Ini Nama Asli Karakter Naruto Sebelum Diubah Editor Komiknya!

9 months ago
Bahkan komikus sekelas Masashi Kishimoto masih direvisi oleh editor. Inilah nama asli karakter Naruto sebelum direvisi oleh editornya.

Tugas editor dalam mengedit komik tidak sesederhana mencari kesalahan tulusan dalam naskah saja. Editor juga harus mengevaluasi plot komik dan merevisi keseluruhan komik tersebut.

Bahkan komikus top sekelas Masashi Kishimoto pun tidak bisa luput dari kejaran editor. Mangaka Naruto ini juga harus berurusan dengan keluhan editornya yang merevisi tidak hanya jalan cerita namun juga hingga hal kecil seperti nama karakter.

Zabuza dan Momotaro. Sumber: Giant Bomb/Jalan Tour
Zabuza dan Momotaro. Sumber: Giant Bomb / Jalan Tour

Dalam sebuah acara TV, Masashi Kishimoto diwawancarai terkait awal penciptaan beberapa karakter manga tersebut. Ia kemudian mengungkap bahwa beberapa karakter memiliki nama berbeda dari yang sekarang dikenal banyak orang.

Ambil contoh Zabuza, salah satu musuh besar Naruto di awal ceritanya. Ternyata, Zabuza awalnya hendak diberi nama Momotaro! Momotaro sendiri merupakan nama dari tokoh legenda masyarakat Jepang yang konon lahir dari dalam buah persik. Sang editor kemudian merevisi nama Momotaro menjadi Zabuza karena Momotaro identik dengan cerita anak-anak.

Gaara dan Kotaro Koizumi. Sumber: Naruto Wiki / SoraNews24
Gaara dan Kotaro Koizumi. Sumber: Naruto Wiki / SoraNews24

Selain itu ada juga karakter Gaara, sang kage dari desa pasir. Ternyata karakter sentral Naruto ini dulunya hendak dinamai Kotaro. Nama ini terinspirasi oleh legenda Kotaro Koizumi, yang mana lahir dari ayah manusia dan ibu wanita ular. Memang kedengarannya keren sih, namun pada akhirnya sang editor mengganti nama Kotaro menjadi Gaara karena kisah Kotaro sendiri identik dengan cerita anak-anak, sama seperti Gaara.

Memang Masashi Kishimoto menggunakan banyak kisah legenda masyarakat sebagai inspirasi untuk karakternya. “Zabuza” dan “Gaara” memang termasuk tokoh yang naasnya direvisi oleh editor, namun karakter-karakter lainnya tidak demikian. Ambil contoh saja tiga Sannin Konoha yang kesohor seperti Orochimaru, Jiraiya, dan Tsunade. Mereka terinspirasi dari cerita Jiraiya Goketsu Monogatari.

Baca Juga: Editor Komik Idaman Versi Author Komik CIAYO Comics

3 Sannin legendaris. Sumber: Screenrant
3 Sannin legendaris. Sumber: Screenrant

Selain itu, Hokage ketiga Sarutobi; serta sahabat dan rival Naruto Sasuke; keduanya berasal dari satu karakter yang sama yaitu Sarutobi Sasuke. Ia adalah seorang ninja yang namanya sering muncul dalam berbagai cerita klasik Jepang di abad 19-20.

Selain nama-nama karakter di atas, editor komik Naruto juga bertanggung jawab atas berbagai perubahan dalam manga tersebut. Seperti apa keterlibatan mereka?

  1. Mengubah sosok para hokage dan guru yang awalnya binatang menjadi manusia.
  2. Mengubah sosok Naruto yang awalnya rubah menjadi manusia.
  3. Mengubah sosok Haku yang awalnya beruang menjadi manusia.
  4. Mengubah mata para protagonis menjadi sipit dan mata para antagonis menjadi lebar.
  5. Menyeragamkan nama-nama jutsu.
  6. Merevisi desain karakter Rock Lee dan peserta ujian Chunin lainnya.
  7. Membuat seluruh karakter mengambil ujian Chunin bersamaan.
  8. Memotong narasi yang kepanjangan.
  9. Menciptakan Wave Country Arc.
  10. Dan yang paling krusial, memasukkan karakter Sasuke sebagai teman/rival Naruto.
Sasuke. Sumber: Naruto Wiki
Sasuke. Sumber: Naruto Wiki

Jadi lain kali saat kamu membaca Naruto atau komik-komik lainnya, ingatlah bahwa ada keterlibatan editor yang berusaha menjadikan komik tersebut asyik dibaca tanpa cela sekecil apapun.

Dan berbicara soal editor, CIAYO Comics lagi nyari editor komik loh. Apakah kamu orangnya? Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik link berikut ini.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Review The Escape: Pernikahan Yang Melelahkan Dan Menjemukan

Apa yang terjadi saat pernikahan terasa menjemukan? Gemma Artenton dan Dominic Cooper mencari jawabannya di film The Esc.. more

Dapat Ulasan Positif, Developer God of War Tak Kuasa Menahan Tangis

Baru saja rilis, game God of War terbaru memancing reaksi positif. Tim developernya menanggapi dengan penuh haru!.. more

coco awards

Coco Masuk 13 Nominasi Annie Awards 2018

Salah satu film animasi yang beruntung masuk nominasi Annie Awards adalah Coco. Gak tanggung-tanggung nih, Coco mendapat.. more

00-d-comicsphere-2018

Comicsphere 2018 Ramaikan Pasar Komik Indonesia

Comicsphere 2018 merupakan sebuah acara Indie Market yang memfokuskan pada penjualan karya komik, novel, dan zine yang b.. more

Sumber gambar: littleanimeblog.com

Mengenal GeGeGe no Kitaro, Anime yang Akan Menggantikan Slot TV Dragon Ball Super

GeGeGe no Kitaro bukanlah IP kemarin sore. Serial anime ini sudah hadir sejak anime pertama kali dibuat dalam sejarah... more