Mysterio di Spider-Man: Far from Home – Teman Atau Musuh?

3 months ago
mysterio spider man

Trailer terbaru Spider-Man: Far from Home baru saja rilis. Seperti yang sudah diduga sebelumnya, ternyata kisah film kedua Spider-Man di era MCU ini akan menuturkan lebih banyak kisah di luar perjalanan Peter Parker dan kawan-kawan keliling Eropa. Memenuhi janjinya sebagai sekuel langsung Avengers: Endgame, trailer kedua Far from Home menampilkan langsung dampak dari pertarungan pamungkas Avengers melawan pasukan Thanos. Di samping itu, kemunculan sosok Mysterio pun menjadi perbincangan hangat. Apakah dia teman atau musuh?

Ahli Elementals Dari Multiverse

Jake Gyllenhaal dalam kostum Mysterio. Sumber: Slash Films
Jake Gyllenhaal dalam kostum Mysterio. Sumber: Slash Films

Mysterio diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Memiliki nama asli Quentin Beck, Mysterio mengaku sebagai ahli Elemental yang datang dari bumi yang berbeda. Menurutnya, aksi Decimation yang dilakukan oleh Thanos tidak hanya menghilangkan separuh makhluk hidup di dunia, namun juga mengacaukan keadaan dunia alternatif/multiverse sebagai akibat dari kekuatan Infinity Stone.

Akibatnya, batas-batas dunia pun melebur sehingga Mysterio bisa datang ke dunia yang sekarang. Direkrut oleh Nick Fury, tugasnnya di dunia ini adalah untuk menghentikan amukan Elemental, yaitu elemen-elemen dasar bumi yang menjadi monster perusak. Ada api, air, tanah, dan udara. Seperti Avatar, ya?

Mysterio melancarkan kekuatan supernya. Sumber: CBR
Mysterio melancarkan kekuatan supernya. Sumber: CBR

Sepanjang trailer Far from Home, Quentin alias Mysterio tampil serius namun santai. Ia berbagi adegan dengan Peter Parker, dimana mereka berdiskusi tentang masalah masing-masing. Saat itu Peter masih galau karena liburannya dikacaukan, bimbang karena teman-temannya dalam bahaya, dan yang paling penting adalah rasa minder Peter karena ia masih belum siap menjadi superhero sehebat Iron Man. Di saat itu, Quentin hadir untuk menemani Peter dalam kegalauannya.

Namun bagi para fans Marvel yang mengikuti perkembangannya sejak era komik, akan langsung paham jika sosok Quentin dalam Far from Home menyembunyikan sesuatu yang cukup mencurigakan. Dalam komik, Quentin adalah seorang ahli spesial efek film serta stuntman yang bekerja di Hollywood. Ia sangat piawai memainkan efek spesial, namun karir aktingnya tidak pernah berkembang. Frustasi, akhirnya ia menyadari keahliannya bisa digunakan untuk melakukan kejahatan.

Manusia Biasa Dengan Muslihat Tinggi

Mysterio melawan Spider-Man dalam komik. Sumber: The Shadow League
Mysterio melawan Spider-Man dalam komik. Sumber: The Shadow League

Oke, jadi kita sudah tahu bahwa Mysterio adalah salah satu lawan Spider-Man dalam dunia komik. Apa saja kekuatan Mysterio? Ia tidak punya kekuatan super atau sihir. Namun keahlian Quentin berasal dari pekerjaannya sebagai ahli spesial efek dan juga stuntman. Taktik Misterio bukanlah untuk menyerang atau bela diri, namun untuk mengecoh dan menipu lawan. Trik-trik Mysterio adalah menggunakan kembang api, gas kimia, serta robot untuk mengecoh lawannya. Quentin juga pandai melakukan trik sulap, serta ahli bela diri jika harus bertarung jarak dekat.

Karakteristik unik Mysterio adalah kostumnya. Helm Mysterio adalah yang paling unik karena merupakan helm kaca yang bisa menyembunyikan wajahnya. Kostumnya pun memiliki berbagai gadget dan senjata menarik yang bisa digunakan untuk mengecoh hingga melindunginya dari serangan musuh. Jubahnya seakan memberikan statement bahwa Mysterio adalah penjahat yang tidak bisa dianggap enteng.

Mysterio Jadi Jahat Demi Popularitas?

Peter sedang curhat tentang masalah superhero dan percintaan. Sumber: CinemaBlend
Peter sedang curhat tentang masalah superhero dan percintaan. Sumber: CinemaBlend

Jadi apa dampak sosok Mysterio terhadap film Spider-Man: Far from Home? Jika ia memang akan dihadapkan sebagai sosok penjahat, mengapa ia bersikap tenang di hadapan Peter dan yang lain? Bisa jadi itu salah satu bentuk tipuannya. Klaim Quentin sebagai ahli Elementals dari dunia lain pun tidak ada buktinya (sejauh ini). Bisa jadi ia sendiri yang menciptakan Elementals dengan efek spesial.

Lalu apa sebenarnya tujuan Mysterio, jika ia harus repot-repot menciptakan Elementals? Bisa jadi karena ia haus akan perhatian massa. Dia tahu karirnya di industri film tidak berkembang, sementara para Avengers masih beristirahat paska serangan Thanos atau sulit dihubungi. Dengan adanya kekosongan ini, Quentin menemukan kesempatan agar ia bisa memperbaiki nasibnya.

Vulture, penjahat utama dari film Homecoming yang terasa down to earth. Sumber: The Hollywood Reporter
Vulture, penjahat utama dari film Homecoming yang terasa down to earth. Sumber: The Hollywood Reporter

Mungkin sosok Mysterio dalam Far from Home mengingatkan pada sosok Syndrome dari film The Incredibles. Syndrome menciptakan Omnidroid untuk mengacau di Metroville, sementara ia hadir sebagai superhero yang bertarung melawan robot tersebut dalam sebuah aksi yang sudah direncanakan sebelumnya. Usaha Syndrome dalam bersandiwara cukup mengingatkan dengan sosok Mysterio.

Motif “sepele” Mysterio mencari popularitas pun seakan mengulang sosok Adrian Toomes alias Vulture dari film Spider-Man: Homecoming. Vulture yang diperankan Michael Keaton mencuri dan menjual teknologi alien agar bisa menghidupi keluarganya, setelah bisnis rongsokan yang ia rintis gulung tikar setelah Tony Stark mendirikan Damage Control. Kontras dibandingkan dengan Thanos yang ingin merubah tatanan dunia.

Apakah Mysterio benar-benar penjahat yang pandai berakting atau penampilannya di Far from Home merupakan sosok barunya, masih harus kita nantikan. Namun yang jelas, film pamungkas dari fase 3 MCU ini akan menyajikan sesuatu yang baru dan unik, yang bisa jadi akan menjadi titik awal film MCU generasi baru. Jika teori multiverse yang diklaim Mysterio benar adanya, bayangkan seperti apa film-film MCU ke depannya! Spider-Man: Far from Home tayang mulai 2 Juli 2019, dan kamu bisa menyaksikan trailernya di video di atas. Jika kamu belum menonton Avengers: Endgame, jangan dulu menonton trailer ini!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

CIAYO Comics dan Pionicon Merilis Komik Si Juki & Mang Awung

CIAYO Comics, bekerjasama dengan Pionicon, merilis komik baru berjudul: Si Juki & Mang Awung.. more

Berlari seperti Naruto. Sumber gambar: centraltrack.com

[TRENDING] Yuk, Intip Kehebohan Naruto’s Run dan Scream Like Goku!

Naruto’s Run dan Scream like Goku. Internet memang merupakan tempat yang ajaib. Banyak hal yang lahir dan populer .. more

eno bening

Eno Bening dan Board Game: Gue Senang Ketika Orang Tertipu

Selain seorang Youtuber populer, Eno Bening juga merupakan pemain board game. Kenapa ia suka memainkannya dan apa saja g.. more

00-d-dawn-animation

Dawn Animation Tayangkan Animasi Lokal di Ponimu

Animasi Lukisan Nafas dan WachtenStaad karya studio lokal Dawn Animation kini bisa disaksikan di situs anime Ponimu seca.. more

Pinterest.com

7 Film Ini Punya Plot Twist yang Bakal Bikin Kamu Tercengang Di Akhir Film!

Bagi penikmat film, plot twist seperti ini bisa dibilang sebagai sensasi tersendiri. Bagaimana kita dibawa oleh alur cer.. more