegiatannya selalu diincar oleh paparazzi untuk difoto, artis kpop juga memiliki ‘fotographer’ sendiri.

Sumber: twitter @ddabongbts7

Sumber: twitter @ddabongbts7

Fotographer ini memiliki pekerjaan yang hampir sama seperti paparazzi. Selalu mengikuti aktivitas sang idola, selalu mengetahui jadwal idol baik on air maupun off air, bahkan hasil foto yang diambil oleh mereka bisa menghasilkan banyak uang. Bedanya, mereka masih dalam ruang lingkup yang sama dengan para fans. Familiar dengan karakter mereka? Yup! Mereka biasa disebut sebagai Fansite Master.

sumber: medium.com

sumber: medium.com

Karakteristik yang paling khas dari Fansite Master tentunya adalah kamera yang selalu mereka bawa ketika datang ke acara dimana idol itu berada. Kamera yang dibawa selalu kamera professional, menggunakan lensa khusus yang bisa mengambil foto HD bahkan dari jarak yang jauh sekalipun, dan harga kamera mereka bikin melongo saking mahalnya. Hasil foto yang mereka ambil gak cuma disimpan aja ya, foto idol dari hasil kamera mereka nantinya akan dijadikan berbagai macam goods seperti photobook, slogan, kipas, dvd, dll untuk kemudian dijual. Nah, inilah yang membuat fansite bisa sampai keluar negeri untuk mengikuti idol, yaitu karena penghasilan mereka yang tinggi banget! Meskipun gak tahu pastinya berapa, pendapatan mereka bisa dipakai untuk membeli album dalam jumlah yang banyak (bahkan gak masuk akal), membeli lensa dan kamera baru, bahkan membeli tiket pesawat untuk mengikuti idol ke manapun mereka pergi.

Sumber: soyoulovekpop

Sumber: soyoulovekpop

Sebenarnya gak ada peraturan yang menjadikan seseorang itu bisa disebut sebagai Fansite Master atau nggak. Tapi dalam ‘fansite culture’, seorang Fansite Master hanya bisa mengikuti satu orang idol saja atau satu grup. Kalau Fansite Master itu juga mengambil foto dari idol lain, ia bisa dicap sebagai betrayer atau pengkhianat loh!

Sumber: twitter @chanyeolsss

Sumber: twitter @chanyeolsss

Disaat yang bersamaan, biasanya Fansite Master akan berhenti apabila sang idol ketahuan pacaran atau terkena sebuah skandal karena mereka merasa hal itu sebagai berkhianat terhadap fansnya sendiri. Fansite Master juga hampir selalu mengikuti kegiatan idol dan aktor ketika mereka pergi ke luar negeri untuk sebuah show seperti konser atau fanmeeting. Bahkan kadang, kalau seorang idol punya terlalu banyak fansite, gak jarang terjadi kekacauan di bandara ataupun stasiun televisi saat mereka datang. Hal ini juga jadi sebuah permasalahan besar bagi perusahaan entertainment tempat artisnya bernaung.

Contoh foto idol yang diambil oleh fansite master di airport. Sumber: as written in watermark

Contoh foto idol yang diambil oleh fansite master di airport. Sumber: as written in watermark

Contoh foto idol yang diambil oleh fansite master di airport. Sumber: as written in watermark

Contoh foto idol yang diambil oleh fansite master di airport. Sumber: as written in watermark

Fansite Master ini sebenarnya adalah fans dan penggemar. Mereka dibolehkan untuk mengikuti kegiatan sang idol selama mengikuti peraturan yang diberikan dan gak rusuh. Mereka juga boleh datang ke konser dan fanmeet sama seperti yang lainnya. Tetapi sering kali fansite gak mengikuti peraturan yang perusahaan entertainment atau event organizer berikan. Tahu sendiri kan kalau menonton konser, kita dilarang untuk merekam dengan kamera professional? Nah Fansite Master ini selalu punya trik untuk bisa menyelipkan kamera mereka ke dalam konser dan hal ini tentunya illegal. Di sisi lain, penggemar selalu menantikan hasil foto cantik dan super HD dari Fansite Master. Karena itu kehadiran mereka selalu dipenuhi pro dan kontra.

Salah satu fansite master yang cukup terkenal. Sumber: OneHallyu Salah satu fansite master yang cukup terkenal. Sumber: OneHallyu

Salah satu fansite master yang cukup terkenal. Sumber: OneHallyu

sumber: japantoday.com

sumber: japantoday.com

Ada yang mengatakan kalau sebenarnya kehadiran Fansite Master ini sangat abu-abu. Mereka sering banget melanggar peraturan seperti merusak privasi para idol atau mengambil foto saat show. Di sisi lain, para Fansite Master ini juga memiliki jasa yang besar karena sudah membagi foto-foto idol secara online yang mana bakal mem-boost image dan popularitas idol itu sendiri.

Secara gak langsung, Fansite Master juga berperan sebagai PR idol tersebut. Ditambah lagi, setiap idol grup mengeluarkan album baru, mereka adalah pembeli album terbanyak untuk mendukung idol itu. Hal ini tentu menguntungkan juga untuk perusahaan. Makanya perusahaan entertainment gak bisa benar-benar membersihkan artis mereka dari kejaran Fansite Master. Gimana menurut kamu? Apakah kamu pro atau kontra terhadap seorang Fansite Master ini? Atau bahkan berniat menjadi Fansite Master?

Merchandise yang diproduksi oleh fansite master, biasanya berupa photobook, poster, dll. Sumber: soyoulovekpop

Merchandise yang diproduksi oleh fansite master, biasanya berupa photobook, poster, dll. Sumber: soyoulovekpop

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(Sumber : Facebook @theghiblifamily)

List Film Ghibli yang Tayang Tahun 2018

Ghibli Studio juga akan kembali menayangkan beberapa film animasi terbaik mereka di Indonesia. Bro sis pecinta film Ghib.. more

In This Corner of the World. Sumber: youtube.com

In This Corner of the World, Kisah Manis di Tengah Peperangan

Sebagai pecinta anime anti perang,tentunya kalian ga boleh melewatkan anime satu ini. Meski sudah sempat ditayangkan pad.. more

Sumber: The A.V. Club

Kontroversi Disney dan Mental Korporat Raksasa

Hanya dalam satu minggu saja, perusahaan hiburan raksasa Disney mencoreng namanya sendiri dengan tinta Cina yang meluber.. more

Mother! : Jennifer Lawrence Hadir Sebagai Kiasan Tentang Mother Earth

Mother! adalah film yang sutradarai oleh Darren Aronofsky, dimana selain menjadi sutradara Ia juga berperan sebagai penu.. more

(Sumber: Google)

Rekomendasi Komik Korea yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Korea Selatan memang saat ini sedang menunjukkan taringnya di bidang perkomikan. Industri komik di Korea Selatan ini mem.. more