Narratage: Satu Lagi Film Cinta Tak Berbalas

10 months ago
Sumber: www.youtube.com

“Kepedihan terdalam adalah jatuh cinta pada orang yang benar namun di waktu yang salah.”

Narratage (baca: Narrataju), sebuah film romantis yang ceritanya diadopsi dari novel terlaris karya Ryo Shimamoto. Film berdurasi 136 menit ini tayang pada akhir tahun 2017 di Jepang, dan sudah bisa dinikmati oleh bro sis mulai tanggal 7 Februari 2018 di layar lebar Indonesia.

Film ini bercerita tentang kisah cinta antara murid dan guru. Karena di Jepang sendiri mengedepankan profesionalisme kerja, hubungan asmara dilarang dalam area kerja. Pastinya termasuk antara guru dan murid. Namun cerita dalam Narratage tak sesederhana itu. Kalau bro sis masih asing dengan film ini dan ingin mengetahui alur ceritanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menontonnya, budayakan membaca sampai tuntas, ya.

Poster Promosi Narratage (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Poster Promosi Narratage (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Film berawal ketika Izumi Kudo, yang sudah menjadi pekerja kantoran, masih berada di kantor walau hari sudah gelap. Dia menunggu rekan kerjanya kembali ke kantor. Saat itulah hujan turun, lalu dia mengeluarkan jam bandul sambil menatap hujan yang turun menerpa kaca jendela. Saat itulah rekan kerjanya pulang dan melihat jam bandul yang digenggam erat Izumi. Ketika rekan kerjanya bertanya asal usul jam itu, dia tak lekas menjawab. Izumi melamun memikirkan kejadian beberapa tahun silam.

Sewaktu Izumi menjadi mahasiswi, dia menerima telepon dari Takashi Hayama-sensei, guru dan penasihat klub drama semasa SMA. Hayama-sensei meminta Izumi untuk turut ambil bagian dalam pertunjukan drama yang akan dimainkan saat kelulusan. Izumi pun menyanggupi, karena Hayama-sensei pernah menolongnya sewaktu dia menjadi korban bully di sekolahnya. Karena kejadian itu pula, Izumi mulai jatuh cinta pada gurunya.

Kapanpun hujan turun, aku memikirkanmu (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Kapanpun hujan turun, aku memikirkanmu (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Sebagai bentuk rasa terima kasih karena pernah ditolong, Izumi memberikan kue buatannya kepada Hayama-sensei. Karena mereka berdua sering bertemu di ruangan Hayama-sensei sepulang sekolah, rasa cinta yang ada dalam hati Izumi semakin membesar. Suatu ketika, Izumi bertanya soal wanita yang disukai oleh Hayama-sensei. Jawabannya sungguh mengejutkan dan membuat Izumi sempat ragu akan perasaannya. Gurunya itu pernah menikah namun bercerai karena istrinya tak akur dengan mertuanya, Ibu dari Hayama-sensei.

Siapakah orang yang akan selalu kamu cinta sepanjang hidupmu? (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Siapakah orang yang akan selalu kamu cinta sepanjang hidupmu? (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Ketika Izumi sudah menjadi mahasiswi dan membantu Hayama-sensei di klub drama, dia kembali berusaha untuk mendapatkan rasa cinta dari sang guru meski dia tahu kalau gurunya itu masih mencintai mantan istrinya yang mendekam di penjara akibat membunuh Ibunya.

Sementara itu, Reiji Ono, teman dekat Izumi ketika SMA dan juga ikut membantu di klub drama, memiliki perasaan kepadanya meski Reiji tahu kalau Izumi menyukai Hayama-sensei. Izumi dan Reiji sering pulang bersama setelah membantu di klub drama. Hingga pada suatu ketika Reiji mengutarakan perasaannya kepada Izumi, yang langsung menolaknya karena masih mengharapkan Hayama-sensei. Perjuangan Izumi selama ini rupanya tak membuahkan hasil. Hayama-sensei masih berharap istrinya akan kembali kepadanya. Izumi pun menyerah dan memutuskan untuk menerima Reiji sebagai pacarnya.

Izumi Kudo masih Menyimpan Surat yang ditujukan kepada Hayama-sensei (Sumber: www.youtube.com)

Izumi Kudo masih Menyimpan Surat yang ditujukan kepada Hayama-sensei (Sumber: www.youtube.com)

Hati Izumi kembali terombang-ambing ketika Hayama-sensei masih sering berusaha meneleponnya meski gurunya itu tahu kalau dia sudah menjadi kekasih Reiji. Izumi pun berusaha jujur dengan Reiji dengan menceritakan tentang dirinya dan gurunya. Sikap Reiji yang tidak marah akan hal itu membuat Izumi kian mantap untuk melanjutkan hidupnya bersama Reiji dan memutuskan untuk tidak bertemu lagi dengan Hayama-sensei, apalagi tugasnya membantu klub drama di pesta kelulusan sudah selesai.

Izumi rela menembus hujan demi menemui Hayama-sensei (Sumber: www.youtube.com)

Izumi rela menembus hujan demi menemui Hayama-sensei (Sumber: www.youtube.com)

Izumi kembali bimbang ketika dia bertemu lagi dengan Hayama-sensei, yang mengabarkan kalau salah satu siswi di klub drama sedang sekarat akibat percobaan bunuh diri dengan melompat dari jembatan. Izumi melihat gurunya itu sangat terpukul karena ada salah seorang muridnya yang berani melakukan hal itu. Izumi pun teringat tentang dirinya semasa SMA. Nasibnya mungkin sama seperti siswi itu kalau Hayama-sensei tidak menolongnya.

Setelah 3 hari kritis, siswi itu akhirnya meninggal dan menyisakan jerit dan tangis di klub drama, termasuk Hayama-sensei yang paling terpukul akan hal itu. Izumi merasakan empati kepada gurunya, sehingga dia memutuskan untuk meninggalkan Reiji dan berada di samping Hayama-sensei agar gurunya tidak sendirian dalam menghadapi berbagai cobaan.

Kamu adalah orang terbaik untukku namun orang yang salah untuk ku merasakan jatuh cinta (Sumber: Facebok Page Encore Films Indonesia)

Kamu adalah orang terbaik untukku namun orang yang salah untuk ku merasakan jatuh cinta (Sumber: Facebok Page Encore Films Indonesia)

Alur cerita yang melompat-lompat, dari Izumi versi mahasiswi dengan Izumi versi SMA, tak membuat penonton menjadi bingung karena diceritakan dalam tempo yang lambat, khas cerita bertema kehidupan sehari-hari. Perasaan Izumi yang tidak stabil pun membuat penonton penasaran akan akhir cerita dari film ini.

Tak hanya dari segi cerita yang berpotensi membuat penonton menjadi galau, para pemain yang terpilih pun dianggap layak memerankan masing-masing bagiannya. Kasumi Arimura yang berperan menjadi Izumi Kudo adalah aktris muda potensial yang terbiasa bermain di drama bertema kehidupan sehari-hari seperti Flying Colors dan Strobe Edge. Sementara Hayama-sensei yang diperankan dengan baik oleh Jun Matsumoto, yang akrab dipanggil MatsuJun, adalah anggota Arashi, boy band Jepang, dan pernah bermain di film Gokusen dan serial drama Hana Yori Dango yang sukses besar di Jepang. Kentaro Sakaguchi yang memerankan Reiji Ono pun adalah aktor tampan yang berperan sangat baik ketika bermain sebagai orang ketiga di Heroine Shikkaku ataupun sebagai pendukung kisah cinta karakter utama pada film Ore Monogatari.

Ada pula adegan romantis khusus dewasa yang ditampilkan, NSFW bro sis (Sumber: www.youtube.com)

Ada pula adegan romantis khusus dewasa yang ditampilkan, NSFW bro sis (Sumber: www.youtube.com)

Seperti film drama romantis lainnya, Narratage penuh dengan adegan romantis yang ditunjukkan para tokohnya. Quotes romantis pun bertebaran dalam dialog antar tokoh. Film ini layak ditonton pasangan kekasih yang ingin merasakan kuatnya cinta yang ditunjukkan oleh Izumi Kudo dan bisa menambah rasa cinta bro sis di bulan kasih sayang.

Cinta yang sesungguhnya adalah ketika seseorang percaya dengan kekasihnya dan menunjukkannya (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)Cinta yang sesungguhnya adalah ketika seseorang percaya dengan kekasihnya dan menunjukkannya (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Cinta yang sesungguhnya adalah ketika seseorang percaya dengan kekasihnya dan menunjukkannya (Sumber: Facebook Page Encore Films Indonesia)

Bro sis jomblo? Tenang, film ini juga bisa ditonton bagi jomblowan-jomblowati yang ingin melihat bagaimana hancurnya seseorang ketika orang yang dicintainya ternyata tidak mencintainya. Klasik banget, tapi ngena ke hati. Hehehe.

Terlepas dari permasalahan jomblo atau tidaknya bro sis yang menonton Narratage, film ini bisa membuat bro sis kritis dalam menghadapi problematika cinta yang disajikan. Bro sis yang pernah mengalami patah hati pun bisa menempatkan diri. Apakah bro sis berada di posisi Izumi Kudo, Hayama-sensei, atau Reiji Ono? Yang harus diingat, jangan semakin galau setelah nonton film ini, ya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

(from : instagram @komiksoekirman)

Soekirman Recehan : Komik Seorang Tukang Parkir yang Super Gaul

Kalau kalian aktif di media sosial, pasti kalian tahu banget sama salah satu komik strip paling lucu ini, yaitu Soekirma.. more

Tahun 2017 Waktunya Berkolaborasi Dengan CIAYO Comics

Yes guys! Tahun ini adalah awal yang tepat untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics!.. more

00-d-ponimu-indonesia

Kami Mencoba Menonton Anime Secara Legal di Ponimu Indonesia

Hadirnya Ponimu Indonesia memberikan alternatif tontonan anime yang resmi, praktis, dan terjangkau bagi fans anime di In.. more

Sumber: www.artscommented.com

Phantom Thread: Pesona Daniel Day-Lewis yang Perfeksionis

Sosok Reynolds yang gigih, sempurna, modis, keras kepala, dan sekaligus rapuh berhasil diperankan oleh Day-Lewis dengan .. more

alien-desktop

7 Ras Alien Paling Mengerikan di Komik dan Manga

Di komik amerika mau pun manga buatan jepang yang bergenre fiksi ilmiah sering kali kita temui mahkluk yang berasal dari.. more