Aksi Nyata Hokage Naruto Bersih-Bersih Bengawan Solo

4 months ago
00-d-naruto-bersih-bersih

Semenjak mewujudkan mimpinya menjadi seorang hokage, Uzumaki Naruto menjadi makin sibuk saja. Tak hanya harus memimpin desa Konoha dan mencegah marabahaya yang datang, namun Naruto juga harus menjadi sosok kepala keluarga yang baik bagi sang istri Hinata dan juga kedua anak mereka, Boruto dan Himawari.

Meski demikian, kesibukan Naruto tak menghalanginya untuk berbakti kepada masyarakat. Belum lama ini, santer terdengar kabar bahwa Naruto menyempatkan diri datang ke Indonesia untuk ikut kerja bakti.

naruto bersih-bersih

Sumber: David Widyatmojo

Ah masa? Betulan kok, walaupun setengah benar. Naruto memang hanya karakter anime dan manga saja, namun sosoknya memang terlihat sedang ikut kerja bakti di sekitar sungai Bengawan Solo, tanggal 16 Mei lalu.

Terlihat hokage Naruto dengan tekunnya membersihkan sampah di sekitar Jembatan Jurug. Meski seorang ninja dengan kekuatan kyubi berekor 9, Naruto tidak menggunakan kekuatannya untuk memudahkan pekerjaannya. Ia tak takut mengotori bajunya dan memilih bergumul dengan warga dan bekerja sebagaimana orang lain bekerja.

Sumber: David Widyatmojo

Sumber: David Widyatmojo

Siapakah sosok Naruto yang mau datang jauh-jauh dari desa Konoha untuk membersihkan sungai Bengawan Solo? Ternyata sosok aslinya adalah seorang cosplayer bernama David Widyatmojo. Ia mengaku punya nazar untuk kerja bakti di hari ulang tahunnya. “Usia saya 26 tahun, baru kemarin ulang tahun. Ulang tahunnya membersihkan sungai dengan menjadi Naruto,” kata David.

David mengaku mengagumi sosok Naruto yang menginspirasinya untuk melakukan kerja bakti dan bertarung melawan sampah di Bengawan Solo. Ia pun berharap aksinya itu mampu menginspirasi orang untuk turut menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitar.

Sumber: David Widyatmojo

Sumber: David Widyatmojo

Saat disinggung apakah aksinya ini adalah bentuk pencitraan sebagai seorang hokage, David hanya bisa tertawa. “Bukan,” jawabnya penuh canda.

Aksi David sebagai Naruto tersebut merupakan bagian dari kerja bakti yang diselenggarakan relawan dari Palang Merah Indonesia Surakarta, Jasa Tirta, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, serta Sekolah Sungai. “Bukan sekedar cosplay, tetapi cosplay sambil mengurangi resiko bencana,” ungkap David.

Sumber: David Widyatmojo

Sumber: David Widyatmojo

Apa yang dilakukan oleh David ini tentu merupakan hal yang sangat terpuji dan sangat menginspirasi. Seperti yang diungkapkan olehnya, cosplay tidak hanya sekedar bersenang-senang mengenakan kostum karakter idola. Cosplay juga ternyata bisa memberikan nilai dan makna positif bagi para pelaku dan juga khalayak ramai.

Aksi David ini mungkin akan mengingatkan kita pada Organisasi Akatsuki Afkar dari Lumajang. Para anggotanya dikenal mengenakan topi petani dan jubah Akatsuki, organisasi kejahatan yang memburu kyubi dalam tubuh Naruto. Namun alih-alih berbuat kejahatan, Akatsuki Afkar justru melakukan bakti sosial mengunjungi kampung-kampung dan memberikan sumbangan bagi mereka yang kekurangan.

Sumber: Organisasi Akatsuki Afkar

Sumber: Organisasi Akatsuki Afkar

Nah, apakah kamu para cosplayer juga terinspirasi dengan aksi David alias hokage Naruto, dan juga Akatsuki Afkar?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-intellectual-property-d

Belum Mengerti Tentang Intellectual Property? Itu Tandanya Kamu Harus Kenalan Lebih Dekat!

Kalau kamu masih belum mengerti konsep "intellectual property," maka artikel ini cocok banget buat kamu. Harus baca!.. more

[Reportase] CIAYO Comics Club #1: Satu Tahun Penuh Kebanggaan Bagi CIAYO Comics

Rangkaian acara CCC dimulai pada pukul 16:00 dengan membuka pintu rumahnya untuk para pengunjung. Begitu akses dibuka, p.. more

Print faza

Know Your Judges #2: Faza Meonk

Kreator komik anti mainstream Si Juki, Faza Meonk adalah juri selanjutnya di CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Apa arti Red.. more

Ketagihan main Games? Hati-hati, Itu Termasuk Gangguan Mental loh!

Nah, sebelum kamu parno, apalah kamu mengidap gaming disorder atau engga. Yuk, kenali dulu gejalanya. .. more

Sumber gambar: littleanimeblog.com

Fist of the North Star & Girls’ Last Tour: Dua Pendekatan Berbeda Untuk Kisah Dunia Post Apocalyptic

Dari begitu banyak judul, di tulisan ini saya akan fokus pada dua judul manga yang sama-sama bertema post apocalyptic na.. more