Music Video K-Pop TVXQ Sengaja Menghilangkan Jepang dari Peta Dunia?

2 months ago
(Sumber gambar: Billboard)

Oleh: @HarryRezqiano

Tensi tinggi antara Jepang dengan negara-negara yang pernah jadi daerah jajahannya seperti Korea dan China sejak berakhirnya Perang Dunia II sepertinya tidak pernah benar-benar hilang atau menurun.

Walaupun tidak lagi dalam suasana peperangan militer bersenjata, namun boleh dibilang kalau hubungan antar negara ini selalu dalam suasana yang rumit. Saling sindir, ejek atau jegal menjadi semacam hal biasa di antara warga negaranya. Walau hal itu tidak menghalangi penyebaran dan penetrasi industri hiburan alias showbiz dari masing-masing negara.

Jepang dengan industri J-Pop nya dapat wara wiri di Korea Selatan maupun China, dan K-Pop dari Korea Selatan serta Mandarin Pop dari China memiliki bisnis dan fanbase besar di Jepang.

Rumah produksi dari masing-masing negara bahkan sering mengadakan kolaborasi bareng demi menggaet fans dari setiap negara tetangga mereka.

Artinya artis dari Jepang, Korea dan China dapat meniti karir tidak hanya di negara asal mereka tapi juga di negara tetangga. Ini merupakan hal yang semakin biasa di industri pop culture; baik di Jepang maupun Korea dan China. Tapi tetap saja terkadang muncul ketegangan antar fans yang berbeda negara. Dan biasanya dipicu oleh kejadian yang menyinggung perasaan nasionalisme.

Kejadian seperti ini sering terjadi. Dan terkini dialami duo vokal K-Pop “TVXQ”.

Duo TVXQ. (Sumber gambar: Soompi)

Duo TVXQ. (Sumber gambar: Soompi)

Untuk yang tidak tahu atau ngefans, tentu nama duo ini terasa asing dan aneh. TVXQ merupakan singkatan dari “Tong Vfang Xien Qi ” yang terdiri dari U-Know Yunho dan Max Changmin. Keduanya merupakan warga negara Korea Selatan. Dalam pengucapan dialek Korea Selatan, TVXQ juga dikenal dengan nama DBSK alias “Dong Bang Shin Ki 동방신기 ”.

Mungkin untuk memudahkan dalam pengucapan dengan lidah Jepang, duo K-Pop bernama ribet ini diberi nama “Tohoshinki” yang memiliki arti sama seperti translasi nama mereka “Kebangkitan Para Dewa Dari Timur”.

Tohoshinki tadinya berupa boyband dengan lima anggota. Sejak album pertama di tahun 2004 hingga sekarang, TVXQ sudah menghasilkan sembilan album berbahasa Korea dan delapan album rekaman berbahasa Jepang.

Formasi asli/awal TVXQ “Tohoshinki”. (Sumber gambar: Pinterest)

Formasi asli/awal TVXQ “Tohoshinki”. (Sumber gambar: Pinterest)

TVXQ menimbulkan kehebohan di dunia showbiz saat music video mereka yang berjudul “Mirotic” dianggap terlalu seksi sehingga harus di sensor (lirik dan MV-nya sekaligus). Itu terjadi pada November 2008.

TVXQ - “Mirotic”. (Sumber gambar: YouTube)

TVXQ – “Mirotic”. (Sumber gambar: YouTube)

Di akhir Juli 2009, tiga mantan member TVXQ (Hero Jaejoong, Micky Yoochun & Xiah Junshu) melakukan tuntutan hukum pada manajemen TVXQ, S.M Entertainment, mengenai kontrak yang dianggap bermasalah. Tuntuan itu kemudian diselesaikan di luar pengadilan pada November 2012 dengan kesepakatan damai.

(Berpisah jalan. Sumber gambar: Blogspot)

(Berpisah jalan. Sumber gambar: Blogspot)

Kontroversi sepertinya tidak berhenti menaungi Tohoshinki, karena TVXQ kembali tersandung masalah. Kali ini bahkan berskala antar negara.

Di music video terkini TVXQ yang berjudul “Love Line”, terlihat sebuah peta dunia tanpa adanya negara Jepang di tampilannya. Jadi seakan-akan negara atau kepulauan Jepang tidak pernah ada (atau sudah hilang) di video tersebut.

Negara Jepang hilang! (Sumber gambar: Kotaku)

Negara Jepang hilang! (Sumber gambar: Kotaku)

Tentu saja terjadi kehebohan dan kecaman yang ditujukan kepada Tohoshinki serta manajemen mereka. S.M Entertainment lantas bergerak cepat dengan menarik video bermasalah tersebut dan menggantinya dengan versi baru.

S.M Entertainment juga segera mengeluarkan statement mengenai kasus tersebut. “Penyebabnya adalah kesalahan saat editing CGI oleh perusahaan FantazyLab. Kami mohon maaf atas ketidak-nyamanan yang timbul”.

Ini bukan pertama kalinya Jepang “hilang” saat Korea menerbitkan peta dunia versi mereka. Beberapa waktu yang lalu, Jepang juga tidak tertera di peta dunia website Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 di Korea Selatan. Saat itu panitia Olimpiade dengan ringan mengatakan kalau “itu hanya kesalahan teknis kecil karena tinggal mengganti gambar saja”. Situasi tidak hanya menjadi awkward tapi juga sedikit menegangkan karena beberapa waktu sebelumnya Korea Utara pernah mengancam “akan menenggelamkan Jepang dengan bom nuklir”.

Negara Jepang sering hilang dari peta dunia versi Korea. (Sumber gambar: TheWashingtonPost)

Negara Jepang sering hilang dari peta dunia versi Korea. (Sumber gambar: TheWashingtonPost)

TVXQ alias Tohoshinki termasuk sangat populer di Jepang sehingga kasus music video “Love Line” tadi terasa mengherankan. Walau ada fans yang menduga dan percaya kalau Tohoshinki memang tidak tahu apa-apa soal ini, namun mereka menuding S.M Entertainment sengaja melakukan kesalahan tersebut. Beberapa tweet yang beredar, menunjukkan hal ini.

Sumber gambar: Twitter

Sumber gambar: Twitter

Sumber gambar: OneHallyu

Sumber gambar: OneHallyu

Disengaja atau tidak, kasus ini menambah panjang daftar ketegangan yang terjadi antara Jepang dengan Korea. Dan ini pasti bukan yang terakhir kalinya. Mari berharap kalau semuanya tidak berakhir dengan sebuah peperangan bersenjata dan hanya perang mulut antar netizen saja.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Inktober, Berkarya Lewat Gambar

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Nah, di me.. more

00-d-rediscover-yourself

Rediscover: Yourself

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 semakin dekat. Jika kamu masih belum punya konsep untuk komikmu, maka post kali ini bisa m.. more

Banner AFA 2017 Jakarta. Sumber: animefestival.asia

C3 AFA 2017 Jakarta: Perhelatan Akbar Para Penggemar Anime

Bulan Agustus telah tiba, yang artinya sebentar lagi akan digelar acara tahunan keren untuk para penggemar anime di Asia.. more

Benda-Benda ‘Kuno’ yang Masih Populer di Jepang

Di negara secanggih Jepang, beberapa benda yang sudah dianggap kuno di negara lain (seperti Amerika atau bahkan Indonesi.. more

Devil May Cry HD Collection. Sumber gambar: twitter.com/devilmaycry 

Bukan Devil May Cry 5, Capcom Malah Merilis Ulang Devil May Cry HD Collection

Sebagai game action, DmC boleh lah… Tapi sebagai bagian saga Devil May Cry? Ugh… Sorry, men. It sucks... more