Mungkin Ini Penyebab Jepang dan Korea Mengalami Penurunan Angka Kelahiran

2 years ago
Sumber: mnl48

Baik di Jepang maupun di Korea, kedua negara tersebut sedang mengalami satu permasalahan yang sama. Yaitu penurunan angka pernikahan dan kelahiran. Di saat yang bersamaan, baik negara Jepang dan Korea juga memiliki satu persamaan yang khas, yaitu menyukai konsep ‘idol’. Lalu apakah kedua pernyataan ini memiliki hubungan? Bisa jadi!

Ketika seseorang mulai menyukai idol, biasanya semua perhatian akan diberikan kepada idol tersebut. Bahkan gak hanya perhatian dan waktu, uang yang kita miliki kalau bisa digunakan semua demi mendukung sang idola. Hampir sama seperti saat seseorang mempunyai pacar bukan? lalu kenapa Jepang dan Korea masih sangat mendukung keberadaan idol ini meskipun bisa aja menjadi penyebab berkurangnya minat warganya untuk membangun keluarga ya?

Pertama-tama kita bahas dulu kenapa Jepang sangat menyukai konsep idola dan karakter fiksional.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Menurut beberapa ahli budaya maupun kritikus, hal ini dibentuk berdasarkan dua hal, antara lain kepercayaan/agama dan cara pemasaran/bisnis. Menurut kepercayaan yang ada di Jepang, hampir semua benda memiliki roh atau jiwa. Baik itu tanaman, batu, atau benda apapun. Selama manusia itu memberikan value terhadap objek itu, maka benda itu memiliki nilai dan penting.

Karena itu para kritikus budaya berpikir kalau hal ini juga bisa diaplikasikan dengan karakter manga, termasuk dengan aksesoris dan goods yang hadir untuk merepresentasi karakter fiksional itu.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Karena banyak orang yang menyukai konsep idol dalam dunia nyata, maka Jepang mulai membuat idol anime. Dimana tujuan utamanya adalah menciptakan karakter idol maupun celebrity yang terlihat sempurna. Karena kesempurnaan dari karakter serta jalan cerita yang menarik dalam anime, terbentuklah fanbase. Kalau idol anime itu mempunyai fanbase yang besar , akan dibuat aksesoris dan goods untuk dijual ke pasaran.

source 4: pinterest.com

source 4: pinterest.com

Hal ini juga berlaku di Korea Selatan dengan idol yang sering di-debutkan. Idol yang debut akan dibuat semenarik dan semanis mungkin agar diterima oleh masyarakat dan fans. Setelah fanbase idol itu besar nantinya perusahaan naungan idol tersebut akan mulai menjual banyak goods/merchandise dan melakukan tour keliling dunia.

Sumber: kpopmap

Sumber: kpopmap

Yang perlu di highlight dari konsep idol ini adalah fans mereka kebanyakan adalah orang dewasa yang juga memiliki kesibukan. Acara yang menampilkan idol sengaja ditampilkan di jam malam setelah pulang kerja dan weekend. Karena itulah acara idol mulai mengisi kekosongan dan rasa bosan setelah sibuk kerja seharian.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Orang juga mulai berpikir kalau mengabiskan uang untuk idol lebih worth it dibandingkan dengan membangun sebuah keluarga dan memiliki anak. Saat ini ada banyak banget orang di Jepang dan di Korea yang mulai memiliki mimpi untuk menjadi idol. Karena kenyataannya, se-‘gak sempurna’ apapun seseorang pasti akan memiliki orang yang mendukung juga. Gimana menurutmu?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Tips berburu apartemen di Jepang (Sumber: hokkudaiaccomodation)

Tips Berburu Apartemen di Jepang

Menyewa apartemen di Jepang memang gak mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan dan disiapkan secara matang, terutama bag.. more

Meriahnya Comic Frontier X Bersama CIAYO Comics

Gelaran Comic Frontier X tanggal 3-4 Maret 2018 lalu berlangsung meriah. CIAYO Comics menjadi bagian dari konvensi kreat.. more

avengers: endgame bajakan

Avengers: Endgame Bajakan Tayang di TV Filipina! Kacau!

Film Avengers: Endgame bajakan ditayangkan di stasiun TV kabel asal Filipina. Fans dan distributor film merasa kecewa da.. more

Sumber: CIAYO Blog

Nyari Duit Lewat Nulis Sekarang Bisa di CIAYO Blog!

Bro sis suka Anime? Komik? Game? Film? Buku? Novel? Semua yang berbau Pop culture? Punya banyak karya tulis yang disimpa.. more

00-d-vin-diesel-meme

Vin Diesel Hobi Mengoleksi Meme Dirinya Sendiri

Vin Diesel adalah sosok aktor tangguh namun inspiratif dan juga hangat. Selain itu, dia juga suka mengoleksi meme diriny.. more